√Unsur Komunikasi : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada
  1. Pengertian

Komunikasi adalah suatu cara yang dilakukan antar individu ke individu lainnya tujuannya menyampaikan informasi. Berbagai informasi bisa disebarkan dengan berbagai macam cara. Komunikasi dapat dilakukan dengan 1 arah maupun 2 arah. Berbagai media dapat menunjang adanya komunikasi dengan baik. Komunikasi tak hanya ditujukan pada orang lain. Tapi komunikasi juga dapat ditujukan pada diri sendiri. Dengan adanya komunikasi yang baik dengan semua orang, akan mengurangi munculnya perselisihan karena adanya perbedaan pendapat mengenai suatu hal.

√Unsur Komunikasi : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Arti dari Komunikasi juga adalah sebuah proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi supaya terhubung dengan lingkungan dan orang lain

  1. Fungsi Komunikasi

Berikut adalah Fungsi-fungsi dari Komunikasi:

  1. Mengungkapkan perasaaan

Dengan adanya komunikasi, akan mewakilkan perasaan kita. Melakukan komunikasi sama dengan mengungkapkan perasaan. Ketika kita mempunyai suatu hal yang ingin disampaikan ke orang lain, kita harus mengkomunikasikannya dengan orang yang dituju. Hal tersebut bertujuan untuk sebagai maksud supaya perasaan yang kita pendam segera tersampaikan dengan baik ke orang tersebut. Dengan begitu, perasaan yang tersimpan di hati kita akan terasa lega karena telah dikomunikasikan dengan orang yang bersangkutan.

  1. Menyampaikan informasi

Komunikasi dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan suatu informasi ke orang lain yang belum mengetahui informasi tersebut. Dengan adanya komunikasi, orang akan tau informasi baru dan mendapatkan wawasan baru. Dengan begitu, kita telah melakukan atau mengetahui salah satu fungsi komunikasi yakni untuk menyampaikan informasi. Adanya komunikasi bisa menjadi bahan atau media untuk menyampaikan berbagai macam informasi yang berguna untuk orang lain.

  1. Mengetahui diri sendiri

Komunikasi juga penting untuk dilakukan pada diri sendiri. Dengan adanya komunikasi pada diri sendiri, kita akan memahami bagaimana sebenarnya diri kita, perasaan kita serta amarah kita. Semua hal tentang diri sendiri memang hanya kita yang tahu. Tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kita harus melakukan komunikasi pada diri sendiri untuk mengetahui bagaimana diri anda sebenarnya.

  1. Menghibur orang lain atau diri sendiri

Dengan adanya komunikasi dapat menjadi suatu sarana untuk menghibur orang lain. Komunikasi yang dilakukan dengan melalui canda dan tawa dapat menghibur orang lain. Sehingga dengan adanya komunikasi sangat penting karena dapat digunakan untuk menghibur orang lain.

  1. Menambah wawasan dan pengetahuan

Komunikasi juga dapat digunakan untuk sarana dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Tak jarang bahwa komunikasi yang dilakukan secara tidak sengaja atau terencana dapat menghasilkan sebuah wawasan baru yang mungkin belum anda temukan.

  1. Menjaga hubungan baik dengan orang lain

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan hubungan persaudaraan dengan orang lain. Hubungan baik dapat terjaga dengan adanya komunikasi yang baik antar umat manusia. Hal tersebut dikarenakan semakin sering seseorang melakukan komunikasi, seseorang tersebut akan merasa lebih dekat dengan orang tersebut dan akhirnya menciptkana sebuah hubungan.

  • Unsur-unsur Komunikasi

Berikut adalah Unsur-unsur dari Komunikasi:

  1. Pesan

Dalam sebuah komunikasi harus ada pesan apa yang ingin disampaikan. Hal tersebut dikarenakan agar arah komunikasi yang akan berjalan dapat terarah dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Dan pesan yang dikirim tersampaikan dengan baik.

  1. Komunikator (Orang yang menyampaikan pesan)

Dalam komunikasi, harus ada seseorang yang menjadi komunikator atau disebut seseorang yang menyampaikan pesan. Ketika tak ada orang yang menyampaikan pesan, maka hal tersebut tak dapat dikatakan sebagai komunikasi.

  1. Media komunikasi

Semua komunikasi yang dilakukan tentu akan memakai media komunikasi yang berbeda-beda. Banyak media komunikasi yang dapat mendukung adanya komunikasi dengan baik. Saat ini, kemajuan teknologi memungkinkan media komunikasi menjadi lebih mudah ditemukan, seperti contohnya smartphone.

  1. Komunikan (Sasaran orang yang mendengarkan komunikasi)

Dalam sebuah komunikasi juga harus ada seseorang yang mendengarkan komunikasi. Meskipun hanya melakukan komunikasi pada diri sendiri, pasti ada sasaran yang menjadi komunikan.

  1. Umpan Balik (Feedback)

Pada setiap komunikasi, pasti akan diharapkan adanya feedback dari penerima informasi atau komunikator. Sehingga dengan adanya feedback tersebut, komunikasi dapat tetap berjalan dengan lancar.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Unsur Komunikasi : Pengertian dan Fungsinya Lengkap,semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga;

Baca Juga :  √Rumusan Masalah : Pengertian , Jenis, Fungsi , Ciri , Contoh dan Rumusan
Baca Juga :  √Pengertian CSR : Fungsi, Manfaat, Ciri dan Contohnya
Baca Juga :  √Alat Musik Melodis : Pengertian dan Contohnya
Baca Juga :  √Pengertian Puisi : Unsur , Struktur , Jenis dan Cirinya