√Pengertian Games dan Jenisnya

Diposting pada

mungkin kalian sudah tidak asing dengan istilah game, bahkan semua kalangan anak kecil hingga orang tua mengenail istilah ini. Saai ini sudah banyak sekali game yang sudah beredar luas di sana, akan ttetapi, apasih sebenarnya arti dari kata game? Dan apa saja jenis nya? Berikut ini akan kami jelaskan mengenai pengertian game dan jenis nya.

√Pengertian Games dan Jenisnya

Pengertian game

Dalam kamus bahasa indonesia “game” diartikan permainan. Permainan adalah bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan, keduanya ini saling berhubungan. Permaian merupakan kegiatan kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan ialah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain bernteraksi dengan sistem konflik dalam permaianan ialah rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilakuk pemain dan juga menentukan permainan.

Game berasal dari bahasa inggris yang artinya dasar permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian kelincahan intelektual yang juga dapat diartika sebagai arena keputusan dan juga aksi permainnya. Dalam, game ada target-target yang dingin dicapai pemainnya.

Jenis-jenis game

Berdasarkan jenis “platform”  atau alay yang digunakan:

  1. Arcada games

Merupakan yang sering disebut ding-dong di indonesia, biasanya berda di daerah khusus dan mempunyai box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan juga tidak jarang bahkan mempunyai fitur yang bisa membuat pemainnya lebih merasa mauk dan menikmatinya, misalnya seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan dan lainnya.

  1. PC game

Merupakan video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, contohnya platstation 2 dan 3, XBOX 360 dan nintendo wii

  1. Handheld games,

Yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang bisa dibwa kemana-mana, contohnya nintendo DS dan juga sony PSP

Berdasarkan “genre” pemainnya

  1. Aksi-shoting

Video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, dan juga timing, inti dari jenis game ini ialah tembak tembakan

  1. Fighting (pertarungan)

Ada yang mengelompokan video game fighting ini dibagian aksi, akan tetapi penulis berpendapat berbeda, jenis ini memamng memerlukan kecepaan refleks dan juga koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari gam ini ialah penguasaan jurus,  pengenalan karakter dan juga timing sangatlah pening.

  1. Aksi

Mamasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan diantara lahar, bergulat dengan ular sambil mencari kundi utnuk membuka pintu kuil legendaris, atau hanya sekedar untuk mencari telepon umum untuk mendapatkan misi berikutnya, itulah tadi beberapa banyak hal yang karakter pemain harus lakukan dan di lalui dalam video game jenis ini.

  1. Petualangan

Bedanya dengan jenis video game akssi petualangan, refleksi dan juga kelihaian pemain dalam bergerak, melompat, berlari, hingga memecut atau menembak tidak diperlukan disini. Video game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan juga kemampuan berpikir pemain dalam mengananlisa tempat secara visual, memcahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkain peristiwa dan juga percakapan karakter hingga menggunakan benda-benda epat pada tempat yang tepat.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Pengertian Games dan Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Mind Map Adalah : Pengertian , Cara Mebuat, Jenis dan Contohnya
Baca Juga :  √Materi Pelajaran Anak Paud : Usia 0-6 Tahun
Baca Juga :  √Macam Kreativitas : Pengertian, Definisi, Ciri, Tahap dan Konsepnya
Baca Juga :  √Media Pembelajaran Untuk Anak TK : Audio, Lingkungan, Permainan DLL