√ Pengertian Adaptasi : Cotoh dan Beberapa Makhluk Hidup di Sekitarnya

Diposting pada

Pengertian Adaptasi

Untuk bisa bertahan hidup, makhluk hidup harus bisa melakukan adaptasi terhadap setiap kondisi yang ada di habitatnya. Selain dengan melakukan adaptasi morfologi dan juga adaptasi fisiologi, makhluk hidup juga bisa melakukan adaptasi tingkah laku. Apa yang dimaksud dengan adaptasi tingkah laku? Adaptasi tingkah laku adalah adaptasi yang dilakukan dengan menyesuaikan tingkah laku mahluk hidup sesuai dengan kondisi habitat tempat tinggalnya. Pada artikel kali ini akan membahas beberapa contoh adaptasi tingkah laku dari beberapa makhluk hidup di sekitar kita.

Contoh Adaptasi Tingkah Laku

Contoh adaptasi tingkah laku bisa kita lihat baik pada hewan maupun pada tumbuhan. Pada hewan, adaptasi tingkah laku dapat dilihat pada tingkah laku rayap, paus, dan bunglon, sedangkan contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan misalnya ialah terdapat pada pohon jati dan tumbuhan keladi.

√ Pengertian Adaptasi : Cotoh dan Beberapa Makhluk Hidup di Sekitarnya

Contoh Adaptasi Tingkah Laku

  1. Adaptasi Rayap

Rayap adalah salah satu contoh hewan yang melakukan adaptasi tingkah laku. Mereka biasanya akan memakan kembali kulit yang terkelupas dari tubuhnya. Bayi rayap juga telah melakukan adaptasi tingkah laku. Mereka akan memakan atau menjilati dubur rayap dewasa agar memperoleh flagellata. Kebiasaan tersebut dilakukan untuk bisa mendapatkan kembali flagellata. Flagellata merupakan semacam zat yang dapat membantu rayap untuk dapat mencerna kayu.

  1. Adaptasi Paus

Paus merupakan mamalia laut yang bernafas menggunakan paru-paru. Mereka secara periodik akan akan muncul ke permukaan air untuk menarik nafas dan mengambil oksigen. Kebiasaan ini dilakukannya untuk bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, kebiasaan merupakan salah satu contoh adaptasi tingkah laku pada hewan.

  1. Mimikri

Beberapa hewan juga melakukan mimikri untuk bertahan dari serangan musuh atau predatornya. Mimikri merupakan suatu tingkah hewan yang dilakukan hewan untuk menghasilkan kemiripan (berkamuflase) dengan lingkungan sekitarnya. Beberapa hewan yang melakukan mimikri misalnya ialah bunglon yang menyerupai dedaunan atau tanah, laba-laba yang menyerupai lebah, dan lalat yang menyerupai rumpun bunga.

  1. Menggugurkan Daun

Contoh adaptasi tingkah laku bukan hanya bisa ditemukan pada bangsa hewan. Beberapa tumbuhan juga melakukan adaptasi ini untuk bertahan hidup. Misalnya saja ialah pohon jati dan pohon kedondong. Keduanya akan menggugurkan daunnya saat musim kemarau tiba untuk meminimalkan laju transpirasi (penguapan).

  1. Mengeluarkan Air (Gutasi)

Gutasi merupakan contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan higrofit. Tumbuhan higrofit adalah tumbuhan yang hidup di daerah ekosistem yang lembab. Contoh tumbuhan higrofit misalnya ialah keladi. Keladi akan meneteskan atau pun mengeluarkan air dari daunnya untuk mengurangi kelebihan air di tubuhnya.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Pengertian Adaptasi : Cotoh dan Beberapa Makhluk Hidup di Sekitarnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Pengertian Jaringan Ikat : Fungsi, Ciri, dan Macamnya
Baca Juga :  √ Pengertian Otot Polos : Jenis Beserta Cirinya
Baca Juga :  √ Fungsi Bunga Pada Tumbuhan : Pengertian, Sistem Reproduksi, Struktur
Baca Juga :  √ Pengertian Ekosistem : Macam Beserta Contohnya