Langkah Memulai Usaha

Diposting pada

Apakah anda mempunyai anak kecil atau bayi? Atau mungkin memiliki keinginan untuk membuka usaha jualan pakaian anak anak dan masih bingung bagaimana cara memulainya?

bila iya berikut ini kami ingin memberikan sedikit ulasan yang mungkin dapat menjadi sedikit referensi  apabila anda ingin memulai usaha dagang yang sangat menjanjikan ini.

Langkah memulai Usaha Jualan Pakaian Untuk Anak Anak

Pengertian Usaha Baju Anak

Usaha ini merupakan usaha dagang yang di khususkan menyediakan perlengkapan anak (mirip kids shop), bedanya jika toko baju anak ini khusus menyediakan pakaian dan aksesoris busana anak, Sedangkan jika kids shop biasanya yang di jual berupa mainan.


Kenapa Harus Baju Anak Anak?

Mungkin untuk anda yang belum mengerti atau belum pernah punya anak akan bertanya:

kenapa kok Cuma jualan baju anak, tidak sekalian buka toko pakaian? Lagian Kan dipasar sudah banyak yang juga jualan baju anak anak dan balita. Ada beberapa alasan kenapa saya sarankan anda Cuma membuka baju anak, diantaranya karena untuk membangun brandname di masyarakat, jadi kalau ibu ibu tanya temannya beli baju si dedek itu di mana mbak, yang bagus? Langsung pakaian anak akan menjadi tujuan pertama

Biasanya baju anak yang di jual di toko pakaian biasa mempunyai kualitas yang kurang bagus karena memang toko nya bukan toko khusus baju anak anak. target pasarnya nggak pernah habis, karena setiap hari selalu ada sja orang yang memiliki balita saingannya masih lumayan sedikit, di bandingkan dengan baju remaja dan orang dewasa

Anak itu cepet besar dan ganti baju, seperti yang kita ketahui bersama anak anak itu memiliki masa pertumbuhan yang sangat cepat beberapa bulan saja bajunya sudah tidak akan muat dipakai. Baju anak biasanya lebih menguntungkan karena untuk beberapa kasus baju anak justru mempunyai harga yang lebih mahal. Hal ini wajar karena pada umumnya bentuknya baju anak anak lebih unik unik dan juga pembuatannya cenderung lebih sulit daripada baju orang dewasa.


Siapa Sih Targat Calon Pembeli Anda?

Target pasar usaha ini jelas ialah Ibu ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil.

biasanya untuk ibu ibu rela mengeluarkan uang lebih demi membuat anaknya tampil berbeda dan yang pasti akan tambah unyu unyu, jadi ibu ibu yang menjadi target sangat potensial untuk usaha ini.


Tips Langkah Membuka toko Baju Anak

Bagaimana memulai usaha dagang baju anak anak?

berikut ini ialah langkah langkah memulai usaha jualan baju anak, diantaranya yaitu :


  • Pastikan Memiliki Modal

Setiap usaha apapun pasti akan membutuhkan yang namanya modal, begitu juga untuk usaha jual baju anak ini. Modal ini yang nantinya akan di gunakan untuk menyewa ruko, menyiapkan perlengkapan jualan dan yang paling penting untuk membeli barang dagangan (baju anak itu sendiri).

Baca Juga :  Pasola Perang Berkuda Di Sumba

Berapa modal yang diperluakan untuk usaha jualan baju anak anak?

Untuk berapa nya terus terang kami belum bisa menyebutkan secara karena sangat beragam tergantung beberapa faktor seperti :

  • Harga sewa ruko yang berlaku di daerah anda.
  • Jenis merek baju yang anda perjual belikan.
  • Reseler tempat anda mengambil dagangan dan masih banyak lagi.

  • Carilah Supplier Atau Penjual

Setelah modal terkumpul sekarang saatnya anda untuk mencari Suplier ataupun toko tempat anda akan mengambil barang dagangan, atau lebih mudahnya tempat anda berbelanja.

Beberapa tips untuk menentukan penyedia barang ialah :

  • jika membeli secara online pastikan untuk memilih yang tokonya sudah terperrcaya.
  • Pilih suplier yang stok Barang dagangan banyak dan selalu tersedia.
  • Pilih yang model bajunya keren keren, selalu update, dan selalu mengikuiti perkembangan jaman.
  • Yang terpenting pilih yang Harganya relatif murah sehingga anda bisa mengambil keuntungan lebih besar dari usaha jualan pakaian anak ini.

  • Tentukan lokasi Dagang

Pilih Lokasi berdagang atau ruko tempat usaha dagang nantinya di gunakan sebagai tempat anda berjualan. sehingga memilih tempat dagang yang mendukung bisa menunjang kesuksesan usaha anda, maka nggak ada salahnya anda mempertimbangkan lokasi dagang anda dengan sebaik mungkin. Carilah tempat  berdagang yang strategis untuk memastikan dagangan anda ramai ada beberapa tips menentukan lokasi dagang diantaranya:

  • Dekat dengan keramaian, misalnya seperti dekat dengan pasar, dekat area bermain anak ataupun taman.
  • Cari yang akses jalannya mudah, jadi gampang untuk ditemukan.
  • Usahakan mencari yang berdekatan dengan jalan raya yang ramai dengan orang berlalu lalang.
  • Lebih baik jika membuka usaha ini dengan lingkungan yang memang dekat dengan anak anak kecil, seperti dekat rumah sakit persalinan dan lain lain.

  • Promosikan Dagangan Anda

Untuk membuat usaha sukses dan cepat dikenal oleh masyarakat tentu memerlukan media tempat promosi yang tepat, untunya sekarang ini banyak media sosial yang dapat di manfaatkan untuk mempromosikan dagangan anda, misalnya seperti :

  • LINE
  • BBM
  • Whats Up.
  • Instagram
  • twitter
  • dan termasih banyak lagi.

dengan memanfaatkan media sosial seperti yang saya sebutkan diatas akan membantu anda dalam mempromosikan barang dagangan anda, selain itu media sosial diatas itu gratis digunakan.


Perencanaan Usaha

Langkah pertama setelah memiliki ide untuk memulai usaha didapat, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat perencanaan. Hal ini berguna sebagai persiapan awal yang mana memiliki dua fungsi yaitu: sebagai pedoaman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.

Pengertian dari perencanaan usaha adalah suatu cetak biru tertulis berisikan misi, usulan, operasional, rincian financial, strategi, peluang usaha yang mungkin diraih dan kemampuan serta keterampilan pengelolaanya.
Menurut Zimmerer (1993: 331) ada beberapa unsur yang harus ada dalam perencanaan usaha, yaitu:

1. ringkasan pelaksanaan
2. profil usaha
3. strategi usaha
4. produk dan jasa
5. strategi pemasaran
6. analisis pesaing
7. ringkasan karyawan dan pemilik
8. rencana operasional
9. data financial
10. proposal/ usulan pinjaman
11. jadwal operasional

Baca Juga :  Contoh Limbah Organik

Setelah membuat ringkasan eksekutif, langkah berikutnya adalah menentukan misi usaha yang mengambarkan maksud-maksud usaha dan filosofi manajemen perusahaan. Selain itu diperlukan membuat format rinkasan eksekutif seorang calon pengusaha juga harus membuat usulan atau proposal usaha. Usulan usaha dimaksudkan untuk mengajukan dana kepada penyandang dana, seperti investor, banker, dan lembaga keuangan lainnya yang siap membantu perusahaan.
Bebebrapa aspek yang biasanya dimuat dalam proposal usaha meliputi:

1. manajemen usaha
2. pemasaran
3. produksi/ operasional
4. keuangan perusahaan


Pengelolaan Keuangan

  Terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan dalam pengelolaan keuangan, yaitu :


  • Aspek Sumber Dana

sumber-sumber keuangan perusahaan ditimjau dari asalnya, sumber dana perusahaan dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu:

a. dana yang berasal dari perusahaan yang disebut pembelanjaan internal. Penggunaan dana ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dana perusahaan, sebab tinggal mengambil dana yang sudah tersedia di perusahaan. Oleh karena sumber dana interen biasanya sangat terbatas, maka dalam pengunaannya harus diperhatikan tentang biaya kesempatan (opportunity cost), yaitu peluang yang hilang akibat pengunaan lain atau penerimaan yang seharusnya diterima tetapi hilang akibat pengunaan sumber-sumber tersebut dalam operasi perusahaan.

Misalnya: bunga dana milik sendiri atau sewa gedung milik sendiri ynag seharusnya diterima, hilang akibat dana atau gedung tersebut digunakan dalam perusahaan. Bunga atua sewa yang seharusnya diterima oleh pemiliknya tersebut seharusnya dihitung sebagai biaya perusahaan.


  • Aspek Rencana dan Penggunaan Dana.

Ada bebebrapa aspek yang harus diperhatikan dalam merancang penggunaan biaya, biaya:

• biaya awal
• proyeksi/ rancangan keuangan, yang mencakup: Neraca harian (Balance Sheet), Laporan Laba Rugi (Income Statements), Laporan Arus Kas (Cash Flow Statements).
• Analisis pulang pokok (Break-Even Analysis), biaya awal (start-up cost) adalah biaya yang diperlukan ketika perusahan akan berdiri. Biaya awal perusahaan yang baru berdiri pada umumnya meliputi:

  • Biaya awal yang tidak terduga (unik),
  • Biaya administrasi (gaji karyawan dan peralatan kantor),
  • Biaya (sewa) bagunan,
  • Biaya asuransi,
  • Biaya tambahan atau biaya secara umum.

Sebagai ilustrasi bagi perusahaan baru, perkiraan keseluruhan biaya awal perusahaan atau estimasi biaya perusahaan yang diperlukan.


Teknik Strategi Pemasaran

Pemasaran ialah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga , mempromosikan, dan menditribusikan barang dan jasa.

Prinsip dasar pemasaran, yaitu menciptakan nilai bagi langganan (customer value), keunggulan bersaing (competitive adventages), dan fokus pemasaran.


Perencanaan Pemasaran

Pembahasan tentang strategi perusahaan, tidak lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan.

Langkah-langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut.


Langkah 1: Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan

Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus diarahkan pada kebutuhan konsumen.


Langkah 2 :Memilih pasar sasaran khusus (special target market)

Ada tiga jenis pasar sasaran khusu, yaitu:

  1. Pasar individual (individual market)
  2. Pasar khusus (niche market)
  3. Segmentasi pasar (market segmentation)

Langkah 3 : Menetapkan strategi pemasaran dalam persaingan

Baca Juga :  Apa itu Bakteri

Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan dari lingkungan yang bersaing:

  1. Berorintasi pada pelanggan (customer orientation)
  2. Kualitas (quality)
  3. Kenyamanan (convenience)
  4. Inovasi (innovation)
  5. Kecepatan (speed)
  6. Pelayanan dan kepuasan pelanggan

Langkah 4 : Pemilihan strategi pemasaran

Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausahawan dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.


Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran (marketing mix) meliputi 5P yaitu: probe/search, produk,, place, price, dan promotion.


  • Penelitian dan Pengembangan Pasar

Seperti telah dikemukakan bahwa langkap pertama dalam kegiatan pemasaran adalah meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Peggy Lambing dan Charles L. Keuhl (2000: 153), keunggulan bersaing perusahan baru terletak pada perbedaan (diferensiasi) perusahaan tersebut dengan pesaingnya dalam hal-hal berikut.

  1. Kualitas yang lebih baik
  2. Harga yang lebih murah dan bisa ditawar
  3. Lokasi yang lebih cocok, lebih dekat, lebih cepat.
  4. Seleksi barang dan jasa yang lebih menarik
  5. Pelayanan yang lebih menarik dan lebih memuaskan konsumen.
  6. Kecepatan, baik dalam pelayan maupun dalam penyaluran barang.

Produk (Product)

Perlu diingat bahwa produk selalu mengalami daur hidup (product life cycle), yang terdiri atas tahap pengembangan, tahap pengenalan, tahap pertumbuhan penjualan, tahap kematangan, tahap kejenuhan, dan penurunan.

Prinsip-prinsip pengembangan pruduk meliputi kesederhanaan, integritas, fokus pada orang, berdaya juang, kreativitas, dan risiko.


  • Tahap Pengembangan

Pengembangan produk baru merupakan bagian terpenting dalam pemasaran.

Ada beberapa alasan mengapa produk baru gagal, yaitu mencakup hal-hal berikut.

  1. Produk baru tidak berbeda secara memadai dengan produk yang ada di pasar.
  2. Wirausahawan tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang pasar.
  3. Perusahaan sangat miskin perencanaan dan kurang gencar dalam memperkenalkan produk-produk barunya.
  4. Wirausahawan gagal menyesuaikan strategi produknya ketika ada perubahan.
  5. Perusahaan kekurangan dana yang memadai dan kurang komitmen terhadap produk baru.

  • Tahap Pengenalan

Pada tahap ini produk baru diperkenalkan kepada konsumen potensial. Karena masih kurang diterima di pasa, produk baru harus mencoba menerobos pasar yang sudah ada dan bersaing dengan produk yang sudah ada.


  • Tahap Perumbuhan Penjualan

Setelah barang itu dikenal oleh consume, produk tersebut mulai masuk dan diterima oleh konsumen atau disebut juga tahap pertumbuhan penjualan.


  • Tahap Kematangan

Pada tahap kematangan, volume penjualan terus meningkat dan margin laba mencapai puncakny, tatapi kemudian menurun karena masuknya pesaing baru ke pasar. Masuknya produk persaing sudah barang tentu menyebabkan menurunnya hasil penjualan.


  • Tahap Kejenuhan

Pada tahap ini penjualan mencapai puncaknya dan konsumen mulai jenuh terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu, pada tahap inilah inovasi produk harus dimulai.


  • Tahap Penurunan

Tahap ini merupakan lingkarang akhir daur hidup produk. Hasil penjualan produk secara terus-menerus mulai menurun, produk-produk lama mulai diobral dan cuci gudang, otomatis margin laba juga turun secara drastis.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Langkah Memulai Usaha : Pengertian, Kenapa Harus Memilih, Target Calon, Tips Langkah, Perencanaan, Pengelolaan, Teknik, Strategi, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.