√11 Cara Membaca Yang Baik dan Benar

Diposting pada

membaca merupakan sebuah proses memahami suatu bacaan supaya bisa dipahami, diingat dan juga diaplikasikan. Jadi dalam hidup kita perlu dua lai belajar membaca. Pertama-tama kita harus belajar untuk menyebunyikan tulisan. Yang ketud kita juga harus belajar untuk memahami suatu bacaan. Nah, banyak yang melewatkan belajar memahami ini. Kia harus tahu bagaimanna cara membaca yang baik dan juga benar agar kita bisa memahami seluruh isi bacaan.

√11 Cara Membaca Yang Baik dan Benar

  1. Bertanya

Bertanyalah tentang hal-hal yang kurang anda pahami dalam bacaan, Apabila kata sulit. Apabila maksud bacaan yang tidak mudah untuk dipahami, tanyakan lah kepada orang yang lebih mengerti jika perlu tanyakan langsung kepada penulisnya. Dengang demikian, anda akan semakin memahami bacaan.

  1. Lanjutkan

Saat anda membaca, usakanlah untuk tidak mengulangi kalimat yang bau saja anda baca, karna itu akan mengurangi kecepatan membaca anda. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda perlu berkonsentrasi pada bacaan yang anda baca.

  1. Pilih

Pilih lah buku yang akan anda baca dengan bijak. Lihat lah judul, tlisan sampul, daftar isi, kalimat pembuka dan juga baca sekilas isibukunya. Ini sangat penting sekali dilakukan agar anda tidak menyesal membeli atau meminjam buku itu dari perpustakaan.

  1. Diskusikan

Anda juga perlu mendiskusikan buku yang anda baca dengan teman-teman anda yang juga sedang membaca butu tersebut. Dengan demikian, anda dapat saling bertukar informasi dan pemahaman antara teman sehingga akan meningkatkan pemahaman anda.

  1. Cari

Carilah tempat yang paling nyaman untuk anda membaca. Hindari juga gangguan dari teman atau orang-orang disekitar anda. Tidak masalah jika anda nyaman membaca di tempat aneh sekalipun misalnya di dalam lemari. Memilih tempat yang nyaman bisa memudahkan anda dalam memahami suatu bacaan.

  1. Simpulkan

Anda juga harus perlu menyimpulkan apapun yang baru anda dapat setelah membaca satu bab buku. Jika perlu anda bisa menyimpulkannya setelah anda membaca satu sub bab. Ini jutuannya guna mengujji pemahaman ada dan juga mamastikan bahwa anda mendapatkan sesuatu setelah membaca.

  1. Jangan terlalu cepat

Hindarilah membaca terlalu depat seperti yang anda lakukan saat mengikuti lomba membaca tingkat SD. Hanya menyembunyikan bacaan dengan cepat tidak akan membuat anda memahami bacaan tersebut. Kata yang anda baca hanya melayang dipikran anda tanpa ditangkap.

  1. Jika ingin cepat

Apabila anda ingin depat membaca, bacalah kesimpulan dari bacaan tersebut. Caranya ialah dengan melihat kalimat yang diawali dengan kata, “saya ingin menyarankan bahwa..”, “dengan emikian…”,”kesimpulannya …”. Dengan begitu, anda akan dapat memahami inti sari dari bacaan tersebut. Carilah topik yang menurut anda paling menarik atau berguna di daftar isi. Dengan demikian, anda tiadak perlu lagi membaca keseluruhan isi buku.

  1. Terpaku pada beberapa kata

Baca lah dengan berpaku pada beberapa kata. Sebaiknya adan hindar membaca dengan berpaku pada satu kata saja, apalagi dengan berpakau pada ejaan. Dengan demikian kecepatan membaca anda akan meningkat.

  1. Catat

Catat pokok pikiran yang terdapat dalam bacaan. Ini sangat membantu sekali untuk memahami bacaan. Apalagi anda mencatatnya sesaat setelah membaca buku itu dengan tidak membukanya lagi. Caat juga apapun yang anda dapat dari buku itu.

  1. Jarak pandang membaca sekitar 30cm

Membaca dengan jarak antara mata dan buku yang dekat memang akan terlihat lebih fokus, akan tetapi sebenarnya justru sebaliknya. Membaca dalam jarak terlalu tedak akan membuat pusing dan sulit memahami karena hanya melhat bacaan secara kata per kata.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai 11 Cara Membaca Yang Baik dan Benar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √14 Cara Mendidik Anak Dengan Baik dan Benar
Baca Juga :  √Apa Yang Dimaksud Dengan Edmodo : Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya
Baca Juga :  √Apa Yang Dimaksud Resume : Perbedaan dan Cara Membuatnya
Baca Juga :  √Jenis Persebaran Sumber Daya Alam : Pengertian , Hasil Pertania, Hutan dan Peternakan