√ 7 Peran Humas Dalam Organisasi yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Peran humas atau yang lebih dikenal dengan sebutan publik relation tentu sangat krusial bagi sebuah organisasi. Humas mempunyai peran dalam menciptakan citra baik bagi organisasi , mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, konsumen ataupun para investor.


dapat dikatakan bahwa seorang humas ialah wajah dari organisasi itu sendiri. Ia perlu memahami secara detail seluk beluk dan segala informasi yang terkait dengan organisasi. Selain itu ia juga membawa citra dari sebuah organisasi sehingga ini wajib tercermin dari tampilan dan tata bahasa yang teratur.

√ 7 Peran Humas Dalam Organisasi yang Perlu Diketahui

Seorang humas harus bisa menciptakan poin positif sehingga bisa meningkatkan penjualan atau citra positif sebuah organisasi di mata publik. Bagian kehumasan selalu berhubungan dengan dunia luar sehingga ia akan lebih banyak menghabiskan aktivitas di luar ruangan atau di lapangan.


Beliau bertugas mengedukasikan kepada khalayak serta memperkenalkan kelebihan serta keunggulan dalam sebuah organisasi. Yang pada akhirnya tentu menarik minat sehingga banyak yang ikut ke dalam organisasi atau membeli produk hasil buatan para anggota yang tergabung dalam organisasi itu sendiri.

Kesuksesan didalam sebuah organisasi dan karakteristik perusahaan manufaktur sangat bisa ditentukan oleh keberhasilan seorang humas atau publik relations dalam mempertahankan reputasi, citra positif di masyarakat. keterbukaan akan informasi ke pada publik menjadi hal yang sudah umum saat ini.


Namun, tentunya peran humas sangat krusial. Dalam hal ini humas wajib memberikan informasi berdasarkan fakta dan keakuratan tentang segala informasi dalam sebuah organisasi. Tentunya dengan penyampaian yang benar dengan tetap menjunjung tinggi etika maka informasi itu akan dapat diterima dengan mudah oleh publik.

Peran humas sangat penting dalam menjaga hubungan erat antara organisasi denga stakeholder dan masyarakat terkait. Berikut ini kami akan rangkum 7 peran humas dalam organisasi yang perlu diketahui .

Baca Juga :  √Sistem Pendidikan dan Problematika Pendidikan di Indonesia (LENGKAP)

1. Strategi Komunikasi Publik


Seperti yang sudah di uraikan sebelumnya bahwa humas atau publik relations ialah wajah dari sebuah organisasi. Humas mempunyai tugas penting dalam menyampaikan informasi mengenai organisasi kepada stakeholder yang ada hubungannya dengan publik.


Setiap bagian humas akan dilengkapi dengan contact center yang memungkinkan untuk menerima keluhan dan adalah tempat dimana masyarakat atau publik bisa memperoleh informasi lengkap mengenai organisasi. Bagian humas akan selalu berhubungan dengan awak media baik media televisi, iklan atau cetak yang memungkinkan untuk dapat mengabarkan perihal keadaan terkini dari sebuah organisasi.


2. Mengelola Keadaan Darurat


Ketika sebuah kondisi menhampiri yang terkadang bisa merusak bahkan meruntuhkan citra sebuah organisasi. Maka, disinilah peran yang sangat penting humas dibutuhkan. Kondisi seperti ini yang demikian tentu sangat tidak diharapkan namun, dapat terjadi  kapan saja.


Hal seperti ini bisa saja terjadi  karena adanya isu isu negatif yang berkembang baik di dalam organisasi hingga merebak di masyarakat. Tentunya bila dibiarkan hal ini akan dapat merusak citra organisasi di mata publik. Oleh karenanya bagian peran humas dalam organisasi pada salah satunya ialah meredam dan mengatasi kondisi darurat agar tidak semakin berkembang kearah perpecahan dalam organisasi. Dan tentunya untuk mengembalikan citra positif organisasi di mata publik.


3. Sarana Marketing Yang Handal


Humas berperan penting dalam strategi marketing sebuah organisasi. apalagi bagi organisasi yang bergerak di bidang produksi produk. Tentu bagian humas dapat menjadi motor peggerak dalam meningkatkan penjualan produk. Selain ini juga citra positif organisasi di mata masyarakat tentu meningkat.

Baca Juga :  √ Perubahan Amandemen : Penegrtian, Sejarah, Tujuan Dan Hasil

Dimana akan ada banyak orang yang ingin bergabung didalamnya. Karena melihat bahwa organisasi yang di kelola mempunyai aktivitas yang jelas. Bahkan aktivitas tersebut dapat menjadi bagian dari jenis usaha mikro kecil dan menengah yang dapat membantu roda perekonomian bangsa ini.


4. Hubungan Media


Bagian humas atau publik relations haruslah mempunyai hubungan yang baik dengan awak media. Humas dan media tentu selalu bersinggungan. Apalagi bila ada perkembangan terbaru mengenai jalannya organisasi sudah pasti para awak media akan terlibat. Untuk itu humas memegang peranan dalam mengelola hubungan dengan para awak media. Humas wajib bekerja sama dengan media untuk bisa menyiarkan perkembangan organisasi seluas luasnya. Dengan demikian pasti nama organisasi yang di kelola akan lebih di kenal banyak orang.

Humas profesional terkadang melibatkan diri dalam sebuah aktivitas dengan membawa brand organisasi. Hal semacam ini pasti akan semakin memberikan pengaruh positif pada citra organisasi. Banyak organisasi yang menjadi sponsor sponsor aktivitas sekelas olimpiade. Tentunya hal ini juga ialah bagian dari kegiatan organisasi agar bisa dikenal masyarakat luas. Sehingga organisasi dapat berkembang menjadi ciri-ciri usaha menengah .


6. Mengelola Media Sosial


Medsos atau media sosial saat ini memang telah banyak digandrungi. Media sosial ialah hal yang paling akrab dengan keseharian kita. Medsos juga adalah sebuah sarana bagi humas untuk dapat menjaring lini massa yang lebih luas dan kompleks. Dengan didukung oleh teknologi dan jaringan internet yang stabil tentu akan membuat sebuah akum medsos untuk dapat dikelola tidaklah sulit.


Sebuah fanpage di twitter atau facebook yang nantinya akan membantu bagian humas untuk lebih bisa berinteraksi dengan pengguna dunia maya. Oleh karenanya kita perlu memaksimalkan media sosial secara bijak agar citra dan karakter positif organisasi yang di kelola akan lebih dapat diterima publik.

Baca Juga :  √ Cara Belajar Efektif

7. Mengetahui Dan Mengevaluasi Opini Publik


Sering kali opini publik yang digiring ke arah negatif issue akan dapat membawa pengaruh buruk bagi citra sebuah organisasi. Oleh karenanya bagian humas mempunyai peran penting sebagai pihak yang wajib mengetahui, issue issue yang sedang berkembang dan hangat menjadi perbincangan terutama yang berhubungan dengan organisasi yang dikelola. Ada berbagai kepentingan yang dapat menggiring opini publik menjadi sebuah sinyal maka organisasi tersebut sedang dalam kondisi yang tidak stabil. Tentunya peran humas perlu secara sigap cepat tanggap dalam menganalisis dan mengevaluasi issue yang berkembang.

Humas harus berasal dari sumber daya individu yang kompeten di bidangnya serta perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap. Selain itu juga yang tidak boleh diabaikan ialah anggaran yang ada perlu mampu mendukung kinerja bagian humas. Sehingga kinerja humas tidak akan melemah seperti penyebab ekonomi melemah . Dengan tujuan dukungan dari semua ini maka kinerja bagian humas akan lebih cepet, efektif serta efisien.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ 7 Peran Humas Dalam Organisasi yang Perlu Diketahui, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya