Bagian Bunga dan Fungsinya

Diposting pada

Bagian-bagian Bunga Dan Fungsinya

Bunga adalah organ pada tumbuhan yang mempunyai kegunaan sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan generatif melalui proses pembuahan serta penyerbukan. Bunga sejatinya ialah modifikasi tunas daun atau tunas batang dimana bentuk, warna, dan susunannya disesuaikan atas kepentingan tumbuhan tersebut.

bagian bunga dan fungsinya


Bagian Bagian Bunga Serta Fungsinya

Pada umumnya bagian bunga sempurna dibagi menjadi 2, yaitu bagian Fertil dan bagian Steril.


  • Bagian Fetil

Bagian fertil merupakan bagian bunga yang secara langsung berpengaruh terhadap terjadinya proses penyerbukan dan pembuahan pada bunga itu sendiri. terdapat dua Bagian bunga fertil yaitu kepala putik (pistillum) serta benang sari (Stamen).


  • Bagian Steril

Bagian steril merupakan bagian bunga yang hanya berfungsi sebagai perhiasan dan kelengkapan bunga itu sendiri. Ia tidak secara langsung mempengaruhi terjadinya proses penyerbukan dan pembuahan. Bagian bagian bunga steril misalnya ibu tangkai bunga (pedunculus), daun tangkai (brachteola), dasar bunga (receptacle), daun pelindung (brachtea), daun mahkota (petal), tangkai bunga (pedicellus) dan daun kelopak (sepal),.

Baca Juga :  Komponen Biotik Yang Khas Dalam Ekosistem

  1. Ibu Tangkai Bunga Atau Tangkai Induk (pedunculus)

Tangkai bunga (bahasa latin: Rachis Pedunculus) adalah bagian awal dari sebuah bunga. Pedunculus (tangkai induk) bunga merupakan cabang kelanjutan dari sebuah ranting atau batang pohon / tanaman untuk menuju bunga.


  1. Tangkai Bunga (pedicellus)

Pedicellus adalah bagian yang sering kita jumpai, seperti yang kita ketahui tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah. Pedisellus (Tangkai bunga) inilah yang kerap kita jadikan sebagai bagian bunga yang kita petik dari pohonnya. Sehingga tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai dan juga ranting.


  1. Dasar Bunga (receptacle)

receptacle addalah bagian bunga yang menjadi bagian dari ujung tangkai bunga, receptacle  ini berguna sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.


  1. Daun Tangkai Bunga (brachteola)

Brachteola adalah bagian bunga berupa daun yang yang berfungsi sebagai daun pelindung. Daun tangkai bunga (Brachteola) ini tampak di luar bungan dan bisa terlihat. Daun ini berada pada bagian pangkal dari tangkai bunga.


  1. Daun Pelindung (brachtea)

Bagian pelingdung bunga (Brachtea), bagian ini berbeda dengan kelopak bunga, karena Brachtea ialah daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga. Jadi, pada bagian ketiak daun ini, sang bunga berkembang serta tumbuh.


  1. Mahkota Bunga (Corolla)

Corolla merupakan salah satu bagian bunga yang seringkali direpresentasikan sebagai bunga itu sendiri. karena mahkota bunga merupakan bagian paling luar dari sebua struktur keseluruhan bunga, yang biasanya memiliki warna yang cerah dan juga menarik. Mahkota bunga juga memilki susunan dan juga bentuk yang berbeda pada setiap bunga, sehingga sering djadikan indikator utama dari keindahan dankecantikan dari sebuah bunga


  1. Daun Buah (carpell)

Carpell merupakan bagian fertil berupa ovalum (bakal biji) berkelompok membentuk putik (pistill).


  1. Daun Mahkota (petal)

Petal merupakan perhiasan bunga warnanya mencolok, berkelompok, serta membentuk corolla (mahkota bunga).

Baca Juga :  Definisi Uang

  1. Kelopak Bunga (sepal)

Sepal (kelopak Bunga) adalah bagian bunga yang berupa kuncup saat bunga belum mekar. kelopak bunga berfungsi membantu menjaga bunga yang belum mekar. Saat bunga sudah sedikit mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, serta membiarkan bunga tersebut mekar. saat bunga sudah mekar degan sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar sebuah bunga.


  1. Benang Sari (stamen)

Benang Sari adalah bagian yang sering disebut sebagai alat kelamin jantan sebuah bunga. Stamen berfungsi untuk membantu proses reproduksi dan juga perkembang biakan di sebuah bunga, yang nantinya dapat menumbuhkan tanaman baru. Stamen (Benang sari) terdiri dari 3 bagian utama. yaitu Tangkai sari (filament), Serbuk sari (polen), Kepala sari (antheral).


Jenis Nama dan Gambar Bunga


  • Bunga Rose Pink

unga mawar (rose) memiliki lebih dari 2830 spesies dengan beragam warna diantaranya, merah, putih, kuning, ping, orange dan hijau. Nama bunga mawar (rose) ini tentu sudah tidak asing lagi untuk kita kenali. Karena, bunga Rose sangat mudah ditemukan di wilayah Asia salah satunya Indonesia.

Bunga Rose Pink


  • Bunga Cherry Blossom ( Sakura )

Bunga cherry blossom (sakura) adalah bunga nasional Jepang yang kembang di musim semi yaitu akhir Maret dan Juni.Pohon sakura merupakan salah satu pohon tergolong dalam familia Rosaceae, genus prunus yang sejenis dengan pohon prem, aprikot dan persik, namun secara umum sakura menjadi golongan subgenus sakura.

Bunga Cherry Blossom ( Sakura )


  • Bunga Viola

Bunga viola atau lebih dikenal dengan violet merupakan tanaman herba yang dimiliki Violaceae. Bunga viola terdiri dari 600 spesies viola yang dapat ditemukan di belahan bumi bagian Utara. Budidaya viola di mulai sejak 500 tahun yang lalu.

Bunga Viola

Macam-Macam Bunga dan Contohnya

  • Bunga Aster Putih
  • Bunga Tulip
  • Bunga Carnation
  • Bunga Matahari
  • Bunga Lily
  • Bunga Baby’s Breath
  • Bunga Krisan atau Seruni (Chrysanthemum)
  • Bunga Lavender
  • Bunga Kamomil
  • Bunga Morning Glory
  • Bunga Mawar
Baca Juga :  Jantung

Profil Tanaman Bunga Di Halaman Rumah


  • Melati

Melati adalah salah satu dari macam macam bunga hias yang terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania.

melati


  • Petunia

Petunia berasal dari Amerika Selatan dengan ciri fisik yakni kisaran tinggi 16–30 cm, bunga bermahkota tunggal dan ada pula yang bermahkota ganda.

petunia


  • Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah salah satu dari macam macam bunga yang berasal dari Asia Timur.

Sejak dahulu sampai sekarang, kembang sepatu populer dijadikan sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis.

kembang sepatu


  • Bugenvil

Bugenvil adalah satu dari sekian macam macam bunga hias populer dengan bentuk serupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak.

Melihat dari rupa tumbuhannya yang berwarna-warni, bugenvil seolah menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.


  • Pentas

Pentas adalah salah satu dari macam macam bunga yang ditemukan di Afrika Selatan, Komoro, Madagaskar, dan Semenanjung Arab.

Tanaman memiliki daun hijau berbulu dan kelompok bunga dalam nuansa merah, putih, merah muda, dan ungu.

Pentas menarik kupu-kupu dan kolibri. Beberapa spesies umumnya dibudidayakan dan dapat ditanam dalam pot serta keranjang.

bunga pentas


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Bagian Bunga dan Fungsinya : Jenis, Nama, Gambar, Macam, Contoh, Tanaman, Profil, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Posting pada SD