Pengertian Toleransi

Diposting pada

Pengertian Toleransi

Toleransi ialah suatu sikap yang saling menghormati serta menghargai antar kelompok maupun antar individu di dalam masyarakat ataupun dalam lingkungan lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi, walaupun banyak terdapat kelompok maupun golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Pengertian Toleransi

Jenis Toleransi

berikut ini ialah jenis toleransi:


  • Toleransi Agama

Hal utama yang dibutuhkan dan biasanya digunakan dalam toleransi yakni dalam beragama. Dan Agama ini menjadi segmen penting dalam setiap kehidupan masyarakat. Dengan penuh keyakinan masyarakat melaksanakan agama, dengan terdapat perbedaan yang tidak diikuti pada toleransi ini bisa menimbulkan perpecahan serta peperangan dalam masyarakat.


  • Toleransi Budaya

Budaya juga salah satu bentuk toleransi yang sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat, budaya yang tidak sama menyebabkan adat serta istiadat yang berbeda pula. karna itu harus terdapat regulasi yang mengatur keanekaragaman yang ada.


  • Toleransi Politik

Toleransi politik ialah bagian dari toleransi, perbedaan pilihan dalam kepemimpinan merupan salah satu sumber masalah sosial. Semua ini disebabkan karena tidak adanya sikap saling menghargai pilihan masing-masing individu dalam masyarakat, seperti pemilihan yang dilakiukan lembaga politik dalam pilihan Kepala Daerah dan bahkan dalam pilihan kepala desa.


Contoh Toleransi

berikut sikap toleransi secara umum antara lain: menghargai pendapat serta pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita dan saling tolong-menolong untuk kemanusiaan tanpa memandang suku,ras,agama dan kepercayaannya. Contoh toleransi lainnya adalah :

1).Menghargai perbedaan dan pemeluk agama.
2).Menghargai pendapat serta pemikiran orang atau kelompok lain yang berbeda dari kita
3).Membiarkan orang lain ingin menganut kepercayaannya.

Ketika ada orang salah dalam mengerjakan sesuatu, jangan kita hina dan caci maki.
Islam sendiri mengajarkan toleransi kepada setiap pemeluknya, dianjurkan kepada pemeluk islam utuk saling bantu membantu dengan segenap manusia tanpa memandang agama, suku, ras serta golongannya. Islam juga menghargai perbedaan serta kebersamaan asalkan tidak masuk ke dalam wilayah aqidah yang tidak bisa diganggu gugat.


Manfaat Toleransi

Berikut adalah beberapa manfaat dari sikap toleransi di masyarakat:

Baca Juga :  Hubungan UUD 1945 Dengan Pancasila

  • Meghindari Peperangan dan Perpecahan

Belajar menghargai setiap pendapat serta individu bisa menjadi modal utama untuk menghindarkan perpecahan di dalam kehidupan masyarakat. Toleransi beragama ialah satu wujud nyata dari sikap menghargai serta toleransi di kehidupan bermasyarakat. Unsur agama memang menjadi satu hal yang krusial di mata msyarakat dan juga sering terjadi konflik.


  • Mempererat Hubungan Antar Manusia

bukan hanya menghidarkan gejolak perpecahan, sikap toleransi juga bisa membuat hubungan antar manusia menjadi lebih erat. Kegiatan bertukar pikiran serta pendapat untuk menghasilkan satu keputusan ialah tanda bahwa masyarakat sudah bisa menjalankan hidup bertoleransi.


  • Memperkuat Iman

Setiap agama mengajarkan sikap toleransi diantar umat lain yang juga beragama berbeda. Iman merupakan satu tonggak dalam menciptakan masyarakat bertoleransi. Menerapkan Iman dalam setiap tindakan merupakan tanda bahwa sikap toleransi berhasil diaplikasikan.


  • Menimbulkan Rasa Cinta Terhadap Negara

Manfaat Dari Sikap Toleransi Dalam Kehidupan Sehari-Hari lainnya ialah bisa meningkatkan rasa cinta kepada negeri sendiri. Landasan utama negara besar serta kuat adalah adanya sikap rasa toleransi antar masyarakat. Nantinya sikap nasionalisme juga muncul mengikuti dari belakang setelah sikap toleransi berhasil diterapkan dalam hidup.


  • Dapat Menyelesaikan Masalah Dengan Cara Musyawarah

Masyarakat Indonesia telah biasa mengenal kata musyawarah, namun dalam kenyataannya masih saja beberapa masalah yang sulit diselesaikan dengan musyawarah. Kurangnya sikap menghargai didalam toleransi menjadi pemicu terjadinya konflik. oleh sebab itu dibutuhkan sikap toleransi di kehidupan sehari-hari supaya pemutusan satu masalah bisa melalui langkah musyawarah mufakat.


  • Dapat Mengendalikan Sikap Egois

Kurangnya sikap toleransi antar manusia dapat mengakibatkan adanya rasa egois yang terlalu tinggi. Dibutuhkan penyusuaian rasa egois disetiap insan manusia supaya nantinya tidak terjadinya konflik atas nama persoalan pribadi.


Beberapa Sikap Hidup Bertoleransi


  • Bersifat Negatif

Ajaran sikap bertoleransi  yang mendokrin banyak orang yaitu mengkukuhkan dengan ajaran ajaran yang tidak baik yang dapat memecah persatuan dan kesatuan anatara umat beragaama bahkan mengancam pertahanan nasional. Contohnya tentang ajaran komunis yang dulu pernah diterapkan PKI yang menagajarkan kekerasan, kecurangan, pemberontakan serta penghianatan pada negara.


  •  Bersifat Positif

Aliran atau ajaran yang ditolak tetapi penganutnya tetap mendapat support dan tetap dihormati serta dihargai lingkungannya. hal ini berhubungan dengan tradisi atau kebiasaan sebuah etnis tertentu. mereka tetap dihormati tetapi ajaran mereka hanya berlaku pada etnis yang bersangkutan. sepanjang keberadaan mereka tidak merugikan pihak lain maka kehadiran mereka tetap bisa diterima ditengah tengah masyarakat.


  •  Bersifat Dinamis atau Ekumenis

Aliran atau ajaran beserta penganutnya  yang dihormati atau dihargai lingkungannya karena ajaran mereka dengan agama lain sama sama mengukuhkan kebaikan dan jalan kebenaran, tidak saling menyalahkan, tidak saling menghina, tidak saling menjatuhkan, saling menghormati perbedaan ibadah dan saling menghormati hak dan kewajiban atasa kepercayaan masing masing. sikap toleransi ini sangat dibutuhkan karena dapat mempersatukan kerukunan antar umat beragama , menimbulkan rasa persaudaraan dan memperkuat persatuan dalam bernegara.

Baca Juga :  Materi Pelajaran Anak Paud

Fungsi Toleransi dalam Kehidupan


  1. Terhindar Dari Perpecahan

Sikap toleransi yaang tinggi yaitu saling menghormati. saaling mengahrgai dan mengabaikan perbedaan dapat menghindari terjadinya pertikaian, permusuhan , peperangan dan perpecahan yang dapat memicu konflik didalam negara , kondisi ini dapat mengancam keutuhan persatuan negara Indonesia dan tidak sesuai dengan semboyan kita bhinneka tunggal ika.  keadaan ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi negara lain yang mempunyai kepentingan tertentu.


  1. Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Sikap toleransi dapat menimbulkan rasa sayang dan meningkatakan rasa persaudaraan antara umat beragama. kondisi ini dapat membuat terhindar adanya kesalahpahaman dan pertikaian yang tidak perlu .


  1. Meningkatkan Kekuatan Dalam Iman

Perbedaan agama dan tradisi dapat membuat sikap toleransi semakin kuat. tradisi yang berbeda dapat membuat orang lain ingin mengetahui dan mempelajari tradisi daerah lain. hal ini dapat menumbuhkan rasa bangga seseorang terhadap negara yang memiliki keaneka ragaman agama, tradisi dan budaya yang tidak dimiliki bangsa lain.  Menghormati agama orang lain dan menghargai perbedaan tradisi dapat meningkatkan kekuatan dalam iman dan lebih menyadari bahwa rasa persaudaraan sangat dibutuhkan dalam pergaulan.


  1. Meningkatkan Rasa Nasionalisme

Jika sikap toleransi yang positif diterapkan dalam kehidupan sehari hari oleh semua masyarakat indonesia maka akan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara. karena bangsa yang maju adalah bangsa yang bisa menerima perbedaan satu orang dengan orang yang lainnya tanpa harus merasa paling benar dan akan mengurangi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan .


  1. Dapat Pencapai Kata Mufakat

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang demokrasi dan mengutamakan musyawarah untuk pencapaian kata mufakat tanpa ada pertikaian, permusuhan, pertemngkaran dan kesalahpahaman. didalam bermusyawarah sangat penting dibudidayakan sikap toleransi antara sesama manusia yang memiliki perbedaan agama, suku, tradisi atau budaya daerahnya.


  1. Meruntuhkan Rasa Paling Benar Pada Diri Sendiri

Tidak ada satu manusiapun yang akan luput dari yanag namanya kesalahan ataupun kekurangan. sikap toleransi akan menghindari seseorang untuk bersikap egois dan merasa diri paling benar. sikap toleransi dapat membuat manusia lebih cerdas dalam berfikir positif. Sikap seperti ini adalah yang paling banyak disukai masyarakat dan tak heran jika seseorang yang memiliki sikap toleransi yang kuat akan menjadi seorang pemimpin yang adil.


  1. Dapat Mempersatukan Perbedaan

Masih banyak manusia yang menganggap apa yang dianutnya atau apa yang telah menjadi sejarah nenek moyangnya adalah yang paling baik dan paling benar, padahal pada kenyataannya tuhan menciptakan manusia penuh dengan perbedaan dan penuh dengan kekurangan. Semua itu semata mata agar manusia satu dengan yang lainnya dapat saling menghormati dan menghargai. sikap toleransi dapat mempersatukan perbedaan menjadi sebuah kekuatan bagi pertahanan negara.

Baca Juga :  √Media Pembelajaran Untuk Anak TK : Audio, Lingkungan, Permainan DLL

  1. Mempermudah Pembangunan Negara Menjadi Lebih Maju

Sikap toleransi dapat mempermudah pembangunan negara menjadi lebih baik dan selalu selangkah lebih maju. Negara manapun tidak akan menjadi maju dan besar jika sikap toleransi tidak membudaya . karena sikap toleransi dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan didalam perbedaan yang akhirnya dapat membuat sebuah negara tidak mudah dirongrong dan diancam oleh bangsa lain.


Bagian Sikap Toleransi

  1. Sikap toleransi yang dibutuhkan karena perbedaan agama
  2. Karena perbedaan tradisi dan budaya
  3. Karena perbedaan status sosialnya (kaya dan miskin)
  4. Karena perbedaan status pendidikan
  5. Karena perbedaan suku atau etnis
  6. Karena perbedaan pendapat dan prinsip
  7. Karena perbedaan dalam berfikir
  8. Karena perbedaan pekerjaan
  9. Karena perbedaan usia dan pengalaman
  10. Karena perbedaan fisik (antara yang cacat dan yang normal)

Waktu Sikap Toleransi Yang Harus Dimiliki Individu


  • Sikap toleransi paling mudah diterapkan, diperkenalkan dan diajarkan adalah ketika usia masih kanak kanak atau usia dini karena pentingnya pendidikan anak usia dini. Tentang Manfaat Sikap toleransi semakin cepat anak anak mengetahuinya maka akan bermafaat dimasa depannya. Sikap toleransi akan terpupuk dan terbentuk pada usia dini lalu lambat laun berkembang dan mendarah daging dalam perilaku sehari hari, sehingga dapat digunakan dalam kehidupan bersosialisasi ditengah tengah kemajemukan manusia dimasa yang akan datang.

  • Sikap toleransi dapat didapat dari berbagai lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang pentingnya sikap toleransi dalam beragama yang biasanya ada pada pelajaran Agama dan dapat dipelajari oleh jenjang pendidikan apa saja dari buku buku yang mengembangkan serta memberi informasi yang valid tentang manfaat dari sikap bertoleransi.

  • Sikap toleransi harus diterapkan pada awalnya didalam keluarga, kemudian lingkungan sekolah kemudian lingkungan masyarakat. Untuk memahami tentang sikap toleransi yangb baik mudah didapat dari pengalaman orang orang yang memiliki wawasan luas tentang budi pekerti misalnya para ulama, guru agama, guru spiritual dan lain lain yang hidupnya berhubungan dengan ajaran yang mengarah pada kebaikan dan kebenaran.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Pengertian Toleransi : Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat, Sikap Hidup, Fungsi, Bagian, dan Waktu, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda seemuanya.