Permainan Anak SD

Diposting pada

Pengertian Permainan

Olahraga adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh jasmani. Selain menyehatkan orahraga juga bisa melatih kebersamaan, membuat para pemainnya lebih bagia dan mampu memupuk kekompakan dalam sebuah team. Ada berbagai jenis olah raga salah satunya ialah permainan olahraga. Khusunya untuk anak SD pastinya membutuhkan daya kreatif yang tinggi ini agar mampu menciptakan sebuah permainan yang menyenangkan. Anak umumnya menyukai permainan yang tidak berat akan tetapi dapat melatih kekompkakan, daya kreatif dan kelincahan. Berikut ini ialah beberapa macam jenis permainan olehraga untuk anak sekolah dasar

Permainan Anak SD

Jenis Permainan Anak SD


Permainan Tanpa Alat

Kali inni permainan akan di dalakukan tanpa alat. Salah satu syarat nya ialah hanya membutuhkan sebuah team agar mampu menciptakan suasana yang menyenangkan.


  1. Permainan ganjil genap

Langkah-langkah yang harus dilakukan ialah sebagai berikut ini:

Mnyusuh siswa dan juga siswi untuk berbaris lalu membai menjadi dua barisan, lalu setelah itu menyusuh seluruh barisan yang pertama agar membentuk sebuah lingkaran.

Kemudian untuk barisan yang kedua membentuk barisan berikutnya mengikuti barisan yang pertama tadi.

Guru ininya menjelaskan jika pembina menyebutkan angka ganjil nantinya siswa harus melompat dua kali ke arah depan. Akan etapi apabila angka yang disebut genap, maka siswa tidak boleh bergerak

Pembina menyuruh barisan pertama untuk berhadapat ke belakang, sedangkan untuk barisan kedua tetap berhadapa-hadapan. Hal ini untuk menghindari bentrokan antar siswa.

Jika nanti  barisan kedua merapat, pembina akan menyuruh untuk berganti posisi. Barisan yang pertama tadi harus salaing berhadapan, sedangkan untuk baris yang kedua harus hadap ke belakang.

Jika pembina nantinya telah menyebut angka ganjil dan genap, akan etapi siswa yang tidak berkonsentrasi maka siswa harus maju ketengah lingkaran.

Setlah permainan dala permainan akan dikenai hukuman oleh pembina.


  1. Permainan dalam mencari kelompok

Langkah yang akan dilakukan dalam permainan ini ialah sebagai berikut;

Pembina akan menyuruh siswa berlari untuk mengelilingi lapangan

Dan nantinya pembina akan menyebutkan angka 1hingga 10, jika pembina menyebut angka 6 maka siswa harus mencari kelompok sebanyak 6 siswa.

Bagi kelompok yang salah (lebih/kurang) kelompok tersebut akan mendapatkan hukungan dai pembina.


  1. Permainan kucing dan anjing

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan permainan ini

Pembina menyuruh siswa untuk berbaris menjadi 3 barisan. Lalu baris yang pertama membentuk sebuah lingkaran. Untuk barisan yang ke dua dan ke tiga harus mengikuti dan juga berdiri di belakang barisan yang pertama dan membentuk lingkaran juga.

Nantinya anjing akan mengejar kucing, jika kucing capek untuk berlari, maka siswa yang menjadi kucing akan berhenti pada barisan lailn.

Baca Juga :  Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Anjing nantinya akan mengejar siswa yang berada di barisan paling belakang dimana kucing tersebu berhenti.

Jika kucing tersebut berhasil di tangkap maka orang semula jadi kucing harus lah berganti posisi menjadi anjing dan akan mengejar mangsa yang selanjutnya.

Lalu melakukan pergantian posisi, sang kucing tidak lagi berhenti di lapangan barisan akan tetapi harus berhenti dibelakang barisan. Nantinya sang anjing harus berlari mengejar kucing yag ada di barisan paling depat.


Permainan Dengan Menggunakan Alat

Berikut ini beberapa permainan anak SD yang mengguakan alat


  1. Permaiann olahraga bola estafet

Langkah yang harus dilakukan ialah sebagai berikut ini;

Siswa harus menyediakan 2 bola

Siswa harus membuat dua barisan yang dibagai menjadi dua kelompok

Siswa nantinya akan mengatur jarak untuk masing baringan

Setiap kelompok nantinya akan diberikan 1 bola, untuk permainan yang pertama dilakukan dengan mengopore bola memalui samping kanan dan juga kaki nantinya tidak boleh bergerak sedikit pun saat mengopor bola, bada akan langsung menghadap ke arah belakang seelah bola tepat dibelakang, bola nantinya akan dioper ke depan dan membalikan badan seelah mampu mengeoper bola.

Permainan tersu dilakaukan hingga guru meniup peluit.

Ketika peluit ditiup, bola yang lebih cepat sampai itulah nanti yang akan jadi pemenangnya.


  1. Permainan olehraga pass dan run

Berikut ini ialah beberapa langkah yang harus dilakukan di permainan ini;

Pebina membagi 2 kelompok. Lama permainan sekitar 10 menit untuk bermain.

Saat nantinya bola dilempar, siapa yang lebih cepat mengambil bola bisa mengoper  bolanya langsung ke temannya sendiri (kelompok), akan tetapi bagi siswa yang memegang bola tidak di perbolehkan untuk melangkah lebih dari 3 kali ketika akan mengoper bola.

Setelah itu kelompok lawan harus mengejar dan juga merbut bola dari kelompok musuh untuk memegang bola dan memasukan kembali ke gawang musuh

Salah satu cara untuk memasukan bola ke gawang lawan,, orang yang telah mememgang bola harus lam mampu melopati garis gawang tetapi dengan syarat tidak diperbolehkann lebih dari 3 langkah.

Jika waktu yang dilakukan telah habis, nantinya yang kalah akan mendapatkan hukuman squeat jump 10 kali.


Macam Contoh Permainan Anak SD


Permainan Tupai melawan Ular

Langkah yang harus di lakukan adalah :

  • Pembina nantinya akan membagi siswa siswa kedalam 2 kelompok A dan B.
  • Siswa akan diminta untuk berbaris dalam bentuk saf dan saling berpegangan pinggul kepada temannya.
  • Siswa yang berada di barisan paling depan adalah kepala ular yang melindungi ekor ular ( siswa yang berada barisan paling belakang agar nanti tidak dapat dijangkau oleh tupai.
  • Masing – masing kelompok nantinya harus menjadi tupai dengan cara tupai yang berada di grup A harus menangkap ular yang di grub B , demikian sebaliknya tu[ai yang berada di grup B harus menangkap ular yang berada di grup A.
  • Peserta yang akan menjadi se ekor tupai nantinya akan menjangkau ekor ular sebanyak mungkin di dapat . Kepala ular harus menjag ekor ular yang ada di belakang.
  • Bagi siswa yang kalah akan dikenakan hukuman squat jump 5 kali.

Permainan Lari Estafet

Langkah yang harus dilakukan :

  • Pembina akan menyuruh siswa untuk membagi dalam 2 syaf dan 2 kelompok. Setelah itu mengatur garis pada lapangan .
  • Untuk orang yang berada di grup A dan B nantinya akan dihadapkan saling membelakangi , setelah itu mereka akan berlari ke pojok ( Grup A menuju arah selatan dan Grub B menuju arah utara ). Setelah sampai berada di tengah garis lapangan , nantinya akan lari ke depan ke arah barat.
  • Pelari nantinya akan berdiri di garis start menunggu giliran berlari. Langkah ini akan di ikuti pelari selanjutnya sampai pelari yang terakhir.
  • Pelari pertama sesampai di garis start, Selanjutnya pelari pertama akan saling toss terlebih dahulu kepada orang yang menunggu giliran berlari. Kemudian pelari selanjutnya juga harus berlari dengan cara yang sama seperti pelari selanjutnya.
  • Pelari yang lebih cepat sampai di garis finish , maka kelompok itulah yang nanti jadi pemenangnya.
  • Permainan ini harus di lakukan semua anak dan orang yang lebih cepat sampai di garis start , mka itulah pemenangnya. Tapi bila ada salah satu kelompok yang melakukan kecurangan dengan tidak menaati aturan , maka kelompok tersebut akan mendapatkan sebuah hukuman.
  • Bagi kelompok yang kalah akan di hukun squat jump sebanyak 5 kali.
Baca Juga :  Jenis Perangkat Pembelajaran

Permainan Lampu Lalu Lintas

Langkah yang harus dilakukan :

  • Masing – masing siswa nantunya harus mengatur jarak .
  • Jika pemandu berteriak “merah” maka nanti semua siswa harus berlari dan tidak boleh bergerak satu pun.
  • Jika pemandu berteriak “hijau” maka nanti semua siswa harus berlari dan berhenti sampai ada aba – apa peluit .
  • Jika pemandu berteriak dengan berkata lalu lintas “ macet “ maka nanti siswa harus merangkak selambat mungkin dan berlari sekencangnya sampai terdengar bunyi peluit.
  • Bila ada siswa yang salah dalam melakukan gerakan maka akan mendapatkan hukuman berupa squat jump sebanyak 5 kali.

Permainan Satu, Dua, Tiga

Langkah yang di lakukan dalam permainan :

  • Siswa nantinya akan diminta untuk membuat sebuah lingkaran yang besar.
  • Siswa harus berputas sambil bernyanyi “ disini senang”
  • Setelah ada sebuah aba – aba dari seorang pemandu, misalnya dengan menyebut angka “ 3 ” nantinya siswa harus berkumpul untuk membuat kelompok sebanyak 3 orang. Namun jika seorang pemandu menyebut angka “ 3 setengah “ maka siswa harus membuat kelompok dengan anggota yang berjumlah 4 orang, akan tetapi harus ada 1 siswa yang jongkok karena jongkok akan dihitung setengah.
  • Hal ini dilakukan sampai permainan berakhir, bila ada siswa yang tidak mendapatkan kelompok akan mendapatkan hukuman squat jump sebanyak 5 kali.

Permainan dengan Notasi Angka

Langkah yang harus dilakukan :

  • siswa harus berpisah di dalam lapangan.
  • Pemandu akan membunyikan sebuah aba – aba dan menyebut sebuah angka “ satu “ berarti nantinya siswa harus berdiri dan tidak di perbolehkan bergerak.
  • Bila siswa menyebut angka “ dua “ maka siswa harus mampu mengucap “ Do”
  • Bila siswa menyebut angka “ tiga “ maka siswa harus mampu mengucap “ Re”
  • Begitu seterusnya . Jika di ketahui ada siswa yang salah mengucapkan notasi maka akan mendapatkan hukuman brupa squat jump sebanyak 5 kali.
Baca Juga :  √Magma: Pengertian, Proses, Jenis, Komposisi, Pergerakan

Permainan Kucing dan Tikus

Langkah Yang Harus dilakukan dalam permainan :

  • Siswa akan di minat untuk membuat sebuah lingkaran besar dan saling bergandeng tangan
  • Pemandu akan memilih dua orang untuk menjadi kucing dan 1 orang untuk menjadi tikus.
  • Tikus nantinya harus berada di dalam lingkaran, sedangkan 2 kucing lainnya akan berada di luar lingkaran.
  • Ketika ada sebuah aba – aba mulai dari 2 kucing yang mengejar tikus, bila kucing ingin masuk ke dalam lingkaran , nantinya anak – anak akan menghalangi dan menjadi pagar pembatas dalam permainan.
  • Bila salah satu kucing dapat menjangkau tikus, maka tikus harus berganti posisi menjadi kucing.
  • Jika sang tikus merasa lelah bisa menepuk punggung temannya secara otomatis temannya akan langsung menjadi tikus.
  • Permainan Lingkaran Mahkota
  • Pemandu menyuruh siswa untuk membentuk sebuah lingkaran besar
  • Kemudian membuat gambar lengkaran yang berada di tengah – tengah siswa. Dimulai dengan menggambar lingkaran besar kemudian ditambah lingkaran kecil di dalamnya.
  • Lalu anak – anak nantinya harus berbaris dan membentuk sebuah lingkaran yang besar, sambil berjalan dan menyanyikan lagu yang gembira di ikuti dengan tepuk tangan . Ketika guru meniup sebuah peluit semua siswa harus ke dalam lapangan.
  • Anak – anak yang berada di dalam lingkaran adalah pemenangnya
  • Permainan terus berlanjut sampai ke lingkaran kecil. Bagi anak – anak yang kalah akan mendapat hukuman squat jump sebanyak 5 kali .

Permainan Dengan Membebaskan Tawanan

  • Membuat garis yang akan membagi ruangan menjadi dua ruangan
  • Guru nantinya akan menunjuk dua orang anak yang berperan sebagai penjaga dan tiga orang anak berperan menjadi tentara.
  • Selanjutnya tentara harus berbaris sejajar yang menempati ruangan pertama dekat dengan garis pembatas, sedangkan untuk penjaga yang menempati sebuah ruang pertama akan dekat dengan garis pemisah antara ruang yang pertama dan ruang yang kedua.
  • Siswa lainnya akan menjadi tawanan yang akan masuk ke dalam ruangan yang kedua.
  • Kemudian guru akan membunyikan sebuah peluit , maka tentara nantinya akan berusaha masuk untuk membebaskan tawanan dengan membawa tawanan keluar dari ruang yang kedua.
  • Tentara nantinya dikatakan selamat jika tidak tersentuh oleh sang penjaga dan akan selamat keluar dengan membawa beberapa tawanan agar bisa keluar dari ruang yang kedua.
  • Bila nantinya tentara tersebut tidak tersentuh penjaga sewaktu masuk dan keluar dari ruangan yang kedua maka tawanan dapat menjadi tawanan tentara. Sehingga nantinya tentara akan kian bertambah. Sebaliknya bila harus masuk ke ruang yang kedua dan kembali lgi ke ruang yang pertama tersentuh nantinya tentara tersebut yang akan menjadi tawanannya.

Guru akan menunjuk siswa agar menjadi tentara sehingga nantinya tentara yang tersisa sekurang – kurangnya hanya lebih dari satu di bandingkan penjaga lainnya.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Permainan Anak SD : Macam, Contoh, Jenis, Pengertian, Tanpa Alat, Dengan Menggunakan Alat, semoga artikel ini bermanfaat.