√Apa itu Gotong Royong: Pengertian, Tujuan, Nilai, Contoh

Diposting pada
√Apa itu Gotong Royong: Pengertian, Tujuan, Nilai, Contoh

Pengertian

Gotong Royong adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela supaya kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Gotong royong pun sangat sesuai dengan ajaran islam, Islam menginginkan umatnya saling mencintai satu sama laim, menyayangi serta saling berbagi, Hal tersebut sangat sejalan dengan cara kerja gotong royong.

Tujuan Gotong Royong

1. Membuat Setiap Pekerjaan Menjadi Lebih Ringan

Melaksanakan setiap pekerjaan dengan cara bergotong royong dapat meringankan beban dalam menyelesaikannya. Bisa dibayangkan bila satu orang menyelesaikan satu pekerjaan yang sangat besar maka akan banyak memakan tenaga serta pikiran. Dengan adanya tambahan orang, maka beban pekerjaan bisa dibagi serta berkurang lebih kecil sehingga mudah diselesaikan.

2. Mempercepat Penyelesaian Pekerjaan

Mengerjakan satu pekerjaan dengan menggunakan tenaga lebih dari satu orang akan serta dan cepat diselesaikan. Misalnya ada satu pekerjaan dimana bila dikerjakan oleh satu orang akan memerlukan waktu 1 minggu, Tapi, dengan tambahan orang dan tenaga maka pekerjaan akan selesai kurang dari 1 minggu.

3. Mempererat Rasa Persatuan dan Kesatuan

Melaksanakan Gotong Royong dalam setiap kegiatan masyarakat dapat mempererat tali persaudaraan dan rasa persatuan serta kesatuan antar masyarakat. Adanya kerja sama antar manusia menjadi asall terbentuknya rasa persatuan dan kesatuan. Nantinya bila semua pekerjaan yang berat dilakukan dengan cara gotong royong maka kerukunan hidup antar anggota masyarakat akan semakin terjaga.

Baca Juga :  √Apa yang Dimaksud Skripsi : Pengertian, Tujuan, Unsur

4. Menghemat Pengeluaran

Satu dari 5 manfaat Gotong Royong lainnya adalah dapat menghemat pengeluaran dalam setiap kegiatan. Sebagai contoh ada kegiatan membangun jalan di desa, maka dengan dilakukan atau dikerjakan oleh orang banyak maka secara otomatis menghemat biaya guna membayar tukang. Cara ini bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran dana pembangunan desa.

5. Menambah Rasa Sosial di Masyarakat

Kegiatan Gotong Royong dalam masyarakat menimbulkan rasa sosial yang tinggi misalnya ketika terjadi bencana alam dimana semua orang berusaha guna mengumpulkan dana,memperbaiki infrastuktur yang rusak dan membantu mencari korban bencana. Para warga akan secara otomatis siap untuk membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Nilai-nilai Gotong Royong

1. Kebersamaan

Gotong royong adalah kebersamaan yang tumbuh dari dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama guna menolong orang lain dan membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama.

2. Persatuan

Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong akan  melahirkan persatuan antar masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan dapat menghadapi permasalahan yang muncul serta menyelesaikannya bersama-sama.

3. Rela berkorban

Gotong royong mengajari semua orang untuk rela berkorban. Pengorbanan itu bisa berupa apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, sampai uang. Semua pengorbanan itu dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mendahului kebutuhan kebutuhan bersama dibanding kepentingan pribadi.

Contoh Gotong Royong

1. Contoh Gotong Royong Di Sekolah

  • Membersihkan Lingkungan Sekolah Menjelang Libur Semester

Tak terasa ulangan semester sudah selesai, tak lama lagi bagi raport dan liburan. Sebelum liburan, di sekolah mesti diadakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah. Semua warga sekolah ikut serta dalam kegiatan itu, ada yang mencangkul, memotong rumput,menyapu dan membuang sampah. Semua siswa terlihat bersemangat bekerja sebab sebentar lagi liburan, Sebagian ada yang bekerja sambil bercanda bersama teman temannya .

Baca Juga :  √ Pelestarian Flora dan Fauna: Cara Melestarikan, Faktor, Manfaat

2. Contoh Gotong Royong Di Masyarakat

  • Membersihkan Lingkungan Desa

Masyarakat di Kelurahan masih belum sadar betul bahwa kebersihan itu keindahan, kedamaian dan kebersihan itu adalah sebagian dari pada iman, oleh karena itu pada saat diadakan gotong royong kebersihan antusias warga masyarakat sangat tinggi. Antusias warga tersebut nampak dari banyaknya warga masyarakat yang turun langsung ke lapangan guna membersihkan sampah, rumput liar, membenahi selokan dan masih banyak kegiatan lainnya.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Gotong Royong: Pengertian, Tujuan, Nilai, Contoh semoga bermanfaat

Baca Juga :