Gigi

Diposting pada
Gigi

Pengertian Gigi

Gigi merupakan organ sistem pencernaan yang ada di dalam rongga mulut. Gigi masuk dalam alat pencernaan mekanik sebab berfungsi guna memotong, merobek, serta mengunyah makanan sebelum makanan tersebut masuk ke bagian pencernaan selanjutnya. Gigi mempunyai struktur padat dan keras untuk menjalankan fungsinya dengan baik.


Bagian-bagian Gigi


  • Mahkota Gigi (Puncak)

Mahkota gigi adalah bagian yang tampak dari luar. Lapisan tersebut terlihat berwarna putih sebab dilapisi oleh struktur yang disebut email gigi. Masing – masing jenis gigi mempunyai bentuk mahkota yang bervariasi.


  • Leher Gigi (Colum)

Leher atau colum gigi adalah bagian yang sudah tertanam ke dalam gusi. Bagian tersebut adalah pembatas antara mahkota dengan akar gigi.


  • Akar Gigi

Akar gigi adalah bagian yang tertanam di dalam rahang (lihat gambar) sehingga tidak terlihat dari luar. Manusia mempunyai beberapa jenis gigi, setiap jenis gigi bisa memiliki jumlah akar yang berbeda, ada yang mempunyai 2 akar adapula yang mempunyai 3 akar.


Jenis-jenis Gigi


Berdasarkan bentuk dan fungsinya


  • Gigi Seri (Dentis Insisivus)

Gigi seri adalah gigi yang berfungsi guna memotong atau mengerat makanan. Gigi seri berbentuk tegak dengan ujung mahkota giginya yang berbentuk garis horizontal mirip sekop tanah. Gigi seri ada pada bagian depan lidah dan hanya mempunyai satu buah akar. Manusia dewasa mempunyai 4 buah gigi seri, 2 di rahang bawah, serta 2 di rahang atas.

gigi seri


  • Gigi Taring (Dentis Kaninus)

Gigi Taring merupakan gigi yang berfungsi guna merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring bentukny tegak dengan ujung yang tajam. Gigi taring ada berdampingan dengan gigi seri. Gigi taring pada manusia dewasa berjumlah 4 buah, 2 ada di rahang bawah dan 2 lainnya ada di rahang atas.

Baca Juga :  Hubungan Bilateral

gigi taring


  • Gigi Geraham Depan (Pramolar)

Gigi Geraham depan berfungsi guna menggiling, menggilas serta mengunyah makanan. Gigi Pramolar tersebut berbentuk tegak agak lebar serta rendah dibandingkan dua jenis gigi diatas. Gigi pramolar mempunyai beberapa tonjolan di mahkotanya. Gigi geraham depan mempunyai 2 buah akar. Pada manusia dewasa ada 8 buah gigi geraham depan yakni 4 di rahang bawah dan 4 di rahang atas.

gigi geraham


  • Gigi Geraham Belakang (Molar)

Gigi Geraham belakang berfungsi guna menggilas, melumat, menghancurkan serta menghaluskan makanan. Gigi Molar berbentuk sama dengan gigi pramolar dengan beberapa tonjolan pada mahkotanya. Kebanyakan gigi molar mempunyai tiga akar, tapi ada juga yang hanya mempunyai 2 buah akar. Manusia dewasa mempunyai 12 buah gigi molar, yakni 6 buah di rahang atas serta 6 lainnya di rahang bawah.

gigi geraham molar

Jenis Gigi Berdasarkan Usia Giginya


  • Gigi Susu

Gigi susu adalah gigi yang tumbuh pada manusia ketika kita berusia sekitar 6 bulan. Gigi yang biasanya tumbuh pertama kali ialah gigi seri yang ada pada bagian tengah gigi. Seiring bertambahnya usia manusia, gigi susu tersebut akan tanggal satu persatu serta digantikan dengan gigi permanen. Biasanya gigi mulai tanggal ketika anak berusia 4 – 6 tahun. Secara keseluruhan gigi susu berjumlah 20 buah, yakni 8 buah gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi premolar.


  • Gigi Permanen

Gigi permanen merupakan gigi yang menggantikan gigi susu yang tanggal serta akan menjadi gigi untuk seumur hidup. Gigi permanen tak akan tanggal dengan sendirinya, kecuali terjadi keabnormalan. Jumlah gigi permanen secara keseluruhan ialah 32 buah, yakni 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi premolar serta 12 gigi molar.


Morfologi Gigi


Morfologi Gigi Anterior

  1. Insisivus Sentralis Atas
  2. Insisivus Lateralis Atas
  3. Caninus Atas
  4. Insisivus Sentralis Bawah
  5. Insisivus Lateralis Bawah
  6. Caninus Bawah

Morfologi Gigi Posterior

  1. Premolar Pertama Atas
  2. Premolar Kedua Atas
  3. Molar Pertama Atas
  4. Molar Kedua Atas
  5. Molar Ketiga Atas
  6. Premolar Pertama Bawah
  7. Premolar Kedua Bawah
  8. Molar Pertama Bawah
  9. Molar Kedua Bawah
  10. Molar Ketiga Bawah
Baca Juga :  Daun Sejajar

Struktur Gigi


  • Ligamen Periodontal

Struktur jaringan ikat yang melekat pada akar gigi serta melekat ke tulang. Ligamentum periodontal akan berlanjut dengan jaringan gingiva (gusi) serta berhubungan dengan ruang pembuluh darah yang ada pada tulang.


  • Oral Mukosa

Rongga mulut yang dilapisi sel epitel gepeng berlapis. Oral mukosa mempunyai fungsi utama yaitu melindungi jaringan atau organ lain yang ada dalam rongga mulut.


  • Gingiva (Gusi)

Mukosa mulut yang menutupi tulang maksila serta mandiula di dalam rongga mulut. Jaringan gingiva tersebut sendiri sebenarnya berwarna transparan, warna merah terbentuk karena ada banyak pembuluh darah di bagian tersebut. Fungsi gusi ialah guna melindungi akar gigi serta jaringan sekitar akar gigi.


  • Saraf dan pembuluh darah

Seperti pada organ lainnya, di sekitar gigi ada pembuluh saraf dan pembuluh darah. Pembuluh saraf berfungsi guna menerima dan memberikan rangsangan, sementara pembuluh darah berfungsi guna memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh struktur di sekitarnya.


Pengertian Pencabutan Gigi

Pencabutan gigi merupakan suatu proses pengeluaran gigi dari alveolus, dimana pada gigi tersebut sudah tidak dapat dilakukan perawatan lagi. Definisi pencabutan gigi yang ideal adalah pencabutan tanpa rasa sakit satu gigi utuh atau akar gigi dengan trauma minimal terhadap jaringan pendukung gigi, sehingga bekas pencabutan dapat sembuh dengan sempurna dan tidak terdapat masalah prostetik di masa mendatang.

Pencabutan gigi merupakan tindakan yang sangat kompleks yang melibatkan struktur tulang, jaringan lunak dalam rongga mulut serta keseluruhan bagian tubuh. Ekstraksi gigi adalah suatu tindakan bedah pencabutan gigi dari socket gigi dengan alat-alat ekstraksi. Selalu diingat bahwa gigi bukanlah “ditarik” melainkan dicabut dengan hati-hati. Tujuan dari ekstraksi gigi harus diambil untuk alasan terapeutik atau kuratif.


Jaringan Pendukung Gigi


  • Sementum

Sementum bagian dari jaringan gigi dan termasuk juga bagian dari jaringan periodontium karena menghubungkan gig dengan tulang rahang dengan jaringan yang terdapat di selaput periodontal.
Bila ada rangsangan yang kuat pada gigi maka akan terjadi resorpsi/penyerapan sel-sel sementum pada sisi yang terkena rangsangan dan pada sisi lainnya akan terbentuk jaringan sementum baru. Pembentukan sementum yang baru kearah luar.

Baca Juga :  Penyebab Terjadinya Inflasi Dalam Suatu Negara

  • Gingiva

Gingiva adalah bagian mukosa mulut yg mengelilingi gigi dan menutupi ridge alveolar. Secara anatomi, gingiva dibagi atas tiga daerah :

  1. Marginal gingiva (unattached gingiva), merupakan bagian gingiva yang mengelilingi gigi seperti kerah baju dan tidak melekat langsung pada gigi, biasa juga disebut juga dengan free gingiva
  2. Attached gingiva merupakan lanjutan dari marginal gingival dan disebut juga mukosa fungsional.
  3. Interdental gingival, merupakan bagian gingival yang mengisi ruang interproksimal antara dua gigi yang bersebelahan.

  • Ligamentum Periodontal

Ligamnetum periodontal merupakan struktur jaringan konektif yang mengelilingi akar gigi dan mengikatnya ke tulang. Ligamen periodontal merupakan lanjutan jaringan gingiva yang berhubungan dengan ruang sumsum tulang melalui saluran vaskuler.
Adapun fungsi ligamnetum periodontal adalah :

  1. Memelihata aktivitas biologik sementum dan tulang alveolar.(Fungsi Formatif)
  2. Menyuplai nutrisi dan membersihkan produk sisa mll aliran darah dan limfe.(Fungsi Nutritif)
  3. Memelihara relasi gigi thdp jar.keras dan lunak. (Fungsi Fisik)
  4. Menghantarkan tekanan taktil dan sensasi nyeri melalui jalur trigeminal. (Fungsi Sensorik)

Serat utama ligamnetum periodontal terbagi atas enam kelompok, yaitu :

  1. Kelompok transeptal
  2. Kelompok crest alveolar
  3. Kelompok horizontal
  4. Kelompok oblique
  5. Kelompok apikal
  6. Kelompok interadikular

  • Tulang Alveolar

Tulang alveolar disebut juga prosesus alveolaris yg mencakup tulang rahang secara keseluruhan, yaitu maksila dan mandibula yg membentuk dan mendukung soket (alveoli) gigi. Terbentuk ketika gigi erupsi dan secara perlahan hilang ketika gigi sudah dicabut. Adapun struktur tulang alveolar ialah :

  1. Tulang trabekular/ medular/ cancellous/ spongiosa, merupakan simpanan kalsium untuk memenuhi kebutuhan metabolism (bagian metabolic).
  2. Tulang kortikal/ osteid/ callus/ kompakta. Struktur dasar tulang kompak terdiri atas sistem

Gambar Gigi

gambar gigi


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Morfologi, Struktur, Pencabutan, Jaringan Pendukung, Beserta Gambarnya, semoga bermanfaat