√ Sistem Adalah ? Berikut Pengertian Sistem dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Sistem – Apa itu sistem? Pasti dianatara kita tak banyak yang mengetahui pengertian sistem yang benar seperti apa,akan  tetapi banyak dari kalian yang paham akan sistem tapi tak mengerti penjelasannya dengan lengkap. Tanpa kita sadari, bahwa setiap hari kita pasti selalu berurusan dengan yang namanya sistem. Entah itu sistem kecil maupun juga sistem besar, hampir setiap kita melakukan apapun tidak akan terlepas dari sebuah sistem. Bahkan untuk kita hidup pun juga berada dalam rangkaian sistem. Untuk lebih jelasnya, Mari simak penjelasan sebagai berikut mengenai pengertian sistem secara umum dan menurut para ahli.

√ Sistem Adalah ? Berikut Pengertian Sistem dan Contohnya

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli :


  1. Pengertian sistem menurut L. James Havery


Sistem ialah prosedur logis dan rasional untuk melakukan atau merancang, rangkaian komponen yang saling berhubungan satu dengan lainnya.


  1. Pengertian sistem menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler


Sistem merupakan rangkaian yang saling berhubungan antar beberapa bagian dari yang terkecil, jika satu bagian atau sub bagian bermasalah maka bagian lainnya juga ikut masalah tersebut.


  1. Pengertian sistem menurut kamus besar Indonesia


  • Sistem merupakan perangkat unsur yang teratur saling berhubungan sehingga terbentuk suatu totaliras pencernaan makanan, pernapasan, dan juga peredaran darah di tubuh.
  • Susunan yang rapi dari pandangan, teori, asas, dan lain sebagainya. Seperti halnya pemerintahan Negara domokrasi, totaliter, parlementer, dan juga yang lainnya.
  • Metode seperti pendidikan klasikal, individual, dan yang lainnya.

  1. Pengertian sistem menurut Gordon B. Davis


Sistem yang terdiri atas  bagian yang saling berhubungan dan beroperasi bersama untuk pencapaian beberpa sasaran dan maksud.

Baca Juga :  √ Struktur Jaringan Batang : Pengertian Beserta Fungsinya

  1. Pengertian sistem menurut John Mc Manama


Struktur konseptual yang tersusun dari berbagai  fungsi yang berhubungan dan bekerja menjadi satu organic untuk pencapaian suatu hasil sesuai keinginan secara efektif dan efisien.


  1. Pengertian sistem menurut Murdick, R. G


Seperangkat elemen yang terbentuk kumpulan dari  berbagai macam prosedur atau bermacam pengolahan untuk mencari tujuan  yang sama dengan menggunakan cara pengoprasian data atau barang untuk menghasilakan informasi.


  1. Pengertian sistem menurut C.W. Churchman


Seperangkat beberapa bagian yang telah dikoordinasiakan yang  sangat cocok dan harmonis untuk pelaksanaan perangkat tersebut untuk mencapai tujuan.


  1. Pengertian sistem menurut Andri Kristanto


Jaringan kerja dari beberapa prosedur yang berhubungan dengan saru atau  yang  lainnya, bersatu untuk melakukan kegiatan dan menyelesaikan tujuan tertentu.

Sistem merupakan  sekelompok objek / benda memiliki hubungan antara mereka. Itulah definisi sistem secara umum. Berikut kami sertakan juga contoh contoh sistem agar dapat kita pahami lebih mudah.

Contoh Sistem :


  1. Manusia adalah sistem yang berbeda di muka bumi yang terdiri dari lahirilah dan batinilah. Jika dilihat dari sudut pandang biologi manusia adalah system yang  terdiri dari komponen biologis yaitu sistem panca indra, sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem pengerluaran, dan juga  sistem – sistem lainnya yang bekerja sama dalam satu.

 

  1. Sistem pemerintahan di Indonesia juga biasa disebut sistem yang mepunyai tugas dan fungsi masing – masing seperti  presiden, wakil presiden, mentee, kepala daerah, camat, kepala desa, ketua RT, ketua RW, dan perangkat – perangkat lainnya yang mempunyai  keterkaitan.

 

  1. Sistem ekonomi, ada istilah sistem ekonomi syariah yang mempunyai kompenen seperti pemerintah, kebijakan syariah, bank syariah, koperasi syariah, nasabah syariah, dan komponen – komponen lainnya yang memiliki keterkaitan.
Baca Juga :  √ Cerita Rakyat Bali

 

  1. Sistem otomotif, sistem pada kendaraan otomotif seperti halnya sistem starter, sistem pengapian, sistem kelistrikan, sistem penggerak, sistem pengereman, da sistem yang mempunyai keterkaitan lainnya.

 

  1. Sistem komputer, pada komputer memiliki sistem seperti sistem operasi, nah itu adalah sistem yang paling terpenting pada komputer karena apabila sebuah komputer tidak memiliki sistem operasi sendiri maka akann tidak bisa bekerja dengan performa yang baik. Sistem komputer seperti halnya windows, Mac, OS, Unix, Amiga, Garuda OS, dan lain sebgainya.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Sistem Adalah ? Berikut Pengertian Sistem dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.