√ Materi Pelajaran Anak Paud : Usia 0-6 Tahun Lengkap

Diposting pada

Pada kegiatan pendidikan anak usia dini, ada materi khusus yang harus diberikan kepada anak usia dini. Materi program kegiatan pendidikan anak usia dini dibagi menjadi dua kelompok

materi-paud

Materi usia lahir sampai 3 tahun

Berikut ini beberapa materi usia lahir hingga tiga tahun

  1. Pengenalan diri sendiri

Permainan yang kreatif memungkikan perkembangan konsep diri. Bermain mendukung anak untuk tumbuh juga mandiri dan pempunyai kontrol atas lingkungannya. Melalui bermain anak bisa menemukan hal baru, bereksplorasi, meniru dan juga mempraktikan kehidupan sehari-hari sebagai sebuah langkad dalam membangun ketrampilan monolong dirinya sendiri, keterampilan ini akan membuat anak merasa kompeten.

  1. Pengenalan perasaan

Pengenalan perasaan ini termasuk peerkembangan emosi. Melalui bermain anak bisa belajar menerima, berekspresi dan juga mengatasi masalah dengan cara yang positif. Bermain juga dapat memberikan kesempatan pada anak untk mengenal diri mereka dan untuk mengembanngkan pola perilaku yang memuaskan dalam hidup.

  1. Pengenalan tentang orang lain

Pengenalan entang orang lain I ini juga termasuk dalam perkmbangan sosial. Bermain akan memberikan jalan bagi perkembangan sosial anak saat berbagi dengan anak yang lainnya. Bermain merupakan sarana yang paling utama bagi pengembangan kemampuan bersosialisasi dan juga memperluas empati terhadap orang lain juga mengurangi sikap egosentrisme. Bermain juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa sosialisasi anak. Melalui bermain anak bisa belajar perilaku prososial seperti mengunggu giliran, saling membantu, kerjasama, dan juga berbagi.

  1. Pengenalan berbagai gerak

Pengenalan berbagai gerak ini bertujuan untuk membantu mamaksimalkan berkembangan fisik. Bermain juga bisa memacu perkembangan perseptual motorik pada beberapa area, yaitu

  1. Kordinasi mata-tangan tau mata-kaki, seperti saat menulis, menggambar, mencarijejak secara visual, menangkap, melempat, dan menendang
  2. Kemampuan motork kasar, misalnya gerak tubuh ketika berjalan, berbaris, melompat, meloncat, berlari, berguling-guling, berlari, marayap dan merangkak
  3. Kemampuan bukan motorik kasar, misalnya seprti menekuk, bergiliran, berdiri, duduk, jongkok, bergoyang, maragakan tubuh dan dalinnya.

Itulah tadi beberapa dari pengenalan berbagai gerak .

  1. Mengembangkan komunikasi

Mengemabangkan komunikasi juga bisa dilakukan dengan membantu anak dalam meningkatkan kemampuan berbagasanya. Bermain juga merupakan alat yang paling kuat untuk membelajarkann kemampuan berbagasa anak. Melalui komunikasi inilah anak bisa memperluas kosa kata dan mengembangkan daya pennerimaan juga pengekresian kemampuan berbagasa mereka melalui interaksi dengan anak lain dan orang dewasa pada situasi bermain spontan.

Materi anak usia 3 hingga 6 tahun

Berikut ini beberapa materi anak usia 3 sampai 6 tahun

  1. Keaksaraan

Mencakup peningkattan kosa kata dan juga bahasa, kesadara fonologi, percakapan, wawasan pengetahuan, mamahami buku-buku dan yang lainnya.

  1. Konsep matematika

Konsep ini mencakup pengenalan angka-angka, geometri dan kesadaran ruang, pola-pola dan hubungan, pengukuran, penggoganisasian, pengumpulan data dan juga mempresentasikannya.

  1. Pengetahuan alam

Lebih menekankan pada objek fisik, kehidupan bumi dan juga lingkungan.

  1. Pengetahuan sosial

Mencakup hidup orang banyak, berinteraksi dengan yang lai, bekrja, menbentuk, dan dibentuk oleh lingkungan. Komponen ini membahas karakteristik tempat hidup manusia dan juga hubungannya antara tempat yang satu dengan yang lainnya, dan juga hubungan dengan orang banyak.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Materi Pelajaran Anak Paud : Usia 0-6 Tahun, semoga aritkel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Macam Kreativitas : Pengertian, Definisi, Ciri, Tahap dan Konsepnya

Baca Juga :  √Media Pembelajaran Untuk Anak TK : Audio, Lingkungan, Permainan DLL

Baca Juga :  √Contoh Kalimat Impretatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Baca Juga :  √Contoh Resume : Pengertian, Perbedaan dan Ikhtisar