Zona Litoral

Diposting pada

Contoh Zona Litoral

contoh zona litoral


Manfaat Zona Litoral

  • Manfaat laut zona litoral adalah:

Sebagai habitat bagi beberapa spesies aut seperti bintang laut, udang, kepiting, dan masih banyak lagi.
Sebagai zona pasang surut air laut.
Sebagai objek wisata karena mempunyai pemandangan yang indah .

  • Manfaat laut neritik

Sebagai habitat hidup bebagai macam hewan dan tumbuhan laut.
Sebagai zona nelayan untuk menangkap ikan.


Klasifikasi dan Karakteristik Zona Laut


  • Zona Lithoral

Zona “Lithoral”, adalah wilayah pantai atau pesisir atau “shore”. Di wilayah ini pada saat air pasang tergenang air dan pada saat air laut surut berubah menjadi daratan. Oleh karena itu wilayah ini sering disebut juga wilayah pasang surut.


  • Zona Neritic

Zona “Neritic” (wilayah laut dangkal), yaitu dari batas wilayah pasang surut hingga kedalaman 150 m. Pada zona ini masih dapat ditembus oleh sinar matahari sehingga wilayah ini paling banyak terdapat berbagai jenis kehidupan baik hewan maupun tumbuhan-tumbuhan, contoh Jaut Jawa, Laut Natuna, Selat Malaka dan laut-laut disekitar kepulauan Riau.


  • Zona Bathyal

Zona Bathyal (wilayah laut dalam), adalah wilayah laut yang memiliki kedalaman antara 150 hingga 1800 meter. Wilayah ini tidak dapat ditembus sinar matahari, oleh karena itu kehidupan organismenya tidak sebanyak yang terdapat di zona meritic.


  • Zona Abysal

Zona Abysal (wilayah laut sangat dalam), yaitu wilayah laut yang memiliki kedalaman lebih dari 1800 m. Di wilayah ini suhunya sangat dingin dan tidak ada tumbuh-tumbuhan, jenis hewan yang hidup di wilayah ini sangat terbatas

Baca Juga :  Contoh Surat MOU

Pengertian Zona Litoral

Komunitas ekosistem perairan dalam di Indonesia belum tidak Pengertian Ekosistem Laut sedikit diketahui dengan cara pasti. Faktor ini dikarenakan belum dikuasainya perangkat teknologi untuk meneliti hingga mencapai perairan dalam, tetapi dengan cara umum keanekaragaman komunitas kenasiban yang ada pada perairan dalam tersebut tidaklah dengan tinggi ekosistem di tempat lain.

Komunitas yang ada hanya konsumen dan pengurai, tidak terdapat produsen sebab pada daerah ini cahaya Matahari tidak bisa tembus. Makanan konsumen berasal dari plankton yang mengendap dan vektor yang telah mati. Jadi, di dalam laut ini terjadi momen makan dan dimakan. Hewan-hewan yang nasib di perairan dalam warnanya gelap dan mempunyai mata yang indah yang peka dan mengeluarkan cahaya. Daur mineralnya terjadi sebab gerakan air dalam pantai ke tengah laut pada lapis atas. Perpindahan air ini digantikan oleh air dari daerah yang terkena cahaya, jadi terjadi perpindahan air dari lapis bawah ke atas Pengertian Ekosistem Laut.


Gambar Zona Litoral

gambar zona litoral


Ciri Zona Litoral

Daerah litoral adalah daerah yang langsung berbatasan dengan darat. Radiasi matahari, variasi temperatur dan salinitas mempunyai pengaruh yang lebih berarti untuk daerah ini dibandingkan dengan daerah laut lainnya. Biota yang hidup di daerah ini antara lain: ganggang yang hidup sebagai bentos, teripang, binatang laut, udang, kepiting, cacing laut, ikan.

Pada zona banyak tampak beberapa jenis binatang ,tetapi bukan ikan ,misal undur-undur dan jengking(kepiting darat)&kedalamanya 0m(nol meter) (maaf kalau salah)
‘semoga membantu’


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Zona Litoral : Contoh, Pemanfaatan, Manfaat, Pengertian, Gambar, Ciri, Klsifikasi, Karakteristik, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.