√ 4 Prinsip Pancasila

Diposting pada

4 Prinsip Pancasila

  • Prinsip Pancasila Di Indonesia

√ 4 Prinsip Pancasila

Suatu negara harus mempunyai dasar yang tepat untuk pendirian dan dasar bagi negara untuk melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan dalam berbangsa dan juga bernegara. Dengan terdapatnya dasar ini, maka lebih mudah untuk mewujudkan ketertiban serta keamanan dalam rangka mengisi kemerdekaan negara. Dasar negara yang dimaksud yaitu Pancasila. Tanggal 1 Juni 1945  dijadikan hari peringatan kelahiran Pancasila.

Supaya kita bisa mengamalkan Pancasila dengan sepenuhnya, terdapat banyak hal yang harus kita ketahui tentang Pancasila itu sendiri. Pancasila mempunyai berbagai fungsi dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara. Selain memiliki fungsi, pancasila juga memiliki beberapa prinsip filsafat anatara lain sebagai berikut :

  • Kausa Material (Nilai Sosial Budaya Indonesia)

Prinsip-prinsip filsafat Pancasila di Indonesia yang pertama yaitu berdasarkan kausa material, yakni prinsip Pancasila digali dari nilai serta norma yang ada di dalam bangsa Indonesia, dan bukan berasal dari bangsa lain. Ada begitu banyak keanekaragaman yang bisa kita temukan di Indonesia. Setiap keanekaragaman tersebut dijadikan satu kedalam rumusan Pancasila.

Artinya, Pancasila meliputi semua perbedaan yang ada di Indonesia dan juga menyatukannya supaya bangsa ini bisa hidup dengan baik dan bisa mencapai tujuan pembangunan nasional yang dimiliki oleh negara. Dengan mengambil prinsip nilai dan norma yang ada di Indonesia, maka dengan ini pelaksanaan dari Pancasila menjadi lebih mudah diterima serta mudah untuk dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi salah satu usaha dalam menjaga keutuhan NKRI. Keberadaan Pancasila sebagai salah satu sarana persatuan dan juga kesatuan bangsa ini agar tetap terjaga.

  • Kausa Formalis (Tercantum Secara Resmi didalam UUD 1945)

Prinsip-prinsip filsafat Pancasila di Indonesia yang kedua bisa dijelaskan dengan kausa formalis. Dengan kausa ini, Pancasila ada di dalam pembukaan UUD 1945 sehingga menjadikan keberadaannya resmi ataupun formal karena sudah memenuhi syarat kebenaran formal. Hubungan di antara Pancasila dan juga UUD ini menjadi salah satu prinsip-prinsip Pancasila di Indonesia.

Keberadaan Pancasila sebagai dasar negara mesti dipertegas  legitimasinya. Hal ini dilakukan dengan mencantumkan rumusan Pancasila ke dalam UUD 1945 yang merupakan konstitusi/sumber hukum tertinggi di Indonesia. berdasarkan sejarah UUD, kita bisa mengetahui bahwa pencantuman rumusan Pancasila yang pertama bukan di dalam UUD 1945, melainkan dalam Piagam Jakarta. Adanya pencantuman Pancasila di dalam UUD 1945 membuat Pancasila tidak diragukan sebagai dasar negara.

Dalam pelaksanaannya, ada banyak kejadian di dalam sejarah Indonesia yang berusaha untuk menolak prinsip-prinsip filsafat Pancasila. Contohnya dari penolakan pada prinsip-prinsip Pancasila yaitu kejadian pemberontakan G30SPKI. Ketika sudah berhasil ditumpas, tanggal 1 Oktober dijadikan sebagai hari peringatan Kesaktian Pancasila.

  • Kausa Efisiensi (Rumusannya Tepat dengan Bangsa)

Prinsip-prinsip filsafat Pancasila di Indonesia yang ketiga bisa dijelaskan dengan kausa efisiensi, yakni ketepatan segala hal yang dilakukan oleh BPUPKI dan juga PPKI dalam merancang serta merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Kata efisiensi mempunyai arti ketepatan cara, usaha, dan kerja dalam menjalankan sesuatu dengan tidak membuang banyak waktu, tenaga, serta biaya.

Dasar negara mulai direncanakan keberadaannya sejak pidato pembukaan sidang pertama BPUPKI oleh KRT Radjiman Wedyodiningrat sebagai ketua. Dalam pidato tersebut, beliau mempertanyakan, apa yang akan menjadi dasar negara dari negara Indonesia? sejak saat itu, para pendiri bangsa mulai memikirkan ide terkait dengan dasar negara.

Sampai pada akhirnya, ide atas dasar negara tersebut ditampung serta dirumuskan oleh panitia sembilan dari BPUPKI. Hal tersebut menunjukkan ketepatan dalam perumusan Pancasila. Di samping itu, Pancasila mempunyai rumusan yang sudah tepat dan sesuai dengan karakteristik serta tujuan bangsa ini.

  • Kausa Finalis (Isinya Sesuai Dengan Tujuan)

Prinsip-prinsi filsafat Pancasila di Indonesia yang terakhir bisa dijelaskan dengan kausa finalis, yakni segala rumusan Pancasila berhubungan dengan tujuan dari adanya Pancasila itu sendiri. Tujuan dari adanya Pancasila yaitu untuk menjadi dasar negara Indonesia.

Bisa dikatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara yang mendekati sempurna. Di dalamnya telah tercantum segala dasar yang dibutuhkan oleh suatu negara, terutama Indonesia untuk menjadi sebuah negara yang berpihak kepada rakyatnya. Maka laksanakan Pancasila dengan sepenuh hati.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai 4 Prinsip Pancasila, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Contoh Pengumuman Layanan Umum : Pengertian Pengumuman, Tujuan, Cara, Macam dan Contohnya
Read More  √ Ciri Umum Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Macam, Struktur, dan Contohnya
Read More  √ Alat Reproduksi Wanita Asli : Pengertian, Bagian, Fungsinya
Read More  √ 4 Fungsi Kepala Sekolah LENGKAP