√Ringkasan : Pengertian, Bentuk, Tujuan, Ciri dan Manfaatnya

Diposting pada

Dalam suatu buku atau karangan pasti kita penat membaca teks atau kata yang terlalu panjang,bahkan berhenti membacanya karena terlalu panjang dan membuat bosan,nah dalam hal ini ada cara mudah sehingga kita dapat mudah  membaca tanpa takut terlalu panjang yaitu Meringkas pada buku atau karangan yang kita baca supaya mudah dipahami dan dihafalkan berikut ini ialah Penjelasan tentang Ringkasan.

Ringkasan Adalah sebuah penyajian peristiwa atau kejadian pada buku atau karangan yang panjang di  sajikan secara singkat tanpa menghilangkan makna sebenarnya. Tetapi perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proporsional masih di pertahankan dalam bentuknya yang singkat adalah salah satu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang terlalu panjang di ringkas dalam bentuk yang singkat.

  • BENTUK-BENTUK PADA RINGKASAN

Ringkasan terdiri atas 3 Bentuk yaitu sebagai berikut:

  1. Ringkasan Abstrak

Ringkasan dalam bentuk Abstrak Maksudnya Adalah Ringkasan yang ringkas Sesingkat mungkin tentang ide pokok yang dibahas.

  1. Ringkasan Sipnosis

Ringkasan dalam bentuk sinopsis Maksudnya adalah Ringkasan yang ada pada buku seperti karya fiksi atau non fiksi. Bentuk ringkasan sinopsis bertujuan untuk memberikan semangat kepada orang lain untuk membaca secara utuh.

  1. Ringkasan Simpulan

Ringkasan dalam bentuk simpulan maksudnya adalah ringkasan yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicaraan dengan memberikan penekanan pada ide pokok serta penyelesaian dari permasalahan yang diutarakan.

  • TUJUAN RINGKASAN

Membantu pembaca memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, pembaca dibimbing dan dituntun untuk membaca karangan asil dengan cermat dan menuliskan kembali dengan ringkas.

  • CIRI-CIRI RINGKASAN

-Harus memiliki kerangka  yang jelas.

-Harus memiliki makna yang tidak menghilangkan hasil karangan asli.

-Dalam meringkas gagasan harus jelas.

-Bertujuan untuk meringkas hasil gagasan.

-Teks terlihat lebih sedikit.

-ditemukan pada buku atau karangan.

  • MANFAAT RINGKASAN

Manfaat ringkasan adalah sebagai cara mudah untuk membantu kita dalam mengingat dan menghafal isi dalam sebuah buku atau uraian yang terlalu sangat panjang. Ringkasan membuat gagasan pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya sebelum di ringkas. Dengan meringkasan , kita seakan-akan memahami seluruh isi buku secara menyeluruh.

  • CARA MEMBUAT RINGKASAN

Cara membuat ringkasan terdiri atas 3 cara yaitu:

-Membaca naskah Asli biasanya pada buku atau karangan.

-Mencatat gagasan utama yang sudah ditentukan sesudah membaca naskah.

-Mengadakan reproduksi

  • Membaca naskah asli

Pertama tama yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah ringkasan adalah dengan melakukan pembacaan pada naskah asli setidaknya satu sampai dua kali untuk memahami dan mengetahui kesan umum dan sudut pandang dari pengarang aslinya.

  • Mencatat gagasan utama.

Sesuda membaca naskah asli, menulis atau menangkap maksud, kesan umum, dan sudut pandang pengarang asli, lalu langkah-langkah selanjutnya adalah memcatat gagasan utama atau ide pokok yang penting.

  • 3.Mengadakan reproduksi.

Setelah membuat catatan yang dilakukan pada langkah ke dua tadi dan mendapatkan ide pokok yang di dapatkan pada langkah pertama, maka selanjutnya seorang penulis sudah siap untuk membuat sebuah ringkasan. Dan yang harus di awasi  oleh seorang penulis ringkasan ,seseorang penulis harus membuat sejumlah kalimat yang baru, dan merangkai semua ide pokok menjadi sebuah wacana yang rapih atau jelas dan yang paling penting harus bisa di terima oleh akal sehat.

 

Demikianlah artikel dai duniapendidikan.co.id mengenai seputar rangkuman, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.

baca juga;

Baca Juga :  √Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Fungsinya
Baca Juga :  √Fotosintesis :Pengertian, Sejarah, Reaksi Gelap Dan Terang
Baca Juga :  √JAMUR : Pengertian,Cara Hidup, Ciri, Manfaat Dan Jenisnya
Baca Juga :  √Urin : Proses Pembentukan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya