√ Majas Personifikasi : Pengertian, Ciri, Funsi dan Contohnya

Diposting pada

1.Pengertian Majas Personifikasi

Pengertian Majas Personifikasi merupakan suatu majas yang mengenakan sifat-sifat manusiawi atau insani terhadap sebuah benda mati sehingga membuat benda mati tersebut seolah-olah memiliki sifat seperti benda hidup. Yang menjadi ciri khas majas personifikasi yakni terdapat pilihan kata yang melekatkan sifat manusia terhadap benda mati sehingga menjadi seolah hidup. Selain itu juga majas personifikasi juga memilikisebuah gaya bahasa perbandingan yakni membandingkan benda tidak dapat bergerak maupun benda mati sehingga tampak seperti bergerak atau tampak hidup serta bisa berperilaku seperti makhluk hidup atau manusia. diKarenakan itulah maka majas personifikasi ini dapat dikelompokkan ke dalam majas perbandingan. Fungsi dari majas personifikasi yakni untuk memberikan citraan maupun bayangan angan yang konkret dan juga akan memberikan gambaran tentang situasi yang dilukiskan yang lebih jelas. Di dalam banyak jenis karya sastra seperti puisi, cerpen, lagu yang lain-lain penggunaan majas personifikasi banyak ditemukan di dalamnya.

√ Majas Personifikasi : Pengertian, Ciri, Funsi dan Contohnya


2.Ciri Majas Personifikasi

Ciri majas ini merupakan terdapatnya pilihan kata yang menggunakan sifat manusia pada benda mati tersebut. Majas personifikasi mempunyai beberapa gaya bahasa perbandingan yakni membandingkan benda mati ataupun tidak dapat bergerak sehingga sepertinya tampak bernyawa dan juga dapat berperilaku seperti manusia. oleh karena itu, majas ini dikategorikan juga sebagai majas perbandingan.


3.Fungsi Majas Personifikasi

Majas personifikasi ini berfungsi untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai sebuah situasi yang akan dilukiskan dan memberikan bayangan angan “citraan” yang sebuah konkret. Penggunaan majas personifikasi sering ditemukan dalam banyak jenis karya sastra,contohnya cerpen, puisi, lagu atau yang lain-lain.


4.Contoh Majas Personifikasi :

a.pada siang hari itu, matahari menatapku dibalik awan.
Pada kata menatapku di atas yang membuat kalimat di atas ini akan menjadi majas personifikasi. Karena, menatap ialah sesuatu yang biasa dilakukan oleh makhluk hidup seperti manusia, bukan yang bisa dilakukan oleh benda mati seperti matahri.

b.Angin pada malam ini sangat lah dingin, menusuk hingga ke ujung tulangku.

Sama seperti contoh nomor 1, menusuk merupakan sesuatu yang bisa dilakukan pada manusia, sementara disini angin malam bisa menusuk bahkan hingga ke ujung tulang.

c.Padi menunduk seraya mengucapkan selamat sore.

Untuk contoh nomor 3 ini kata kunci ada di menunduk dan mengucapkan selamat sore.diKarenakan nyatanya benda mati tentu saja tidak bisa menunduk maupun menyapa.

d.Harta dapat membutakan banyak disekitar.

Tentu saja benda mati tidak akan bisa membutakan makhluk hidup. Arti sebenarnya merupakan karena harta biasanya bisa membuat orang menjadi lupa diri sendiri.

e.Merokok dapat membunuh orang-orang disekitarmu.

Membunuh disini bukan berarti bisa membunuh secara langsung terjadi, tapi asap rokok memang sangat berbahaya jika dihirup manusia.

f.Siang malam banyangan dirimu selalu mengusik

Bayangan tidak dapat mengusik seseorang.

g.Smartphone telah menghipnotis banyak penggunanya.

Arti yang sebenarnya ialah banyak orang yang menjadi lupa memiliki kehidupan sebenarnya karena terlalu banyak bermain dengan smartphone nya.

h.Dompet ini mulai berbisik meminta untuk segera diisi.

Berarti tanda bahwa uang yang dimiliki sudah hampir habis, tetapi dompet tidak bisa berbisik jadi kalimat ini termasuk ke dalam majas personifikasi.

i.Sepatu-sepatu di toko itu menggodaku untuk bisa memilikinya.

Sepatu tidak dapat menggoda.

j.Terlihat awan mulai murung, pertanda hujan akan segera turun.

Kata murung disini lebih diartikan sebagai mendung.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Majas Personifikasi : Pengertian, Ciri, Funsi dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Levearge Adalah : Pengertian, Jenis dan Tujuannya
Read More  √ Pengertian Kromosom Manusia : Struktur, Jenis, Jumlah dan Fugsinya
Read More  √ kritik Seni : Pengertian, Jenis, Bentuk, Tahapan dan Fungsi
Read More  √ Komponen Peta : Pengertian, Jenis, komponen, Fungsi dan Tujuannya