√Apa itu Budaya Organisasi: Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contoh

Diposting pada
√Apa itu Budaya Organisasi: Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contoh

Pengertian

Budaya organisasi merupakan sistem berbagi makna yang dianut oleh anggota yang membedakan organisasi dari organisasi lain. Budaya organisasi ialah bagaimana organisasi belajar untuk berhubungan dengan lingkungan yang merupakan kombinasi dari asumsi, perilaku, cerita, mitos, ide, metafora, serta ide lain guna menentukan apa artinya bekerja dalam organisasi. Budaya organisasi sebagai pola asumsi dasar yang diciptakan, ditemukan atau dikembangkan oleh kelompok tertentu sebagai dasar dalam berperilaku dalam organisasi. Di mana akan terungkap pada anggota baru sebagai cara melihat, berpikir serta merasakan dalam organisasi.

Ciri-ciri Budaya Organisasi

  • Inovasi dan keberanian guna mengambil risiko, yakni sejauh mana karyawan diharapkan didorong guna menjadi inovatif dan mengambil risiko.
  • Perhatian pada detail sejauh mana karyawan diharapkan untuk melaksanakan ketepatan, analisis, dan perhatian pada perincian.
  • Berorientasi hasil, yakni sejauh mana manajemen lebih berfokus pada hasil daripada teknik atau proses yang dipakai untuk mencapai hasil ini.
  • Berorientasi kepada manusia, yakni sejauh mana keputusan manajemen mempertimbangkan efek dari hasil tersebut pada orang-orang dalam organisasi.
  • Berorientasi pada tim, yakni sejauh mana aktivitas kerja diorganisir dalam tim dibanding individu.
  • Agresivitas adalah sejauh mana orang agresif dan kompetitif daripada santai.
  • Stabilitas ialah sejauh mana kegiatan organisasi menekankan status quo daripada  pertumbuhan.

Fungsi Budaya Organisasi

1. Membatasi

Budaya bertindak sebagai penentu batas maksudnya, budaya menciptakan perbedaan atau yang membuat organisasi unik serta membedakannya dari organisasi lain.

2. Identitas

Budaya mengandung rasa identitas untuk sebuah organisasi.

3. Komitmen

Budaya memfasilitasi lahirnya komitmen guna sesuatu yang lebih besar dibanding kepentingan individu.

Baca Juga :  √Fotosintesis :Pengertian, Sejarah, Reaksi Gelap Dan Terang

4. Stabilitas

Budaya dapat meningkatkan stabilitas sistem sosial sebab budaya merupakan alat perekat sosial yang membantu menyatukan organisasi dengan memberikan standar mengenai apa yang seharusnya dikatakan serta dilakukan karyawan.

Contoh Budaya Organisasi

1. Kerapian administratif

Budaya organisasi dalam hal kerapian administratif adalah aspek yang mesti diperhatikan dalam organisasi. Baik itu dalam hal surat-menyurat, manajemen keuangan, pendapatan karyawan, barang masuk atau keluar, dsb.

2. Distribusi Otoritas yang Jelas

Hal Ini merupakan kunci yang bisa menentukan keberhasilan kinerja di perusahaan. BIla tidak ada pembagian kekuatan kinerja, mungkin anggota atau karyawan di perusahaan akan menjadi bingung. Yang mana yang dilakukan atau dikerjakan serta mana yang tidak.

3. Disiplin

Disiplin ialah contoh dari budaya organisasi yang melekat di mana-mana, baik dalam individu atau kelompok. Dimana disiplin tersebut ialah karakter serta sifat orang atau kelompok yang sukses.

4. Inovasi

Sebagian besar budaya organisasi akan memajukan anggota tim guna melahirkan ide-ide kreatif serta inovasi baru. Tujuannya ialah untuk bisa memajukan organisasi.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Budaya Organisasi: Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contoh semoga bermanfaat

Baca Juga :