√Sosiologi : Fungsi dan Definisi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Definisi Sosiologi

Sosiologi berasal bahasa yunani yaitu Socious yang artinya masyarakat dan Logos yang artinya berbicara ataupun berbincang. Jadi Sosiologi adalah membicarakan mengenai kehidupan manusia yang berperan sebagai makhluk sosial.

Secara umum

Sosiologi merupakan studi tentang masyarakat.

Definisi menurut para ahli

  1. Pitrim A. Sorokin

sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan serta pengaruh timbah balik dari gejala sosial. Misalnya meliputi gejala keluarga, gejala ekonomi, gejala moral, dsb. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai hubungan dan timbal balik yang terjadi antara gejala sosial dan non sosial. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari ciri ciri umum gejala sosial dari segala jenis gejala sosial yang ada.

  1. Menurut Roucek dan Warren

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan sosial antara manusia dengan kelompok-kelompoknya.

  1. Menurut William F Ogburn & Mayer F Nimkopf.

Sosiologi merupakan penelitian yang secara ilmiah berfokus interaksi sosial serta hasilnya organisasi sosial.

  1. Menurut J.A.A Von Dorn & C.J Lammers.

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang struktur serta proses kemasyarakatan yang sifatnya stabil.

  1. Menurut Selo Soemardjan & Soelaeman Soemardi

Sosiologi merupakan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari mengenai struktur sosial serta proses proses sosial yang masuk ke dalam perbuahan social.

  1. Menuut Paul B Horton

Sosiologi merupakan ilmu yang lebih memusatkan pada penyerapan di dalam kehidupan kelompok serta produk kehidupan dari kelompok social tersebut.

  1. Menurut Max Weber

Sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan pemahaman tentang tindakan-tindakan sosial.

  1. Menurut Soerjono Soekanto

Sosiologi merupakan ilmu yang lebih memusatkan perhatian pada kelompok sosial  dari segi kemasyarakatan yang sifatnya umum serta mendapatkan pola-pola umum yang ada di kehidupan masyarakat.

  1. Menurut William Kornblum

Sosiologi merupakan proses ilmiah yang mana mempelajari terkait masyarakat serta perilaku sosial anggota masyarakat dan menjadikan masyarakat tersebut ke dalam berbagai kelompok serta kondisi.

  1. Menurut Allan Jhonson

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan serta perilaku masyarakat, khususnya pada kaitannya dengan sistem sosial serta bagaimana sistem sosial tersebut dapat mempengaruhi orang lainnya dan bagaimana pula mengenai orang orang yang ikut di dalamnya yang mempengaruhi sistem tersebut.

  1. Menurut Mayor Polak

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu kelompok formal maupun material ataupun kelompok statis maupun dinamis.

Fungsi Sosiologi

– Sosiologi sebagai ilmu sosial, yang mana pembahasan yang terkait di dalamnya mempelajari perilaku antara manusia ataupun masyarakat.

– Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang umum, sehingga sosiologi bukanlah ilmu yang mempelajari dan membahas terkait hal-hal khusus, namun perilaku yang terjadi pada hubungan manusia.

– Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang membahas mengenai apa yang dapat menjadi nilai baik maupun nilai buruk.

– Sosiologi dapat dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan yang murni ataupun terapan dalam mengamati perilaku masyarakat..

– Sosiologi sebagai ilmu yang abstrak, yang artinya memiliki tujuan untuk menunjukkan bentuk serta pola pola kejadian yang ada di masyarakat .

– Sosiologi mempunyai tujuan untuk bisa menghasilkan pengertian serta pola pola umum yang terjadi pada perilaku manusia.

-Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang umum, sehingga sosiologi bukanlah ilmu yang mempelajari dan membahas mengenai hal-hal khusus, namun perilaku yang terjadi pada hubungan manusia.

-Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang membahas mengenai pola piker dan karakter sosial dilingkungan masyarakat

-Sosiologi dapat dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan yang murni ataupun terapan artinya dilakukan sehari hari dalam mengamati perkembangan perilaku dan karakter masyarakat.

-Sosiologi sebagai ilmu yang abstrak, yang artinya bertujuan untuk meluruskan perilaku dan karakter dilingkungan masyarakat sehingga dapat mengambil sisi positif dalam kelompok sosial tersebut.

Sosiologi memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan pengertian serta pola pikir masyarakatyang terjadi pada lingkungannya

 

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai sosiologi. semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Energi Panas : Pengertian dan Macam Perpindahannya
Baca Juga :  √Pengertian Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik LENGKAP
Baca Juga :  √Baterai : Pengertian, Jenis Dan Manfaatnya
Baca Juga :  √Problem Solving : Pengertian, Ciri, Tujuan Dan Langkah Mengatasinya