Pengertian Komunikasi Daring

Diposting pada
pengertian komunikasi daring

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah sebuah proses pemindahan dalam bentuk gagasan, informasi dari seseorang ke orang lain. Komunikasi ialah sebuah proses penyampaian pikiran maupun perasaan seseorang kepada orang lain yang sering memakai lambang-lambang yang bermakna untuk kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi memakai media tertentu untuk bisa mengubah sebuah tingkah laku dan sikap seseorang dan sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang akan diharapkan.


Definisi Komudikasi Dalam Jaringan

Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semua biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.

Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”.

Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web


Sejarah Perkembangan Komunikasi Daring

  • Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadiInternet.
  • Komunikasi daring menjadi mungkin dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an, setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi atau PC(personal computer). Latar belakang komunikasidaring dalam pembelajaran dan penelitian dapat dibagimenjadi dua periode yang berbeda, ditandai oleh komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980-an dan munculnya world wide web pada pertengahan1990-an.

Keunggulan Komunikasi Daring

  1. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja dengansyarat terkoneksi dengan jaringan internet
  2. Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional.
  3. Efisiensi waktu
  4. Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya
  5. Meningkatkan intensitas berkomunikasi
  6. Meningkatkan partisipasi, dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orangyang dapat berpartisipasi dalam diskusi.
Baca Juga :  Apa Itu Magang

Kelemahan Komunikasi Daring

  1. Tidak mewakili emosi pengguna: intonasibicara, raut muka, gerakantubuh,merupakan hal yang relatif sulit untukdipahami melalui komunikasi  daring.
  2. Memerlukan perangkat khusus, sepertiadanya hardware, software.
  3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting
  4. Menyita konsentrasi

Jenis Komunikasi Daring


Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi dalam jaringan sinkron adalah sebuah komunikasi yang sering kali memakai komputer sebagai medianya yang terjadi secara bersamaan, waktu nyata.

Contohnya Komunikasi Sinkron adalah sebagai berikut:

  • Video chat

Video chat adalah sebuah teknologi untuk bisa melakukan interaksi audio maupun video secara real time yang diantara antara pengguna di lokasi yang tentunya berbeda. Video chat bisa dilakukan point-to-point (satu-satu) seperti Skype,ataupun interaksi multipoint (satu ke banyak atau banyak ke banyak) Contohnya Google+ Hangouts.

  • Teks chat

Teks chat ialah sebuah fitur, program, ataupun aplikasi dalam jaringain internet untuk bisa berkomunikasi atau juga bersosialisasi langsung sesama pengguna internet yang sedang daring.


Komunikasi daring asinkron

Komunikasi dalam Jaringan Ssinkron adalah sebuah komunikasi memakai perangkat komputer ataupun perangkat lain yang dilakukan secara “tunda”. Contohnya :forum, email, rekaman simulasi visual, serta bisa membaca atau menulis dokumen daring melalui World Wide Web.


Komponen Pendukung Komunikasi Daring


  • Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat yang bentuknya Bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung. Contohnya perangkat keras yang perlu ada dalam pelaksanaan komunikasi daring diantaranya adalah komputer, headset, mikrofon, serta perangkat pendukung koneksi internet.


  • Komponen perangkat lunak (software)

Program komputer yang sangat berguna untuk menjalankan sebuah pekerjaan yang akan dikehendaki. Software tersebut sangat diperlukan sebagai jembatan antara brainware atau hardware. Program-program yang biasanya dipakai dalam komunikasi daring seperti sky, google+ hangout, webconference, dsb.


  • Komponen perangkat akal atau nalar (brainware)

Brainware adalah sebuah manusia yang akan terlibat dalam pemakaian dan pengaturan perangkat lunak maupun perangkat keras untuk bisa melaksanakan komunikasi daring.


Tujuan Komunikasi Daring

  • Untuk bisa Berbagi Sumber Daya.
  • Media komunikasi.
  • Integrasi data.
  • Keamanan data.
  • Efisiensi Tenaga.
  • Efisiensi Waktu.
  • Efisiensi Biaya.

Fungsi Komunikasi Dalam Jaringan

  1. Sebagai informasi,  Komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif. 
  2. Sebagai kendali,Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
  3. Sebagai motivasi,  Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
  4. Pengungkap emosional  Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari
Baca Juga :  Muspika

Komponen Pendukung Komunikasi Dalam Jaringan

Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut: 

  • Komponen perangkat keras (hardware)Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet.
  • Komponen perangkat lunak (software)Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: skype, google+ hangout, webconference, dll.
  • Komponen perangkat nalar atau akal (brainware) Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

Bentuk Komunikasi Dalam Jaringan

Komunikasi daring tak serempak atau komunikasi asinkronadalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website.Di dalam buku ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk dapat mengakses layanan tersebut.

E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan Internet. Kelebihan e-maildibandingkan surat biasa.

  • e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat
  • e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
  • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet
  • Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.
Baca Juga :  Komposisi Penduduk

E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh E-mail Gratis adalah : Yahoo! mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.

E-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar untuk berlangganan e-maildengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya.

Salah satu penyedia layanan email tidak berbayar adalah Gmail. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.

  • Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus-menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah.
  • Mempunyai fasilitas pencarian (search) untuk membantu proses pencarian
  • E-mailtertentu dalam penampungan e-mail Anda.
  • Mendapatkan akses aplikasi Google lainnya, antara lain:

Google Drive

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuka lampiran dokumen secara langsung tanpa mengunduh terlebih dahulu.

Google Talk

Memungkinkan sesama pengguna Gmail untuk berkomunikasi secara sinkron.

Google Calendar

Memungkinkan Anda untuk mengagendakan berbagai kegiatan.

Mendapatkan layanan POP dan Forwarding

POP (Post Office Protocol) adalah layanan untuk mengunduh e-mail dari Gmail ke komputer pribadi sehingga dapat Anda baca secara luring (offline).

Forwarding adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang masuk ke Gmail ke e-mail lain secara otomatis.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang Pengertian Komunikasi Daring : Definisi, Sejarah Perkembangan, Keunggulan, Kelemahan, Jenis, Komponen Pendukung, Tujuan, Fungsi dan Bentuknya, semoga bermanfaat