√ Ancaman di Bidang Ekonomi Non Militer

Diposting pada

Pengertian ancaman non militer

ancaman non militer merupakan yang bisa berasal dari dalam maupun luar negeri. Ancaman ini tidak menggunakan militer dan juga tidkak berangkatan senjata akan tetapi bisa memecah belah bangsa, menbahayakan kedaulatan NKRI, dan bisa mengancam keselamatan warganya. Apabila ancaman dari militer makan yang menghadapi adalam lembaga pemerintahan pertahanan, akan tetapi jika ancaman yang muncul ini ialah ancaman non militer maka yang harus menghadapinya ialah lembanga pemerintahan bidang di luar pertahanan sesuai dengan bidang yang sedang terancam.

Ancaman non militer bidang ekonomi

Ekonomi adalah sebuat aspek atau bidang yang paling penting pada sebuah negara tanpa ekonomi maka tidak akan disebut sebagai negara. Aspek ekonomi yang ada disebuah negara itu menjadi pertahanan engara yang menjadi alat yang vital. Selain itu ekonomi yang ada di sebuah negara juga tidak hanya dijadikan sebagai alat pertahanan dan juga stabilitas sebuah negara saja, ekonomi juga dijadikan sebagai patokan posisi tawar menawar dalam hubungan antara negara dan hubungan internasional. Untuk ancaman non militer di bidang ekonomi ini dibagai menjadi dua jenis, yaitu internal dan eksternal.

  • Internal

Ancaman pertama ialah ancaman non militer bidang ekonomi yang sifatnya internal. Ancaman internal ini mempunyai arti ancaman yang berasal dari dalam atau berasal dari negeri sendiri. Tidak usah berlama-lamaan lagi marikit simak apa saja contoh ancamann militer bidang ekonomi ini.

  1. Pengangguran

Seeprti yang kita ketahui pengangguran menjadi salah satu maslah yang ada di indonesia dan juga setiap tahun tingkat pengangguran di indonesia semakin tinggi. Apabila tingkat pengangguran di indoensia semakin tinggi maka dari itu sama saja seperti juga meningkatkan tingkat kemiskinan. Penganggurann yang akngkanya tidak besar ini menjadi salah satu ancaman yang terjadi di dalam bidang ekonomi dari dalam negeri.

  1. Infrastruktur yang tidak memadai

Ancaman dari dalam negeri yang kedua ialah infrastruktur di indonesia yang didak memadai. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat ekonomi indonesia dan bisa menjadi ancaman yang dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi. Hal ini disebabkan karena berbagai macam faktor misalnya pembangunan yang tidak merata sehingga bisa mempengaruhi aspek ekonomi dan bidang lainnya disebuah daerah.

  1. Sistem ekonomi yang kurang jelas

Ancaman yang berasal dari dalam adalah sisttem ekonomi sebuah negara atau daerah yang tidak jelas baggaimana struktur nya. Padahal seharusnya sistem ekonomi sebuah negara ialah sistem ekonomi yang dipakai oleh sebuah negara untuk memanfaatkan sumber daya yang di miliki untuk individu di negara teresbut sehingga mencapai kesejahteraan.

  • Eksternal

Ancaman eksternal merupakan ancaman yang asalnya dari luar negeri tersebut dan dipengaruhi oelh beberapa faktor yang dampaknya bisa menguncang stabilitas ekonomi negara.

  1. Tingkat daya saing yang rendah

Salah satu ancaman dari luar negeri yang membuat ekonomi indonesia sendiri tidak dapat berkembang ialah adanya tingkat daya saing ekonomi yang rendah. Karena tingkat daya saing yang rendah itu maka ekonomi akan stuck di suatu tempat dan mungkin akan sulit untuk berkembang.

  1. Kinerja ekonomi yang buruk

Ancaman eksternal yang kedua ialah kinerja ekonomi yang buruk yang dapat menghambat ekonomi indonesia. Oelh sebab itu seluruh pihak terutama pemerintah dan masyarakat disektor eknomi seharusnya menghadapai tantangan ini secara bersama-sama sehingga tidak ada lagi pihak yang dirugikan dan kinerja ekonomi indonesi menjadi lebih maju dari pada sebelumnya.

  1. Indonesi amasih ketergantungan dengan negara

seperti yang kita ketahui jika ekonomi indonesia tidak bisa berdiri sendiri, karena beberapa faktor negara infonesia ekonominya masih bergantung degnan negara lain. Indonesia masih memerlukan bantuan dari negara lain untuk menyongkong sistem perekonomiannya. Oleh sebab itu indonesia harus membangun hubungan baik dengan warga negara lain.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Ancaman di Bidang Ekonomi Non Militer, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √ Ancaman Bidang Politik : Luar dan Dalam Negeri
Baca Juga :  √ Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial : Pengertian, Ciri, Faktor, Penyebabnya
Baca Juga :  √ 10 Budaya Indonesia yang Diakui Unesco
Baca Juga :  √ Pengertian Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor, Syarat, Dan Klasifikasi