Apa itu Lembaga

Diposting pada

Pengertian Lembaga

Lembaga masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan karena adanya satu kesamaan visi dan misi. Selain visi dan misi, dalam Lembaga juga Mengandung nilai-nilai, norma, adat dan unsur kemasyarakatan yang dianut oleh masyarakat yang sama. Dalam Lembaga nantinya juga terdapat aturan yang disepakati bersama sehingga bisa berjalan sesuai dengan keinginan bersama.


Fungsi Lembaga

Apa itu Lembaga

  1. Memberi pedoman kepada anggota masyarakat bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah yang berkembang dan muncul di lingkungan masyarakat.
  2. Menjaga keutuhan di masyarakat.
  3. Memberikan pengarahan pada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial.

Macam Jenis Lembaga


  1. Lembaga Keluarga

Lembaga Keluarga dapat dikatakan bahwa Lembaga yang paling dasar yang terdiri dari keluarga inti dengan anggotanya ayah, ibu dan anak-anak. Ayah dalam hal ini Berperan sebagai kepala dari lembaga keluarga tersebut. Sedangkan ibu berperan sebagai sekretaris, bendahara dan wakil kepala, dengan anak-anak berperan sebagai anggotanya. Lembaga keluarga adalah lembaga pertama yang akan dimasuki setiap orang pada sejak lahir. Oleh karena itu suksesnya seseorang itu bisa dilihat dari lembaga keluarganya.


  1. Lembaga Pendidikan

Lembaga Pendidikan adalah lembaga yang berorientasi pada pendidikan, tempat belajar dan mengajar, dimana anggotanya dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi di satu bidang. Dengan adanya interaksi dari para anggotanya juga kemudian membuat anggota yang tergabung di lembaga pendidikan itu dapat menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :  Cara Membuat CV Surat Lamaran Kerja

  1. Lembaga Agama

Lembaga Agama adalah lembaga yang berhubungan dengan agama tertentu dan anggotanya mempunyai keyakinan terhadap agama yang sama. Di dalamnya para anggotanya dapat berbagi ilmu dan melakukan kegiatan bersama yang bermanfaat atas nama keyakinannya masing-masinng. Dengan adanya Lembaga agama ini juga bertujuan untuk mempererat persatuan untuk umat beragama.


  1. Lembaga Kesehatan

Lembaga Kesehatan berorientasi pada pelayanan kesehatan dan tujuannya untuk menjadikan seluruh masyarakat dapat selalu sehat secara mental ataupun fisik. Terkadang ada banyak kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan yang akan dilaksanakan oleh lembaga kesehatan ini secara Cuma-Cuma untuk masyarakat yang tentunya direspons sanat baik oleh masyarakat.


  1. Lembaga Politik

Lembaga politik biasanya adalah lembaga di dalam masyarakat yang berhubungan dalam menangani masalah yang berkaitan dengan tata tertib, aturan dan administrasi tertentu. Lembaga politik juga membantu masyarakat dalam berbagai hal dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam hal politik.


  1. Lembaga Budaya

Lembaga Budaya termasuk lembaga yang penting karena membantu masyarakat untuk mengembangkan serta melestarikan budaya yang ada, seni serta lingkungan yang ada di sekitarnya. Lembaga budaya merupakan lembaga yang juga membantu Anda untuk mengenal berbagai macam adat budaya yang ada di masyarakat.

Di Indonesia yang memiliki ragam budaya yang sangat banyak ini tentu lembaga budaya yang ada juga sangat banyak untuk bisa menjaga semua keutuhan budaya yang ada.


  1. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga dalam masyarakat yang berhubungan dengan masalah ekonomi dan mempunyai tujuan supaya kebutuhan ekonomi dalam masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Lembaga ekonomi ini juga pastinya menjadi pedoman dan solusi untuk menjaga kehidupan ekonomi masyarakat tetap stabil.

Baca Juga :  Apa itu Bibliografi

  1. Lembaga Hukum

Lembaga hukum adalah lembaga yang mengatur mengenai tata tertib dalam masyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena tidak semua anggota masyarakat mengerti tentang hukum dan saat berhubungan dengan hukum lalu mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada siap membantunya.


Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari lembaga sosial yang membedakannya dengan sistem norma/pranata sosial.


  • Memiliki Simbol Sendiri

Setiap lembaga sosial memiliki simbol sendiri untuk menandai kekhasan atau ciri khusus dari setiap lembaga. Sehingga, dapat memberikan identitas tertentu dari anggota masyarakat yang terlibat didalamnya.

Contoh :

Dalam lembaga politik terdapat simbol bendera
Dalam lembaga keluarga terdapat simbol cincin kawin.


  • Memiliki Tata Tertib dan Tradisi

Lembaga sosial memiliki tata tertib dan tradisi yang tertulis maupun tidak tertulis yang dijadikan panutan bagi pengikutnya.

Contoh :

Dalam lembaga keluarga, terdapat aturan bagaimana untuk menghormati orang yang lebih tua dan melindungi orang yang lebih muda.


  • Usianya Lebih Lama

Pada umunya, lembaga sosial memiliki usia yang lebih lama dibandingkan usia seseorang. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya lembaga sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Contoh :

Dalam lembaga keluarga, sistem perkawinan sudah ada sejak zaman dahulu dan masih dianut masyarakat hingga sekarang.


  • Memiliki Alat Kelengkapan

Untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan oleh lembaga sosial tersebut, maka lembaga sosial memiliki alat kelengkapan untuk mencapai tujuannya.

Contoh :

Bajak dalam lembaga ekonomi digunakan untuk membajak sawah
Buku dalam lembaga pendidikan merupakan alat untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar.


  • Memiliki Ideologi

Lembaga sosial memiliki ideologi sendiri. Ideologi ini dimiliki bersama dan dianggap ideal bagi para pendukung lembaga.

Baca Juga :  Asas Pemerintahan

  • Memiliki Daya Tahan

Lembaga sosial yang sudah terbentuk tidak akan lenyap/hilang begitu saja.

Contoh :

Adat istiadat dalam lembaga sosial dijadikan pedoman perilaku dalam kehidupan masyarakat.


demikilanlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Apa itu Lembaga : Pengertian, Fungsi, Macam, Jenis, Ciri, Beserta Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.