√Langkah Mengajar : Pengertian dan Penjelasannya

Diposting pada

Pengertian

mengajar merupakan proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa nya. Dalam proses nya guru harus lah menyiapkan langkah yang tepat agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Kurangnya komponen langkah-langkah mengajar ini akan menjadikan pembelajaran bisa berjalan kurang maksimal. Lalu seperti apa langkah pembelajaran tersebut? Berikut ini ialah beberapa langkah-langkah mengajar yang baik dan benar.

√Langkah Mengajar : Pengertian dan Penjelasannya

Langkah-langkah mengajar

Ada empat langkah dalam mengajar, diantaranya ialah sebagai berikut ini;

  1. Langkah persiapan

Persiapan bukan hanya sekedar materi yang akan disampaikan guru kepada siswa nya. Akan tetapi menentukan bagaimana cara menyampaikan setiap bagian dari pelajaran. Lalu bagaimana juga menentukan teching material yang diperlukan, menyiapkan peralatan untuk pembelajaran juga menyiapkan fisik dan mental perseta didik untuk menerima pelajara. Berikut ini persiapan skenario pembelajaran

Dimana KBM akan dilaksanakan

Alat apa saja yang akan dipakai oleh siswa

Peralatan apa saja yang diperlukan

Alat bantu pembelajaran

Workstation untuk siswa

Lembaran handaout untuk siswa

Evaluasi

Bahan apa saja yang dibutuhkan oleh siswa seperti bahan praktek

  1. Langkah presentasi

Langkah presentasi ialah menjelaskan kepada siswa untuk

Menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu

Memahamkan konsep , fakta, ide, analisis dan juga sebagainya

Menyesuaikan langkah skenario yang sudah direncanakan sebelumnya

  1. Langkah aplikasi

Langkah aplikasi yaitu siswa berlatih untuk memahami apa yang diajarkan dalam pelajaran prakter, siswa juga berlatih untuk mendapatkan skill yang dipelajari, siswa mendalami apa yand telah disampaikan oleh guru dengan melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan apa yang relah direncanakan oleh guru.

  1. Langkah Evaluasi

Langkah evaluasi bertujuan menunjukkan kepada siswa bahwa merekan sudah menguasai kompetensi atau belum. Melihat kesulitan yang dihadapi, juga digunakan untuk menentukan langkah berikutnya.

Selailn keempat hal diatas, ada juga gal pokok dalam kegiatan belajar mengajar.

  1. Securing attention diataranya ialah menimbulakan minat siswa saat mulai pelajaran, mengkaitkan dengan pekerjaan yang relevan, membuat diskusi singkat, menggunakan visual aid, menggunakan tulisan guna memfokuskan masalah yang hendak dipelajari dan juga menceritakan pengalaman diri.
  2. Developing interest diantaranya ialah adanya varisi metode mengajar, tidak menonton kegiatannya yang bisa membuat siswa bosan, jangan membuat siswa menganggur, siswa harus jelas apa yang harus di kerjakan, menerapkan skill yang sudah dipelajari dan juga membetulkan kesalahan juga jangan di cela apabila ada kesalahan pada siswa.
  3. Desire to learn diantaranya membuat siswa merasa bermanfaat, apabila demikian maka siswa akan terus merasa senang untuk mempelajari lebih lanjut lagi.

demikianlah artikel dari dunipendidikan.co.id menganai √Langkah Mengajar : Pengertian dan Penjelasannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Read More  √Contoh Proposal Kegiatan Sekolah : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya
Read More  √Analisis Otonomi Daerah dan Hakikatnya
Read More  √Contoh Penelitian Kualitatif dan Kuantatif Beserta Cirinya
Read More  √Contoh Kalimat Interogatif : Pengertian, Ciri dan Jenisnya