√ Bentuk Kerjasama ASEAN Perserta Pengertian

Diposting pada

pengertian ASEAN

ASEAN (association of east asia nations) adalah sebuah organisasi dari negara-negara yang terletak di asia tenggara. Organisasi yang terbentuk pada tanggal 8 agustus 1967 ini telam mampunyai jumlah anggota sebanyak sepuluh negar, termasuk salah satunya adalah negara infonesia. Perlu kita ketahui, indonesia merupakan salah satu dari lima negara yang memprakarsai terbentuknya perhimpunan negara-negara asia ti tenggara ini. Indonesia menjadi bagain dari organisasi ASEAN salah satunya yaitu untuk membangun hubungan internasional dan juga organisasi internasional dengan negara-negara yang ada dikawasan asia tenggara.

√ Bentuk Kerjasama ASEAN Perserta Pengertian

Kerja sama ASEAN di bidang ekonomi

Perlu kita ketahui, semenjak ASEAN didirikan, kerjasama pada bidangg ekonomi yang terjalin diantara negara-negara anggota maupun juga negara anggota sudah berjalan degnan baik. Adapun bentuk-bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi ialah sebagai berikut :

  1. Pembukaan pusat promosi ASEAN

Mendengar kata promosi, kit asering mengkaitkan dengan hal yang menarik agar orang lain tertarik dengan apa yang sedang dipromosikan. Begitu pula ASEAN. Walaupun ASEAN telah dikenal oleh sebagai negara di dunia melalui PBB, ASEAN tetap perlu mempromosikan dirinya pada dunia luar. Promosi yang dillakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan juga investasi.

  1. Penyedian cadangan pangan

Seperti yang telah kita ketahui, beberapa negara anggota ASEAN seperti indonesia, thailan, dan juga kamboja dikenal sebagai lumbung pada ASEAN. Sampai sekarang ini, negara-negara tersebut konsisten dalam penyediaan cadangan pengan bagi negara-negara anggota ASEAN. Bentuk kerjasama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakuan guna kerjasama yang saling menguntungkan, akan tetapi juga dalah keadaan darurat, misalnya ialah saat negara slah satu negara ASEAN sedang mengalami krisis pangan karena bencana.

  1. Penyenggaraan proyek industri

Dalam menjalin kerjasamanya dibidang ekonomi, negara-negara asean secara bersama-sama melebarkan sayat kerjasamanya dalam sekdor industri, sektor industri yang dinaungi oleh negara-negara ASEAN sangat lah beragam. Semua bentuk kerjasama dalam proyek industri yang guna kemajuan bersama negara-negara anggota ASEAN.

  1. Kawasan perdadangan bebas

Kawasan perdagangan bebas ASEAN atau bisa disebut dengan AFTA (ASEAN free ttrade area) adalah bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonmi yang merupakan salah satu persetujuan dalam penggelolaan sektor produksi lokal yang ada di negara-negara ASEAN tanpa terkecuali.

  1. Koperasi ASEAN

Koperasi ASEAN atau ASEAN cooperative organization (ACO) adalah salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Organisasi ini ialah organisasi yang bergerak dalam bidang koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN.

 

Kerja sama ASEAN di bidang politik

Adapun kerja sama ASEAN dibidang politik ialah sebagai berikut ini:

  1. Defense ministers meeting

ASEAN defense ministers meeting (ADMM) merupakan bentuk kerjasama di bidang politik negara-negara asean yang merupakan pertemuan rutin diantara mentri keamanan yang ada di negara anggota ASEAN. Pertemauan ini diadakan untuk membahas mengenai kerjasama dan juga diplomasi politik bidan pertahanan dan juga keamanan negara ASEAN.

  1. Pengeiriman duta dan konsulat

Sebagai negara-negara yang menjalin hubungan seccara internasional, perlu adanya pengiriman duta dan juga konsulat sebagai wakil negara di negara-negara ASEAN. Keberadaan duta dan juga konsulat diperlukan untuk mewakili negara asal duta dan konsulat tersebu dalam berdiskusi dan juga menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN.

  1. Perjanjian ektradisi ASEAN

Perjanjian ekstradisi negara ASEAN adalah bentuk kerjasama di bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN. Melalui adanya perjanjian ekstadisi, negara-negara ASEAN bisa melakukan kerja sam auntuk mengembalikan tersangka ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.

 

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Bentuk Kerjasama ASEAN Perserta Pengertian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Ancaman di Bidang Ekonomi Non Militer
Baca Juga :  √ Ancaman Bidang Politik : Luar dan Dalam Negeri
Baca Juga :  √ Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial : Pengertian, Ciri, Faktor, Penyebabnya
Baca Juga :  √ 10 Budaya Indonesia yang Diakui Unesco