Makanan Khas dari Indonesia

Diposting pada

Pengertian Makanan Khas

Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu daerah. Karakter masakan di suatu daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya. Daerah pegunungan menghasilkan masakan dari sayurmayur karena iklim pegunungan yang dingin, umumnya masakannya serba panas atau pedas, untuk menghangatkan badan. Penduduk di daerah pesisir sering kontak dengan orang asing atau daerah lain sehingga melahirkan banyak masakan campuran yang ikut memperkaya produk makanan khas daerah.


Macam Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Dari Indonesia
  • Mie Aceh

Aceh Terkenal dengan Mie Acehnya. Mie kuning yang tebal dsertai irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih serta pedas. Makanan ini kaya bumbu dan sangat lezat dimakan MANTUL! (mantap betul).


  • Bika Ambon

Makanan khas di Sumatera Utara khususnya Medan ialah Bika Ambon. Bika Ambon merupakan makanan yang lezar! Biasanya dijual dengan rasa lain, contoh durian dan keju. Rasanya juga manis dan lembut MANTUL! (mantap betul).


  • Rendang

Sumatera Barat terkenal dengan makanannya yaitu Rendang . Makanan yang banyak rempahnya ini memiliki rasa yang kuat. Rendang merupakan salah satu masakan Padang yang menjadi favorit banyak orang Indonesia bahkan sampai luar negeri MANTUL! (mantap betul).


  • Otak-otak

Otak-otak merupakan salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, ataupun di Pulau Penyengat. Di sini ada 2 jenis otak-otak yakbuotak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak tersebutdibungkus dengan daun berwarna hijau sekalian dengan lidinya, lalu dengan bara api MANTUL! (mantap betul).

Baca Juga :  Pengertian Etika Bisnis

  • Pempek

Di Sumatera Selatan terkenal sekali dengan makanan Pempek. Pempek terbuat dari perpaduan ikan dan sagu. Penyajiannya ditemani dengan kuah coklat yang disebut cuko/cuka. Cuko terbuat dari air yang dididihkan, lalu ditambah gula merah, udang ebi sertacabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.


  • Seruit

Seruit merupakan makanan khas dari provinsi Lampung, Seruit adalah masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (fermentasi dari durian).


  • Serabi

Serabi berasal dari jawa barat Serung biasa disebut srabi terbuat dari tepung beras dan kuah cair manis. Manis dan menggugah selera! MANTUL! (mantap betul).


  • Lunpia

Lunpia merupakan makanan khas Jawa Tengah khususnya kota Semarang. Makanan ini berisi rebung, telur, dan daging udang. Sesudah dibungkus dapat dimakan langsung, bisa juga digoreng. Rasanya pun bikin ketagihan! MANTUL! (mantap betul).


  • Gudeg

Nasi Gudeg, makanan khas D.I. Yogyakarta yang berasal dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu sertasambal goreng krecek MANTUL! (mantap betul).


  • Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan salah satu makanan tradisional berasal dari Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Cingur sendiri artinya mulut. Makanan ini berbahan dasar mulut sapi. Biasanya dihidangkan dengan sayuran laludiberi bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula putih atau gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk) MANTUL! (mantap betul).


Makakah Khas Aceh

Terkenal dengan Mie Acehnya. Mie kuning tebal dengan irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Makanan ini kaya bumbu dan nikmat abis!

Baca Juga :  Kewarganegaraan Ganda

Makanan Khas Sumatera Utara

Makanan khas di Sumatera Utara khususnya Medan adalah Bika Ambon. Bika Ambon ini enak banget! Kadang juga dijual dengan rasa lain, seperti durian dan keju. Rasanya manis dan lembut.


Makanan Khas Sumatera Barat

Sumatera Barat terkenal dengan makanan Padang yang berasal dari kota Padang. Makanan yang banyak rempahnya ini mempunyai rasa yang kuat. Rendang adalah salah satu masakan Padang yang menjadi favorit banyak orang Indonesia bahkan sampai luar negeri.


Makanan Khas Jambi

Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi.Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat.


Makanan Khas Bengkulu

Makanan khas Bengkulu ini terbuat dari ikan dibumbi dengan bumbu yang beraneka ragam. Pendap ini memiliki rasa pedas dan gurih.


Makanan Khas Riau

Gulai Belacan salah satu masakan khas dari Riau, gulai ini dibuat dengan kuah campuran belacan atau terasi. Bahannya biasanya memakai udang atau ikan.


Makanan Khas Kepulauan Riau

Otak-otak adalah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat. Di sini terdapat dua jenis otak-otak yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak ini dibungkus dengan daun berwarna hijau sekalian dengan lidinya, yang kemudian dibakar dengan bara api.


Makanan Khas Sumatera Selatan

Di Sumatera Selatan terkenal makanan Pempek. Pempek terbuat dari ikan dan sagu. Penyajiannya ditemani dengan kuah coklat yang disebut cuko. Cuko terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Baca Juga :  Apa Itu Berita

Makanan Khas Bangka Belitung

Mie atau Mi Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau bangka, terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.


 

Makanan Khas Lampung 

Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung, yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang Makanan Khas dari Indonesia : Daerah Aceh, Sumatera, Jambi, Benkulu, Riau, Bangka Belitung, Lampung, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya