Jaringan Komputer

Diposting pada

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain lewat media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya bisa melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah sebuah data yang relevan.


Manfaat Jaringan Komputer

  • Dengan jaringan komputer, kita dapat mengakses file yang kita punya sekaligus file orang lain yang sudah disebarluaskan lewat sebuah jaringan, contohnya jaringan internet.
  • Lewat jaringan komputer, kita dapat melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Jaringan komputer dapat membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  • Selain itu, pengguna juga bisa mengirim teks, gambar, audio, ataupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  • Kita bisa mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah lewat internet dikarenakan internet adalah salah satu contoh jaringan komputer.
  • Misalkan dalam sebuah kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang ada pada kantor itu. Kita cukup membeli satu printer saja untuk dipakai oleh semua karyawan kantor itu dengan bantuan jaringan komputer.

Macam Jenis Jaringan Komputer


Berdasarkan Jangkauan Geografis


  1. LAN

Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN adalah jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, contohnya warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang memiliki kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain memakai teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang memakai teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

Baca Juga :  Asal Usul Suku Dayak

  1. MAN

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Dapat dibilang, jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN adalah berkisar 10-50 km. MAN hanya mempunyai satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih mudah.


  1. WAN

Wide Area Network atau WAN adalah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, contohnya sebuah negara bahkan benua. WAN umumnya dipakai untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lain walaupun berada di lokasi yang berbebeda.


Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data


  1. Jaringan Terpusat

Yang dimaksud jaringan terpusat ialah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server. Dalam jaringan terpusat, ada istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tak mempunyai alat pemindah data.


  1. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini adalah hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server serta client yang saling terhubung membentuk sebuah sistem jaringan tertentu.


Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan


  1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang dipakai dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel itu dipakai untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya supaya bisa saling bertukar informasi atau data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang dipakai dalam wired network adalah kabel UTP.


  1. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan ini diperlukannya gelombang elektromagnetik sebagai alat transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak memakai kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan memakai gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informas atau data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang dipakai dalam wireless network.

Baca Juga :  Batu Menangis Kalimatan Barat

Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer


  1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari 1 atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari 1 komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sementara komputer client hanya bisa menggunakan sumber daya data itu.


  1. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server ataupun komputer client memiliki kedudukan yang sama. Jadi, komputer server bisa menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga bisa menjadi komputer server.


Variasi jaringan Komputer

Ada berbagai macam variasi dari jaringan komputer disini penulis akan memberikan beberapa contoh variasi jaringan pada komputer adalah :

MULTIPLEXING

Multiplexing adalah suatu teknik pengiriman lebih dari satu informasi melalui satu saluran, istilah ini adalah istilah dalam dunia telekomunikasi. Tujuanya adalah untuk penghematan penggunaan saluran fisik. Contoh penerapan dari teknik Multiplexing ini adalah satu helai kabel optik Surabaya‐Jakarta bisa dipakai untuk menyalurkan ribuan percakapan telepon.


Komponen Jaringan Komputer

Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu :

  • Komponen Hardware

Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi jaringan.

  • Komponen Software

Perangkat Keras Jaringan ( hardware )


  • Repeater

Berfungsi untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan yang sama. Dengan adanya repeater, sinyal dari suatu komputer dapat di terima oleh komputer lain yang
letaknya berjauhan.


  • Hub

Fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port, sehingga hub disebut juga multiport repeater. Repeater dan hub bekerja di physical layer sehingga tidak mempunyai pengetahuan mengenai alamat yang dituju. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunakan metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, sehingga bila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal.


  • Bridge

Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih pintar karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju.


  • Switch

Fungsinya sama dengan bridge hanya switch terdiri dari beberapa port sehingga switch disebut multiport bridge. Dengan kemampuannya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port‐port lain masih tetap dapat berfungsi. Tetapi bridge dan switch tidak dapat meneruskan paket IP yang ditujukan komputer lain yang secara logic berbeda jaringan.

Baca Juga :  Pengertian Materi Pembelajaran

Perangkat Lunak Jaringan ( software )


  • Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak system yang berfungsi untuk melakukan kontrol manajemen terhadap perangkat keras. Secara umum Sistem Operasi adalah software lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan aplikasi lainya dijalankan setelah Sistem Operasi dijalankan.
Beberapa contoh Sistem Operasi adalah :

a. Sistem Operasi Windows

b. Keluarga UNIX yang menggunakan Sistem Operasi POSIX, seperti SCO UNIK, Bekeley Software Distribution, GNU/Linux, MacOS/X, GNU/Hurd

c. MacOS ( Macintosh Operating system ), merupakan sistem operasi untuk komputer keluaran apple.


  • Network Adapter Driver

Sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Sebuah network adapter bisa berupa kartu PCI ataupun terhubung dengan sebuah komputer secara eksternal melalui USB atau parallel port.


  • Protokol Jaringan.

Protokol adalah suatu sistem komputer agar komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain, dan kedua komputer tersebut harus mempunyai kesepakatan. Protokol juga bisa menggambarkan atau mendefinisikan apa yang di komunikasikan dan juga kapan terjadinya komunikasi tersebut.
Tiga macam protokol yang biasa di jaringan komputer adalah:

  • NetBEUI (NetBios Extended User Interface)  Ini adalah protokol yang menggunakan aturan penamaan dengan 16 karakter,15 karakter untuk nama dan 1 karakter untuk entity, jaringan ini bersifat lokal.
  • IPX/SPX (internet/sequence packet exchange) Protokol ini hampir sama seperti NetBEUI, hanya menambahkan kemampuan routing dan remote console.
  • TCP/IP (transmission control protokol/internet protokol) Aturan penamaannya dengan hanya beberapa angka, titik atau di sebut (dot decima

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Jaringan Komputer : Pengertian, Manfaat, Macam, Jenis, Variasi, Komponen Beserta Perangkat Keras dan Lunak, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.