√ Legenda Buaya Putih Beserata Sejarahnya

Diposting pada

Legenda Buaya Putih

Selain memang kaya dengan keanakeragaman baik itu budaya maupun juga adat istiadatnya, Negeri tercinta Indonesia juga memang cukup kaya dengan berbagai hal-hal yang bersifat mistis. Sebut saja yakni seekor hewan yang gemar memakan daging yang habitatnya hidup pada air tawar bernama buaya. Dan sebagai Negara kepulauan yang banyak mempunyai ratusan dan bahkan ada banyak ribuan sungai, Indonesia memang jadi pusat dari kehidupan hewan reptil yang berukuran raksasa seperti buaya. Tapi kepercayaan masyarakat kalau tak segala jenis dari seekor buaya merupakan hanya seekor hewan, tetapi merupakan sebuah perwujudan dari sebuah makhluk bisa dibilang gaib sampai merupakan kembaran manusia tersebut.

Berikut legenda dari buaya putih yang terkenal di beberapa wilayah yang ada di Indonesia sebagai berikut :

Legenda Buaya Putih

Buaya itu sebenarnya secara alami memang tergolong sebagai makhluk hidup yang lumayan dikramatkan menurut dari beberapa kalangan masyarakat yang ada di tanah air, terkhusus dari seekor buaya putih. Buaya putih menurut sebagian kalangan tak hanya terkenal sebagai salah satu jenis reptil berukuran raksasa yang habitatnya berada di sungai. Dan karena, tak sedikit dari kalangan masyarakat yang ada di tanah air menyebut kalau buaya putih merupakan sebuah perwujudan dari seorang siluman jenis wanita yang mempunyai sebuah mahkota yakni merah delima.

Legenda Sungai Brantas

Buaya putih yang berada di tanah air ini sudah menjadi reptil yang lumayan melegenda, dan bahkan legendanya dinilai telah ada pada jaman dari nenek moyang kita, contoh sebuah kisah buaya putih yang berada pada sungai Brantas, di provinsi Jawa Timur. pada masa kerajaan kuno di daerah Kediri, legenda buaya putih begitu kental pada masyarakat derah Kediri. Menurut cerita buaya itu merupakan makhluk gaib yang menunggu sungai Brantas yang cuma memperlihatkan wujudnya hanya pada orang tertentu saja.

Read More  √ Apa itu Limbah : Pengertian, Ciri, Jenis, Dampak

Legenda Saudara Kembar Buaya Putih

Berbeda dari legenda yang ada di suangai Brantas tersebut, sebagian kalangan dari masyarakat adat di provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki pengenalan tak biasa kepada sosok buaya putih itu. Menurut masyarakat Sulawesi Selatan, buaya putih itu tak selamanya diketahui perwujudan dari makhluk gaib yakni siluman namun buaya putih itu diyakini adalah saudara kembar dari salah seorang masyarakat.

Legenda Danau Tolire

Di wilayah Maluku masyarakat sekitar pun memiliki sebuah legenda tersendiri kepada sosok dari buaya putih ini. Kisah itu juga tak lepas dari sebuah danau bernama danau Tolire yakni sebuah danau yang sangat indah dan dikeramatkan. Dahulu diceritakan bahwa penduduk dekat danau adalah masyarakat yang baik adabnya, bisa dibilang kalau mereka itu memiliki tali persaudaraan sangat erat.

Tapi, tiba-tiba banyak penduduk hilang misterius. Menurut legendanya, segala kedamaian yang pegang antar warga itu hilang tak ada jejak karena sebuah peristiwa tak bermoral. Karena ada salah satu warga sekitar yang tega menghamili anakkandungnya sendiri, kemudian warga pun marah dan mengusir Ayah serta anaknya itu. Tetapi, peristiwa yang sangat lebih hebat menimpa ketika Ayah dan Anak itu pergi meninggalkan kampung. Menurut cerita saat itu tiba-tiba datang gempa yang sangat dahsyat. Masyarakat pun yakin kalau Ayah dan Anak itu telah dikutuk penguasa berubah jadi dua danau disamping itu warga sekitar juga dikutuk berubah menjadi buaya berwarna putih.

Legendayang sudah melekaterat diberbagai kalangan yang ada di tanah air, cukup di yakini sampai saat ini. Terlepas menurut legendanya, buaya putih itusebenarnya tak seperti yang banyak diketahui. Buaya putih itu faktanya cuma seekor buaya yang mengalami kelainan dari genetiknya yang biasa kita kenal sebagai albino. Memang dengan jumlah jenisnya yang minim itu buaya jenis ini sulitsekali ditemuidisampinghabitat utamanya terleatk pada Benua Amerika. Perludiketahui, buaya putih dengan mempunyai jumlah lima jari itu pun tak berbeda pada buaya berjenis albino. Karena, secara alamiah kalau hewan alligator tersebut memang mempunyai jumlah lima buah jari pada setiap kakinya.

Read More  √Pengertian Membrane Plasma dan Organel

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Legenda Buaya Putih Beserata Sejarahnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;