√ Kerajaan Kutai : Nama, Kehidupan Politik, Kejayaan dan Keruntuhannya

Diposting pada

Nama Kerajaan Kutai

Nama Kutai itu adalah berasal dari nama lokasi ditemukannya sebuah prasasti yang menggambarkan dari kerajaan itu. Nama Kutai itu diberikan dari para ahli karena tak ada lagi prasasti secara jelas yang menyebutkan nama dari kerajaan ini. Dan juga karena sangat minim informasi bisa didapat akibat dari kurangnya sumber-sumber sejarah. Kerajaan Kutai adalah sebuah kerajaan Hindu paling tua yang ada di Indonesia. Kerajaan Kutai ini   muncul sekitar abad 5 M. Kerajaan berada di daerah Muara Kaman, provinsi Kalimantan Timur,  yakni daerah hulu sungai Mahakam.

Keberadaan dari kerajaan itu diketahui karena adanya sumber berita yang dapat ditemukan yakni sebuah prasasti berbentuk yupa dengan jumlah sebanyak 7 buah. Yupa yang tulisannya memakai huruf Pallawa dan juga sansekerta itu, bisa disimpulkan terkait keberadaan dari Kerajaan Kutai menurut berbagai dari aspek kebudayaan, seperti sosial, ekonomi, politik, serta budaya. Demikian  isi dari prasati itu menyatakan kalau raja yang pertama dari Kerajaan Kutai itu memiliki nama Kudungga.

√ Kerajaan Kutai : Nama, Kehidupan Politik, Kejayaan dan Keruntuhannya

Dia memiliki seorang putra yang bernama Asawarman juga dikenal wamsakerta yakni berarti pembentuk keluarga. Sesudah wafat, Asawarman kemudian digantikan oleh seorang yang bernama Mulawarman. Penggunaan dari nama Asawarman serta  para nama raja dalam generasi selanjutnya menunjukkan bahwa sudah masuknya pengaruh dari ajaran agama Hindu pada Kerajaan Kutai serta hal itu juga memberikan bukti kalau  para raja Kutai merupakan orang yang berasal dari Indonesia asli yang sudah memeluk ajaran-ajaran agama Hindu.


Kehidupan Politik Kerajaan Kutai

Kehidupan politik yang sudah dijelaskan di prasasti yupa bahwa kalau raja terbesar dari kerajaan Kutai yakni Mulawarman, seorang putra dari Aswawarman serta Aswawarman sendiri merupakan putra dari Kudungga. Pada yupa juga dijelaskan kalau Aswawarman itu dikenal juga sebagai Dewa Matahari serta seorang pendiri dari keluarga raja. Dengan demikian artinya Aswawarman telah memeluk ajaran agama Hindu dan sudah di nilai menjadi seorang pendiri keluarga.

Raja Kudungga merupakan raja yang pertama yang mempunyai kekuasaan pada Kerajaan Kutai. Namun, jika dilihat dari nama-nama Raja yang tetap memakai nama Indonesia, para ahli memiliki pendapat kalau di masa dari pemerintahan Raja Kudungga itu berpendapat kaau di masa dari pemerintahan Raja Kudungga itu pengaruh Hindu masih baru masuk di daerahnya. Kedudukan dari Raja Kudungga sendiri awalnya hanyalah seorang kepala suku.

Aswawarman merupakan seorang raja yang pertama dari Kerajaan Kutai dengan bercorak Hindu. Dia juga adalah seorang pendiri dari dinasti Kerajaan Kutai itu sehingga dia disematkan gelar yakni  Wangsakerta, yang mempunyai arti sebagai pembentuk keluarga. Aswawarman mempunyai sebanyak 3 orang putra yang salah satunya merupakan Mulawarman itu.

Mulawarman ini kental  pada pengaruh bahasa Sanskerta apabila dilihat melalui cara penulisannya. Mulawarman merupakan seorang raja yang terbesar Kerajaan Kutai. Karena pada masa pemerintahannya tersebut, Kerajaan Kutai ini mengalami periode gemilang. Menurut Yupa bahwa pada periode pemerintahan Mulawarman ini, kerajaan Kutai memang sedang mengalami periode keemasan. daerah kekuasaannya itu sangat luas bahkan hampir dari semua daerah yang ada di Kalimantan Timur. Rakyat Kutai pun memiliki hidup yang sejahtera dan makmur.


Kehidupan Ekonomi Kerajaan Kutai

Kehidupan ekonomi di kutai sendiri diketahui pada salah satu prasasti kalau Raja Mulawarman sudah mengadakan yakni upacara korban emas dengan menghadiahkan sebanyak 20.000 ekor sapi kepada golongan Brahmana. Namun tak diketahui pasti asal dari emas serta sapi itu di dapat. jika emas serta sapi itu berasal dari tempat lain, dapt disimpulkan kalau kerajaan Kutai ini sudah melaksanakan agenda dagang.

 


Kehidupan Sosial Dan Budaya Kerajaan Kutai

Pada kehidupan sosial ini sudah terjalin hubungan harmonis dengan Raja Mulawarman dan para Kaum Brahmana, seperti sudah dijelaskan pada Yupa, kalau Raja Mulawarman itu memberikan sedekah sebanyak 20.000 ekor sapi untuk Kaum Brahmana pada tanah yang suci yang memiliki nama Waprakeswara. Istilah dari Waprakeswara sendiri adalah sebuah tempat suci memuja Dewa Siwa.

Pada kehidupan budaya ini Kerajaan Kutai memang telah maju. Dengan dibuktikan dari upacara penghinduan yang kenal dengan nama Vratyastoma. Di masa Mulawarman ini upacara penghinduan dipimpin seorang pendeta dari Brahmana yang merupakan orang Indonesia asli. Dengan adanya kaum Brahmana yang berasal asli orang Indonesia ini memberikan bukti kalau kemampuan dari intelektualnya memang tinggi, yang utama adalah karena menguasai bahasa Sanskerta.


Kejayaan Kerajaan Kutai

Periode kejayaan Kerajaaan Kutai sendiri terletak di periode pemerintahan dari Raja Mulawarman. Karena beliau ini sangat bijaksana dan juga royal berbagi hal-hal yang berkaitan dengan religius. Kaum brahmana dihadiahi dengan ternak secara adil, emas dan tanah serta pelaksanaan upacara sedekah itu berada pada tempat yang memang dianggap suci. Karena dengan dibuktikan juga pemberian berupa sedekah untuk kaum Brahmana sebanyak 20.000 ekor sapi. Dengan jumlah 20.000 ekor sapi tersebut memberikan bukti kalau di masa itu kerajaan Kutai sudah memiliki sebuah kehidupan yang sudah makmur dan sudah mencapai pada massa kejayaannya.


Runtuhnya Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai runtuh ketika seorang Raja Kutai bernama Maharaja Dharma Setia itu meninggal pada sebuah pertempuran dengan Raja Kutai Kartanegara yang ke-13,  Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Harus diingat kalau Kutai ini  memiliki perbedaan dengan sebuah Kerajaan Kutai Kartanegara yang pada saat itu ibukotanya yang pertama terletak di Kutai Lama. Kutai Kartanegara tersebutlah, pada 1365, yang sudah disebutkan pada sastra Jawa yakni Negarakertagama. Kerajaan Kutai Kartanegara kemudian berubah menjadi kerajaan Islam dengan dikenal dengan nama Kesultanan Kutai Kartanegara.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Kerajaan Kutai : Nama, Kehidupan Politik, Kejayaan dan Keruntuhannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Pelabuhan Demak : Kesultana, Masa Awal, Keemasan dan Kemunduran
Read More  √ Cerita Pak Lebai Malang : Pengertian Beserta Sejarahnya
Read More  √ Asal Kata Sufisme : Pemikiran dan Karakteristik Neo-Sufisme
Read More  √ Tindakan Sosial : Pengertian, Macam dan Contohnya