√ Apa itu Sumber Daya Manusia : Pengertian, Tujuan, Manfaat

Diposting pada

Pengertian

Sumber Daya Manyusia adalah proses dan upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, dam melakukan evaluasi secara menyeluruh [ada sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuan.

√ Apa itu Sumber Daya Manusia : Pengertian,Tujuan,Manfaat

Penerapannya secara nyata meliputi yaitu: desain dan implementasi perencanaan, penyusunan karyawan, pengelolaan karir, pengembangan karyawan, evaluasi kinerja dan hubungan ketenagakerjaan. Pada dasarnya manajemen SDM melibatkan kebijakan serta keputusan yang berpengaruh pada tenaga kerja.


Tujuan

  1. Membuat Kebijakan dan Pertimbangan

SDM mempunyai tugas untuk memotivasi para pekerja. Dengan begitu, divisi yang mengurus masalah itu harus ikut membantu membuat kebijakan untuk SDM.

  1. Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Divisi manajemen sumber daya manusia pun bertanggungjawab dalam hal penerapan kebijakan yang dibuat dan memperhatikan dampak kebijakan serta prosedur terhadap para pekerja.

  1. Memberi Dukungan

Salah satu tujuan SDMyang paling penting adalah memberikan dukungan terhadap perusahaan. Dengan begitu, bentuk nyata dari dukungan itu adalah berupa perekrutan Pekerja  berkualitas dan menciptakan kondisi yang kondusif di perusahaan.

  1. Menyelesaikan Masalah

Setiap organisasi atau perusahaan pasti akan menghadapi sebuah masalah. Seringkali masalah itu membawa perusahaan pada situasi krisis dan resiko negatif untuk banyak pihak.

Peran SDM sangat penting dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan.

  1. Media Komunikasi Terbaik

SDM dapat berperan sebagai media komunikasi yang menjembatani hubungan antara pekerja, manajer, dan perusahaan.

Seringkali pekerja menghindari untuk berkomunikasi langsung dengan manajer atau staff lain. Di sinilah peran divisi SDM sangat diperlukan untuk membantu komunikasi tersebut.


Fungsi

  1. Staffing/ Employment

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia maka akan terbentuk perencanaan yang baik tentang seleksi tenaga kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Manajer berperan untuk menyaring tenaga kerja yang sesuai dengan keahlian serta komposisi yang dibutuhkan perusahaan. Tujuannya supaya tak terjadi kelebihan dan kekurangan tenaga kerja.

  1. Perfomance Evaluation

Seorang manajer akan bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi pada tenaga kerja. Dengan adanya sumber daya manusia maka bisa memberikan penilaian pada kinerja anggota dan memastikan masing-masing tenaga kerja melakukan tanggung jawab pekerjaannya.

  1. Compensation

Sumber daya manusia juga berhubungan dengan koordinasi pemberian kompensasi atau reward untuk tenaga kerja. Manajer mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan struktur penggajian yang baik. Hal tersebut berhubungan dengan kesesuaian antara pembayaran dengan manfaat yang diberikan dari tenaga kerja.

  1. Training and Development

Seperti yang dijelaskan dalam pengertian manajemen sumber daya manusia yang mengatur hubungan tenaga kerja, hal itu berperan untuk memberikan pelatihan dan pengarahan yang baik pada anggota perusahaan.

Manajer juga bertanggung jawab pada masalah pemutusan hubungan kerja kalau ada anggota yang tak memenuhi kriteria kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan atau terjadi kelebihan tenaga kerja.

  1. Personnel Research

Seorang manajer akan berusaha untuk meningkatkan efektifitas jalannya perusahaan lewat analisis terhadap permasalahan individu pekerja. Contohnya saja yang berkaitan dengan keterlambatan kerja, ketidakhadiran secara berulang dan permasalahan lainnya yang dapat saja timbul karena ketidaknyamanan pekerja terhadap sistem perusahaan.

Dengan adanya analisis perilaku itu yang menyangkut pribadi pekerja bisa menghindari karyawan yang mengundurkan diri secara mendadak. Karena hal itu dapat berpengaruh pada kegiatan perusahaan.

  1. Employe Relations

Sebuah bisnis atau perusahaan yang menerapkan sumber daya manusia dengan baik maka bisa menghindari adanya permasalahan yang berhubungan dengan serikat pekerja.

Keteraturan dalam hubungan antara pemimpin perusahaan dan anggota perusahaan bisa mencegah adanya serikat pekerja contohnya aksi mogok kerja, demonstrasi dan permasalahan lainnya yang berkaitan dengan tenaga kerja.

  1. Safety and Health

Walaupun pengertian sumber daya manusia mengarah pada kepentingan untuk mengatur interaksi dengan tenaga kerja, tapi dalam peranannya juga mesti mementingkan tentang keselamatan kerja karyawan.

Keselamatan kerja karyawan mesti menjadi prioritas seorang manajer karena akan berpengaruh pada kredibilitas perusahaan. Sehingga manajer akan membuat serangkain standar operasional prosedur kerja pada beberapa perusahaan yang berhubungan dengan produksi.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Apa itu Sumber Daya Manusia : Pengertian,Tujuan,Manfaat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semauanya.

baca juga :

Read More  √ Apa itu Renang : Pengertian, Sejarah, Gaya, Manfaat
Read More  √ Apa itu Pramuka : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Prinsip
Read More  √ Apa itu Limbah : Pengertian, Ciri, Jenis, Dampak
Read More  √ 13 Masalah Ekonomi Di Indonesia : Kemiskinan, Pengangguran, Inflasi, Hutang luarnegeri