Gurun Terluas Di Cina

Diposting pada

Pengertian gurun

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gurun diartikan sebagai padang luas yg tandus, atau padang pasir.
Dalam pengertian lain juga disebutkan gurun yaitu suatu daerah dimana curah hujannya sangat kecil yaitu kurang dari 250mm/tahun,sifat udaranya kering dan hampir tidak ada tumbuh-tumbuhan yang hidup.Gurun disebut juga daratan kering, karena klasifikasi gurun berdasarkan tingkat kekeringan di suatu wilayah.Hampir seperempat permukaan bumi daratan merupakan daerah gurun dengan temperatur yang dapat melebihi 55 derajat Celcius pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari.

gurun


Proses Terbentuknya Gurun

Udara hangat mengalir dari Khatulistiwa ke daerah Tropis, udara akan naik dan mendingin. Saat dingin, udara melepaskan kelembabannya berupa hujan. Pada saat mencapai daerah Tropis, udara mulai turun ke arah tanah dan memanas lagi. Udara hangat ini menyerap semua kelembaban dari tanah di bawahnya, sehingga menjadi kering dan terjadilah Gurun kering.

Selain itu, kebanyakan, pembentukan permukaan gurun disebabkan oleh air. Hujan yang turun di daerah gurun biasanya sangat deras, sehingga tanah yang kering dan keras tidak bisa menyerap air. Air tersebut akhirnya terus mengalir deras menuruni lereng, menjadi banjir. Air tersebut memahat lereng lembah curam yang dikenal dengan nama “Wadis”. Batu-batuan raksasa dan batu kali hanyut dari lembah ke dataran gurun. Batuan yang berada dipermukaan gurun terkena panas di siang hari dan malam hari menjadi dingin. Pemanasan dan pendinginan ini lama kelamaan akan merapuhkan batu dan akhirnya pecah menjadi pasir-pasir.

Baca Juga :  Gurun Terluas Di Asia

Sejarah, Letak dan Suhu Di Gurun China

Menurut penelitian terakhir para ilmuwan Tiongkok, padang pasir terluas di Tiongkok, Gurun Pasir Taklimakan di Xinjiang, terbentuk sekurang-kurangnya 5,3 juta tahun yang lalu. Gurun Pasir Taklimakan juga merupakan gurun pasir kedua terbesar di dunia setelah Gurun Pasir Sahara di Afrika. Luas totalnya adalah 209.216 mil persegi, kira-kira seluas pulau Selandia Baru (New Zealand).

Menurut berbagai laporan media dari daratan Tiongkok, peneliti Sun Jimin dari Institut Geologi dan Geofisika, Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok menemukan suatu lapisan Cenozoic ketika sedang melakukan penelitian di Kabupaten Pishan, dekat barisan pegunungan Kunlun. Penemuan baru tersebut memberikan bukti langsung tentang usia Gurun Pasir Taklimakan.

Menurut Sun, Lapisan Cenozoic (zaman Mamalia; 50-an juta tahun yang lalu) tersebut terletak di bagian barat daya Gurun Pasir Taklimakan. Lapisan ini memiliki sejumlah besar tanah kuning yang terbawa oleh angin. Dengan menggunakan metode penanggalan paleomagnetis, ia menyimpulkan bahwa tanah kuning yang tertua di dalam Lapisan Cenozoic itu memiliki sejarah paling sedikit 5,3 juta tahun.
Penemuan ini membuat ‘usia’ Gurun Pasir Taklimakan 1,8 juta tahun lebih tua dari perkiraan sebelumnya yaitu 3,5 juta tahun oleh para ilmuwan Tiongkok beberapa tahun lalu.

Sun mengatakan bahwa sample dari lokasi berbeda berpengaruh terhadap perbedaan dalam penanggalan umur.
Di tahun 2002, Zhen Hongbo dan rekan-rekannya dari Universitas Tongji menemukan Lapisan Sedimen Aeolian (batu endapan karena pasir yang terhembus angin) di Kabupaten Yecheng, sekitar 50 mil dari Kabupaten Pishan. Dari penemuan ini, mereka menarik kesimpulan bahwa Gurun Pasir Taklimakan telah memiliki sejarah paling sedikit 3,5 juta tahun. (CNA/The Epoch Times)

Baca Juga :  Musim

Gurun Gobi

Gobi adalah sebuah kawasan gurun yang sangat besar di Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia.
Cekungan padang pasir Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altai serta padang rumput Mongolia di sebelah utara, oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya , dan oleh dataran Cina Utara di sebelah tenggara. Dalam Bahasa Mongolia, kata Gobi berarti “sangat besar dan kering”.

Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia.
Gobi tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol, dan merupakan lokasi dari beberapa kota penting sepanjang Jalur Sutra.

RRC ialah negara terbesar ke-4 di dunia dan dan mencakup daratan yang luas. Di timur, bersama dengan pantai Laut Kuning dan Laut Cina Timur, ditemukan luas dan padat yang ditempati lapangan tanah baru; pesisir Laut Cina Selatan lebih bergunung-gunung dan Cina bagian selatan didominasi daerah berbukit dan jajaran gunung yang lebih rendah. Di bagian tengah timur ditemukan delta 2 sungai utama Cina, Huang He dan Chang Jiang. Sungai-sungai utama lainnya ialah Xi Jiang, Mekong, Brahmaputra dan Amur.

Ke barat, jajaran gunung yang utama, khususnya Himalaya dengan titik tertinggi di Cina Gunung Everest, dan ciri-ciri plato tinggi di antara bentang daratan yang lebih kering dari gurun seperti Takla-Makan dan Gurun Gobi. Sebab kemarau panjang dan barangkali pertanian yang rendah membuat badai debu telah menjadi biasa dalam musim semi di Cina.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Cina, Gurun Gobi telah dikembangkan dan merupakan sumber utama badai debu yang memengaruhi Cina dan bagian Asia Timur Laut lainnya seperti Korea dan Jepang. Pasir dari kawasan utara telah dilaporkan sampai ke pantai barat Amerika Serikat. Pengurusan air sungai (seperti penbuangan sisa tinja, pencemaran oleh kilang, dan ekstraksi air untuk irigasi dan minuman) dan penyusutan tanah bukit telah mengakibatkan dampak buruk pada negara lain.

Baca Juga :  Danau Terbesar Di Benua Amerika

Gurun Thar


  • Cara Hidu Di Gurun Thar

  1. dikenali sebagai gurun besar India yang terletak di Barat Laut India.
  2. menganjur dari Punjab di utara India ke bahagian Tenggara Pakistan yang dikenali sebagai Cholistan
  3. meliputi satu kawasan seluas 44600 km yang terletak di zon panas dunia
  4. menerima hujan kurang daripada 250mm
  5. mengalami minimum suhu 8 selsius – 28 selsius semasa musim sejuk
  6. min suhu mencecah sehingga 45 selsius pada musim panas (mei/jun)
  7. hidup berpindah-randah barsama ternakan untuk mencari air minuman
  8. tinggal di dalam khemah untuk menyesuaikan diri dengan cara hidup mereka
  9. membina kundis /kunds untuk menakung air

Manfaat Gurun

  1. Sektor perkebunan contohnya perkebunan kurma dan kaktus hias
  2. Sektor peternakan contohnya dapat dibangun peternakan unta
  3. Sektor pariwisata contohnya tur keliling gurun pasir (orang -orang yg belum pernah merasakan gurun pasir dapat berwisata disana)
  4. Menjadi sarana olahraga contohnya balapan kuda, balapan unta, dan lain-lain
  5. Dapat dijadikan lokasi syuting film bertema Arabic dan lain-lain.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Gurun Terluas Di Cina Adalah : Pengertian, Proses Terbentuknya, Manfaat, Sejarah, suhu, Letak, Gobi, thar, semoga artikel ini bermanfat bagi anda semuanya.