√Fungsi Jaringan Parenkim Pada Tumbuhan (LENGKAP)

Diposting pada

Fungsi Jaringan Parenkim Pada Tumbuhan

Jaringan parenkim juga sering disebut juga dengan jaringan dasar, ini artinya setiap bagian tumbuhan mempunyai jaringan ini. Jaringan parenkim adalahsuatu jaringan yang tebentuk dari sel-sel hiudp dengan struktur morfologi dan fosiologi yang bervariasi dan masih mengerjakan segala kegiatan proses fisiologi

Walaupun morfologi dan juga fisiologi jaringan parenkim ini berbeda-beda, akan tetapi pada umunya bisa dikatakan bahwa jaringan parenkimi ni mmepunyai sifat yang sama. Jaringan parenkim ini terbentuk dari sel-sel parenkim, sehingga dalam arti lain sel-sel perenkim itu ialah massa (sel) tersebar luas di seluruh organ tanaman.

Jaringan pernkim ialah jaringan heterogen, seperti halnya dengan hubungan antara sel-sel parenkim yang memperpanjang jaringan mapernkim pada umummnya muncul dalam empulur batang dan juga kortikal, daun, akar, jaringan fotosintesis, daun dagun dan juga kacang serta endosperm dalam buah.

Sel-sel perenkim ini juga mempunyai ruang-ruang yang lebarsehingga sel-sel nya tidak rapat. Sel-sel ini pada umumnya berbentuk isodiametris atau cenderung bulat.

ciri-ciri jaringan parenkim pada tumbuhan

Terdapat dinding sel tipis

 dan juga jika mengalami penebalan, pada umumnya terdiri dari selolosa yang mesih lentur. Dinding sel nya jarang sekali mengandung lignin, kecuali organ yang telah tua. Dinding sel yang sudah menebal umumnya memiliki plasmodesmata yang bisa membanu kelancaran pertukaran zat.

Memiliki sel-sel yang masih hidup.

Paca bagian tengan ruangan el nya mempunyai sentra vakuola besar berisi zat-zat makanan cadangan. Didalam protoplasma terdapat plastid baik leukoplas, kloroplas dan juga kromoplas.

Terdapat runga antara sel (intercellular spaces)

Diantara sel-sel parenkim, yang berperan dalam pertukaran/peredaran gas-gas. Sebagian besar sel parenkim berbentuk segi banyak atau polihdral

Jaringan parenkim juga mempunyai sifat sebagi berikut;

Berbentuk segi enam

Bisa bersifat meristematik

Memiliki vakuola berlimpah

Mempunyai sel yang hdup , berdinding tipis dan juga berukuran besar

Mempunyai ruang anta sel sehingga letaknya tidak terlalu rapat

Jaringan arenkim yang terdapat pada tumbuhan ini juga mempunyai fungsi yang sangant penting .

Fungsi jaringan parenkim

Menyimpan cadangan makanan

Jaringan parenkim ini uga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Bagian yang menjalankan fungsi ini ialah jaringan parenkim penimbun yang biasanya berada di bagian empuulur batang, umbi akar, umbi lapis, rizhoma, atau pada bagian bijji dan buah. Cadangan makan yang telah disimpan dildalam jaringa parenkim berupa kelebihan atau ses hasil fotosistesis setelah digunakan digunakan untuk metabolism.

Tempat berlangsungnya fotosintesis

Fungsi lain dari jaringan perenkim ialah sebagai tempat berlangsunya fotosistesis, disebut juga dengan asimilasi. Ciri-ciri umum dari jaringan parenkim asimilasi ialah terdapat kloroplas atau tempat terjadinya fotosintesis. Kloroplas tersebut berisi klorofil atau zat hijau daun yang menjadi katalisator dalam proses fotosistesis.

Tempat penyimpanan cadangan air

Jaringan parenkim juga berfungsi sebagai penyimpanan cadangan air. tUmbuhan tersebut adalah tumbuhan yang hidup di daerah kering seperti kaktus. Lidah buaya.

Sebagai jaringan pengangkut

Jaringan parenkim juga berfungsi sebagai jaringan pengangkut untuk membantuk xylem dan folem dalam menjalankan tugasnya. Jaringan parenkim juga berfungsi menghubungkan jaringan bagian luar dan juga jaringan dalam pada bang. Tugas ini dikerjakan oleh parenkim jari-jari empulur.

Tempat penyimpanan udara

Fungsi lain dari jaringanparenkim adalah sebagai tempat penyimpanan udara. Fungsi ini hanya terdapat pada tumbuhan-tumbuhan hidrofit atau tumbuhan yang hidup di air misalnya seperti eceng godog, genjer dan yang lainnya. Jaringa perenkim udara mempunyai ciri-ciri antara lain terdapat ruang antara sel yang cukup besar, disebut juga dengan kantung.

Demikianlaha artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Fungsi Jaringan Parenkim Pada Tumbuhan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

baca juga;

Baca Juga :  √Karbonasi : Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya
Baca Juga :  √Kartun : Pengertian ,Sejarah dan Jenisnya
Baca Juga :  √Harga : Pengertian , Fungsi , Metode , Tujuan , dan Faktor Penentuannya
Baca Juga :  √13 Fungsi Ginjal dan Penjelasannya (LENGKAP)