Recount Text Adalah

Diposting pada

Pengertian Recount Text

Recount Text adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam Recount Text tidak terdapat komplikasi (Complication) seperti halnya di Narrative Text.

Recount-Text-Adalah

Tujuan Komunikatif Teks Recount

Tujuan komunikatif Recount Text seperti penjelasan di atas adalah untuk melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur tentunya tanpa ada konflik di dalam cerita tersebut.

Generic structure Teks Recount

• Orientation

Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

• Events

Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti “In the first day, I … . And in the next day … . And In the last day …” . Di bagian Events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

• Reorientation

Pada bagian Reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

Ciri Kebahasaan Recount Text

Terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin akan teman-teman temukan ketika membaca sebuah Recount Text. Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text tersebut adalah:

• Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
  • Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.

Contoh Recount Text

Di bawah ini penulis juga sertakan sebuah contoh Recount Text beserta terjemahannya untuk menambah dan mempermudah pemahaman teman-taman mengenai penjelasan Recount Text di atas.

Baca Juga :  Kelebihan Kopi Robusta

Our trip to the Blue Mountain

Orientation

On Friday we went to the Blue Mountains. We stayed at David and Della’s house. It has a big garden with lots of colourful flowers and a tennis court.

(Pada hari jumat kami pergi ke Blue Mountains. Kami menginap di rumah David dan Della. Rumah tersebut mempunyai sebuah taman yang besar dengan banyak bunga warna warni dan sebuah lapangan tenis.)

Events

On Saturday we saw the Three Sisters and went on the scenic railway. It was scary. Then, Mummy and I went shopping with Della. We went to some antique shops and I tried on some old hats. On Sunday we went on the Scenic Skyway and it rocked. We saw cockatoos having a shower.

(Pada hari sabtu kami melihat Three Sister dan pergi ke pemandangan jalan kereta api yang indah. Sangat menakutkan. Kemudian ibu dan saya pergi berbelanja dengan Della. Kita pergi ke toko-toko antik dan mencoba mendapatkan beberapa topi tua. Pada hari minggu kami pergi ke pemandangan Skyway dan berbatu. Kami melihat burung kakatua sedang mandi.)

Reorientation
In the afternoon we went home. That was very pleasent moment with my family that I ever got.

(Di sore hari kami pulang ke rumah. Itu merupakan momen paling menyenangkan bersama keluarga yang saya pernah dapatkan. )

Contoh Recount Text : Pangandaran Beach

The tour to Pangandaran Beach started on holiday last semester. We decided to go to Pangandaran Beach by our motorbike. That was very interesting tour. Riding a motorbike from my hometown, Cirebon, to Pangandaran Beach with my best friends made me feel exited.

The tour to Pangandaran Beach began at 09.00 a.m. in the morning and it took 5 hours riding to Pangandaran Beach. There were so many story that my friends and I got when we were in the tour such as there was my friend who got lost, ran out of fuel in the middle of jungle, and so forth. But it was interesting, because it was the first moment that I ever had in touring.

We arrived at Pangandaran Beach at 02.00 p.m. and we stright to move to the beach. At beach we just lied down there to stretch our muscle because of 5 hours riding. We also had a lunch there by eating some foods that we brought from Cirebon. That was very nice moment when we shared our own food to others.

After we had enough rest, we began to explore Pangandaran Beach. Started by exploring the beach, and the sea using rented boat. Then we went to dive by renting some diving equipment. We could see many coral there. We just had 2 hours to enjoy Pangandaran Beach because we had to come back to Cirebon.

We came back to Cirebon at 04.00 p.m. It was imposible to ride in the night, so we just decided to stay over in our friend house in Ciamis and we started to come back in the morning. That was very nice experience that I and my friends ever had. We would never forget that moment.

Artinya

Baca Juga :  Mitigasi Bencana Banjir

Wisata ke Pantai Pangandaran dimulai pada hari libur semester terakhir . Kami memutuskan untuk pergi ke Pantai Pangandaran dengan sepeda motor kita . Itu adalah tur yang sangat menarik . Mengendarai sepeda motor dari kampung halaman saya , Cirebon , ke Pantai Pangandaran dengan teman-teman terbaik saya membuat saya merasa keluar .

Wisata ke Pantai Pangandaran mulai pukul 09.00 WIB di pagi hari dan butuh waktu 5 jam naik ke Pantai Pangandaran . Ada begitu banyak cerita yang teman-teman saya dan saya ketika kami berada di tur seperti ada teman saya yang tersesat , kehabisan bahan bakar di tengah hutan , dan sebagainya . Tapi itu menarik , karena itu adalah saat pertama yang pernah saya miliki dalam touring .

Kami tiba di Pantai Pangandaran pukul 02.00 WIB dan kami stright untuk pindah ke pantai . Di pantai kami hanya berbohong sana untuk meregangkan otot kita karena 5 jam naik . Kami juga makan siang di sana dengan mengonsumsi beberapa makanan yang kami bawa dari Cirebon . Itu sangat bagus saat ketika kami berbagi makanan kita sendiri kepada orang lain .

Setelah kami memiliki cukup istirahat , kami mulai mengeksplorasi Pantai Pangandaran . Dimulai dengan menjelajahi pantai , dan laut menggunakan perahu sewaan . Kemudian kami pergi untuk menyelam dengan menyewa beberapa peralatan menyelam . Kita bisa melihat banyak karang di sana. Kami hanya punya 2 jam untuk menikmati Pantai Pangandaran karena kami harus kembali ke Cirebon .

Kami kembali ke Cirebon pukul 04.00 WIB itu imposible untuk naik di malam hari , jadi kami hanya memutuskan untuk menginap di rumah teman kami di Ciamis dan kami mulai kembali di pagi hari . Itu adalah pengalaman yang sangat bagus bahwa saya dan teman-teman saya pernah. Kami tidak akan pernah melupakan saat itu .

Baca Juga :  Pengertian CSR

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Recount Text Adalah : Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri Kebahasaan, Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.