Apa Itu Berita

Diposting pada
Apa itu Berita

Pengertian Berita

Berita dalah sebuah media yang penyampaian berbagai macam jenis informasi terbaru yang terjadi di sekitar kita. Dan pastinya, sangat wajar bila hampir setiap atau semua orang tiap harinya menerima atau membaca suatu berita.

Pengertian berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita haruslah sesuai dengan kenyataan yang ada, tidak dibuat-buat (fiktif), dan terbaru/terkini. Berita merupakan salah satu cara berkomunikasi melalui peristiwa penting, terbaru, dan menarik. Kita dapat menjumpai berita dimana saja seperti di koran, majalah, internet, televisi, radio, bahkan di mading sekolah. Sebuah berita harus mengandung unsur 5W+1H (What, Who, When, Where, Why, dan How) supaya pembaca dapat mengetahui lebih banyak tentang suatu kejadian. Dalam bahasa Inggris “berita” disebut news.


Ciri-ciri Berita


  • Menarik Perhatian.

Berita mesti menarik perhatian, tujuannya adalah supaya bisa menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mau langsung mengetahui isi berita tersebut.


  • Terkini dan Aktual.

Berita mesti berisi informasi atau peristiwa terkini ataupun yang masih hangat di perbincangakan.


  • Di Percaya.

Isi berita mesti bisa dipercaya, itulah mengapa berita mesti sesuai fakta jadi tidak boleh mengada-ngada.


  • Jelas dan memakai kalimat yang sederhana.

Isi berita yang baik yaitu mesti jelas tidak boleh berbelit-belit serta kalimat yang diapakainnya mesto yang sederhana supaya mudah dimengerti dan dipahami.


Macam Jenis Berita


  • Berita langsung

Berita langsung biasa dikenal dengan kata straightnews. Berita ini biasanya mempunyai ciri dimana disampaikan dalam bentuk yang lebih ringkas, langsung, fokus serta lugas. Isinya berupa berbagai macam jenis fakta – fakta serta data peristiwa yang sedang hangat terjadi di masyarakat sekarang ini. Jenis berita ini biasanya langsung ada pada halaman pertama pada surat kabar karena sifat nya yang sangat informatif sekali.


  • Berita opini

Opini memang tak sama dengan yang namanya berita. Namun berita bisa berupa opini yang dikatakan dengan opini news. Berita tersebut bersumber dari pendapat berbagai macam jenis opini orang lain terkait sebuah peristiwa tertentu. Contohnya seperti maraknya terjadi peredaran narkoba di suatu daerah.


  • Berita interpretasi

Jenis berita ini adalah pengembangan dari berita langsung namun yang membedakannya ialah dengan dilengkapinya berbagai informasi yang mendukung isu uty contohnya pengamatan, akademis dan sebagainya.


  • Berita mendalam

Berita mendalam atau depthnews yang dikembangkan dalam sebuah peristiwa yang dibuka dengan sangat jelas, Dalam berita ini lebih melihatkan tentang how ( mengapa) serta why( mengapa) berita itu bisa terjadi. Biasanya jenis berita ini lebih informatif yang mestinya menjelaskan mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, bagaimana dampaknya serta apa yang harus dilakukan.

Baca Juga :  Peran KAA

  • Berita investigasi

Berita investigasi ini memang ditulis berdasarkan suatu penyelidikan pada sebuah peristiwa. Data – data yang biasanya dicari ataupun yang di ambil dari berbagai macam sumber yang sangat berkompeten. Berita ini biasanya dialirkan dengan berbagai cara wartama yang membakar berbagai macam kesalahan ataupun penyelewengan yang sangat merugikan publik.


Fungsi Berita


  • Menyampaikan informasi

Fungsi informasi mencakup berbagai informasi berbagai kejadian atau peristiwa yang menjadi perhatian dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah politik, hubungan luar negeri, prakiraan cuaca, kecelakaan, bisnis, buruh,  pendidikan dan ekonomi. Informasi itu sangat penting untuk orang banyak dan biasanya diberikan memakai media massa baik media masa cetak maupun elektronik.


  • Meningkatkan kesadaran publik

Mengingkatkan kesadaran publik mengenai isu tertentu. Yang dimaksud dengan kesadaran publik adalah tingkat pemahaman publik mengenai pentingnya isu tertentu serta implikasinya untuk publik secara umum. Isu disini dapat berupa masalah lingkungan hidup, masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan dan juga anak-anak, politik dsb.


  • Membantu bersikap terbuka

Berita yang disampaikan lewat media massa cetak serta elektronik menjadikan kita lebih mengerti serta memahami berbagai kejadian ataupun peristiwa di seluruh dunia. Berita-berita dari seluruh dunia menyampaikan bahwa manusia di suatu negara berbeda dengan negara lainnya.


  • Membentuk opini public

Berita juga dapat berguna untuk membentuk opini publik. Seperti sudah dijelaskan dalam teori agenda setting bahwa media massa lebih sering membentuk rasa kepedulian serta perhatian banyak orang pada beberapa isu tertentu yang disampaikan oleh media massa.


Unsur-unsur Berita


  • What (apa)

Unsur tersebut melibatkan apa saja yang berada didalam berita. Unsur “what ” dalam berita biasanya pembahasan tentang peristiwa apa yang sedang hangat-hangatnya perbincangkan di tengah masyarakat. Membuat berita tak asal mengekuarkan isi hati contohnya seperti karangan-karangan naratif. Namun mesti mempertanggung-jawabkan kebenarannya, oleh karena itu berita mesti membahas sesuatu yang kebenarannya dapat dibuktikan sehingga tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat.


  • Who (siapa)

Unsur “who” melibatkan subjek yang berkaitan dalam berita tersebut. Yaitu siapa saja yang nampak dalam kejadian yang diberitakan itu. Orang-orang yang ikut dalam berita mesti disebutkan secara jelas, supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Baca Juga :  Cerita Anak Malin Kundang

  • When (kapan)

When adalah kapan terjadinya kejadian dan peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa mesti dijelaskan secara jelas supaya berita menjadi mudah untuk pahami dan di terima masyarakat.


  • Where (dimana)

Where adalah tempat dimana peristiwa tersebut terjadi. Berita mesti diberitahu lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas serta dapat mudah dipahami.


  • Why (mengapa)

Unsur “why” ialah bagian yang menjelaskan mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Unsur ini biasanya meliputi alasan dan juga latar belakang masalah ataupun peristiwa yang di beritakan. Yang di jelaskan di bagian tersebut adalah mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi.


  • How (bagaimana)

Unsur terkahir ini adalah memuat bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya pada bagian ini akan dijelaskan secara kronologis terkait bagaimana kejadian atau peristiwa tersebut terjadi.


Syarat- Syarat Berita

Menurut Zonamapel (Juni 2015), syarat-syarat berita adalah


  • Fakta

Bahwa dalam suatu berita informasi yang disampaikan harus berdasarkan fakta atau kejadian yang asli dan sebenarnya di lapangan.


  • Aktual

Bahwa dalam berita harus berita yang terkini artinya jarak antara waktu dan juga kejadian harus berdekatan dengan waktu penyiaran.


  • Berimbang

Dalam sebuah berita harus disampaikan secara seimbang sehingga pendengar atau pembaca berita bisa mengerti dengan baik. Jangan penyampaian berita seperti pada waktu pilpres yang selalu membuat berita yang tidak objektif dan tak seimbang. Berita harus benar- benar asli tidak berat sebelah atau di bumbui oleh narasumber dan tidak mempengaruhi pembaca


  • Lengkap

Dalam menyusun berita harus benar- benar lengkap supaya berita yang disampaikan bisa jelas dan harus memenuhi unsur-unsur berita.


  • Akurat

Dalam membuat berita harus akurat dan tidak dibuat- buat, penyusun berita harus langsung bertanya atau konfirmasi kepada pihak- pihak yang bersangkutan.


  • Sistematis

Dalam isi suatu berita di susun secara urut dan dalam menyampaikan berita, berita yang penting diletakan pada awal.


  • Menarik

Dalam membuat berita harus menarik, karena berita yang tidak menarik tidak disukai oleh pembaca atau pendengar. Yang terpenting berita harus berguna atau bermanfaat bagi pembaca atau pendengar.


  • Mudah

Dipahami dalam menyusun berita harus menggunakan kata- kata yang jelas dan mudah untuk di pahami.

Baca Juga :  Asal Usul Simalungun

Struktur Berita

Struktur penulisan berita biasanya terdiri dari judul, teras dan tubuh berita.


  • Judul Berita

Penulisan Judul berita diharapkan memenuhi kriteria kemenarikan, yaitu dengan menggunakan tampilan tipografi yang baik dan menarik membuat pembaca terpikat untuk membacanya, Judul harus merangkum isi berita, berarti harus ditulis secara menyeluruh dan mencerminkan isi berita secara ringkas dapat melukiskan suasana berita, berati judul harus mengilustrasikan peristiwa yang diberitakan, Memudahkan pembaca dalam menentukan berita mana yang diperlukan serta memberi identitas pada berita itu sendiri.


  • Teras Berita

Penulisan teras berita (lead) merupakan satu atau dua kalimat yang menjadi sari dari sebuah berita dan menjadi penentu ketertarikan pembaca untuk membacanya lebih jauh, biasanya ditempatkan pada alinea pertama. Teras berita harus memuat semua elemen penting (5W dan 1H) dan tidak mengandung informasi yang menyesatkan/bohong. Teras berita harus ditulis secara singkat, spesifik, identitasnya jelas, menghindari bentuk pertanyaan dan kutipan, pernyataan waktu yang tepat dan terdapat keterangan yang tepat. Teras berita dibagi menjadi dua, yaitu teras berita lengkap dan tidak lengkap


Contoh-contoh berita


  1. stright news/ berita langsung

Evakuasi Terhambat Medan

BANDUNG, KOMPAS – Evakuasi korban tanah longsor di Perkebunan Teh Dewata, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terhambat medan berat berupa jalan menanjak berliku-liku dan berbatu.

Pukul 16.00, Rabu (24/2), evakuasi terpaksa dihentikan karena khawatir longsor susulan akan terjadi setelah hujan deras kembali mengguyur kawasan perkebunan tersebut.


  1. Berita Ringan (soft news/berita halus)

Bello Maasaba, pria asal Nigeria, menjadikan menikah sebagai pekerjaan tetapnya. Pria berusio 87 tahun itu memiliki 107 istri. Hampir setiap tahun, pria tersebut melangsungkan pernikahan. Dari 107 istrinya itu, dia mendapatkon 185 anak. Motivasi Bello menikah dengan banyak perempuan itu bukan dilandasi hasrat seksual atau menambah keturunan, tapi dari tuhan.peria yang bekerja sebagai tabib di negeria itu mengaku bahwa setiap ia akan menikah, sebelumnya mendapat semacam wahyu dari tuhan. (“tunggu dulu’. Pikiran rakyat 2011).


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang Apa Itu Berita : Pengertian, Ciri, Macam, Jenis, Fungsi, Unsur, Syarat, Struktur, Besrta Contohnya,  semoga bermanfaat