√ Hubungan Bilateral Beserta Contohnya

Diposting pada

sebagai salah satu negara merdeka didunia, indonesia berhak mengadkan hubungan dengan negara-negara lain di dunia sebagai satu bentuk peran serta indonesia dalam pergaulan dunia. Hubungan itu bisa kita sebut dengan hubungan internasional. Terdapat dua jenis hubungan internasional yang kita kenal selama ini, diatanya yaitu hubungan bilateral dan juga hubungan multilateral. Yang dimaksud dengan hubungan bilateral ialah hubungan yang dilakukan di antara dua negara untuk mencapat suatu tujuan tertentu.

√ Hubungan Bilateral Beserta Contohnya

Contoh hubungan bilateral indonesia

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari hubungan bilateral indonesia:

  1. Hubungan bilateral indonesia dan amerika serikat

Ekrja sama antara indonesia dan damirika sejatinya telah lama terjadi bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan indoneisa pada tahun 1945. Hubungan diplomatik diantara keduanya ditandai dengan dibukanya kedutaan besar pada masing-masing negara tersebut. Hubungan bilateral yang terjadi pun terdapat pada berbagai bidan, entah itu bidang perdagangan, investas, wisata, pembangunan, pendidikan, dan yang lainnya. Hubungan bilaterral yang paling diingat antara indonesia dan AS ialah ketika kedua engara ini meluncurkan indonesia US comprehensive  partnership pada tahun 2010.

  1. Hubungan bilateral indonesia dan arab saudi

Indonesia adalah neraga dengan pendudukan muslim terbesar di dunia. Hal ini menjadikan indonesia harus mempunyai hubungan bileteral yang baik dengan negara arab saudi. Mengan begitu? Hal ini dikarenakan salah satu kewajiban dari umat muslim ialah pergi melaksanakan ibadah haji yang hanya bisa dilakukan di negara arab saudi.

  1. Hubungan bilateral indonesia ingris

Inggirs adalah slah satu negara monarki di benua eropa. Hubungan kerja sama bilateral antara indonesia dan inggris banyak terjadi di dalam bidang pendidikan dan juga ekonomi. Pada bidang pendidikan yaitu dengan benyaknya pertukaran pelajar diantara kedua negara ini. Pada bidang ekonomi sendiri, inggris dan indonesia mempunyai banyak kegiatan ekspos dan impor.

Contoh hubungan multilateral indonesia

Selain mempunyai hubungan bilateral, indonesia membutuhakan adanya hubungan multilateral untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasiolnal. Dibawah ini adalah beberapa contoh hubungan multilateral indonesia dalam pergaulan internasional

  1. Perserikatan bangsa-bangsa (PBB)

Indonesia bergabung menjadi enggota resmi PBB pada tanggal 28 september 1950 sebagai anggota ke-60. Keterlibatan indonesia oleh para anggotanya.  Indonesia banyak terlibat di dalam kegiatan PBB. Contoh peran indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB salah satunya ialah membentuk konttingen garuda untuk membantu tegaknya erdamaian di berbagai belahan dunia, yaitu dengan bergabung dalam pasukan penjaga perdamian PBB.

  1. Organisasi kerja sama islam (OKI)

Oki ialah organisasi internasional yang banyak bergerak di bidang kerjasama negera-negara dengan penduduk islam terbsar di dunia. Latar belakang dari berdirinya organisasi ini yaitu terjadi nya pembakaran tepat suci umat islam di masijid Al-Aqsa pada 21 agustus 1969 oleh para fanatik yahudi dan kristen di yerusalem, palestina.

  1. Sia pasific economic community (APEC)

Salah satu indikator kemajuan suatu negara adalah kemajuan pembangunan pada sektor ekonomi negara tersebut. Indonesia sebagai salah satu negara yang merdeka di dunia tentunya juga harus membangun perekonomian negara ini agar kesejahteraan rakyat indonesia meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan indonesia dalam bidang ini adalah mengadakan hubungan multitaleral dengan negara-negara dikawasan asia pasifik dalam lingkup APEC.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Hubungan Bilateral Beserta Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Hambatan Dalam Penegakan Ham : Kondisi Geografis
Baca Juga :  √ Hakikat PKN : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya
Baca Juga :  √ Pengertian Berdaulat : Sifat, Berdasarikan Keuar dan Dalam
Baca Juga :  √ Fungsi LSM: Pengertian, Ciri, Macam, Fungsinya