Metode Ilmiah

Diposting pada

Pengertian Metode Ilmiah

Metode Ilmiah adalah atau proses ilmiah (bahasa Inggris: scientific method) merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan  fenomena  alam.  Prediksi  yang  dibuat  berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.

metode-ilmiah

Pengertian metode ilmiah menurut beberapa ahli :

  1. (Almack, 1939) Metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.
  2. (Ostle, 1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.

Ciri-Ciri Metode Ilmiah

Metode Ilmiah memiliki ciri-ciri keilmuan

  1. Rasional: sesuatu yang masuk akal dan terjangkau oleh penalaran
  2. Empiris: menggunakan cara-cara tertentu yang dapat diamati dengan menggunakan panca inderaSistematis: menggunakan proses dengan langkah- langkah

Unsur Metode Ilmiah

Unsur utama metode ilmiah adalah pengulangan empat langkah berikut:

  1. Karakteristik (pengamatan dan pengukuran).
  2. Hipotesis (penjelasan teoretis yang merupakan dugaan atas hasil pengamatan dan pengukuran).
  3. Prediksi (deduksi logis dari hipotesis).
  4. Eksperimen (pengujian atas semua hal di

Syarat Metode Ilmiah

Syarat-syarat Metode Ilmiah, diantaranya

  1. Obyektif, artinya pengetahuan itu sesuai dengan objeknya atau didukung metodik fakta
  2. Metodik, artinya pengetahuan ilmiah diperoleh dengan menggunakan cara- cara tertentu yang teratur dan
  3. Sistematik, artinya pengetahuan ilmiah itu tersusun dalam suatu sistem, tidak berdiri sendiri, satu dengan yang lain saling
  4. Universal, artinya pengetahuan tidak hanya berlaku atau dapat diamati oleh seseorang atau beberapa orang saja tetapi semua orang melalui eksperimentasi yang sama akan memperoleh hasil yang
Baca Juga :  Apa itu Sistem Imun

Tujuan Metode Ilmiah

Tujuan dalam mempelajari metode ilmiah adalah salah satu bentuk harapan untuk masa depan. Oleh karena itu, dalam penulisan ilmiah kita tidak diperbolehkan asal menulis atau mengindahkan kaidah-kaidah dalam penulisan ilmiah. Dalam penulisan ilmiah, kita harus mempunyai metode agar tulisan dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca dikemudian hari. Berikut beberapa tujuan dalam mempelajari metode ilmiah :

  1. Meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasikan dan menyajikan fakta secara sistematis,
  2. Meningkatkan keterampilan dalam menulis berbagai karya tulis, dan
  3. Meningkatkan pengetahuan tentang mekanismen penulisan karangan

Sikap Ilmiah

  1. Sikap Ingin Tahu : apabila menghadapi suatu masalah yang baru dikenalnya,maka ia beruasaha mengetahuinya; senang mengajukan pertanyaan tentang obyek dan peristiea; kebiasaan menggunakan alat indera sebanyak mungkin untuk menyelidiki suatu masalah; memperlihatkan gairah dan kesungguhan dalam menyelesaikan eksprimen.
  2. Sikap Kritis : Tidak langsung begitu saja menerima kesimpulan tanpa ada bukti yang kuat, kebiasaan menggunakan bukti – bukti pada waktu menarik kesimpulan; Tidak merasa paling benar yang harus diikuti oleh orang lain; bersedia mengubah pendapatnya berdasarkan bukti-bukti yang kuat.
  1. Sikap obyektif : Melihat sesuatu sebagaimana adanya obyek itu, menjauhkan bias pribadi dan tidak dikuasai oleh pikirannya sendiri. Dengan kata lain mereka dapat mengatakan secara jujur dan menjauhkan kepentingan dirinya sebagai
  2. Sikap ingin menemukan : Selalu memberikan saran-saran untuk eksprimen baru; kebiasaan menggunakan eksprimen-eksprimen dengan cara yang baik dan konstruktif; selalu memberikan konsultasi yang baru dari pengamatan yang
  3. Sikap menghargai karya orang lain, Tidak akan mengakui dan memandang karya orang lain sebagai karyanya, menerima kebenaran ilmiah walaupun ditemukan oleh orang atau bangsa
  4. Sikap tekun : Tidak bosan mengadakan penyelidikan, bersedia mengulangi eksprimen yang hasilnya meragukan‟ tidak akan berhenti melakukan kegiatan – kegiatan apabila belum selesai; terhadap hal-hal yang ingin diketahuinya ia berusaha bekerja dengan
  5. Sikap terbuka : Bersedia mendengarkan argumen orang lain sekalipun berbeda dengan apa yang diketahuinya.buka menerima kritikan dan respon negatif terhadap pendapatnya
Baca Juga :  Lingkungan Sehat

Langkah langkah Metode Ilmiah

  1. Merumuskan masalah: Langkah pertama dalam melakukan suatu penelitian adalah merumuskan masalah. Hal ini bertujuan untuk memperjelas masalah yang akan dipecahkan. Perumusan masalah dilakukan dengan mengajukan serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan
  2. Menyusun perencanaan penelitian: langkah langkah dalam membuat suatu rancangan penelitian adalah menyusun tujuan penelitian, menyusun hipotesis, menetapkan variabel, memilih alat dan bahan yang akan digunakan, menentukan langkah kerja, menentukan populasi dan sampel serta menetapkan cara pengambilan data dan menganalisis data.
  3. Melakukan penelitian: Penelitian diawali dengan kegiatan pengamatan. Pengamatan dapat dilakukan secara langsung (observasi kualitatif) dan pengamatan tidak langsung (observasi kuantitatif). Untuk menguji hipotesis yang telah dibuat, kita perlu melakukan penelitian melalui percobaan yang sesuai dengan rancangan percobaan yang disusun sebelumnya. Berlatih menggunakan peralatan percobaan merupakan cara belajar yang efektif untuk mengurangi kesalahan kerja.
  4. Menyusun kesimpulan penelitian : Setelah mengolah dan menganalisis data, selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan tersebut harus berdasarkan pada hasil penelitian dan tetap berpedoman pada pandangan yang objektif.
  5. Melakukan penelitian perbaikan : Suatu penelitian akan menjadi menjadi valid secara ilmiah apabila penelitian tersebut dapat diuji ulang baik oleh peneliti yang lain. Oleh karena itu, seluruh teori yang ada pasti terdapat banyak peneliti yang menjadi kontributor.
  6. Menulis laporan ilmiah: Suatu penelitian dapat bernilai ilmiah apabila hasil penelitian dipublikasikan agar hasil diperoleh dalam penelitian tersebut dapat diketahui orang lain. Kerangka tulisan atau outline dari suatu laporan ilmiah disusun secara berurut dari judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, daftar pustaka, dan juga lampiran.

Macam-macam Karya Tulis Ilmiah

Beberapa macam karya tulis ilmiah yang kita ketahui adalah sebagai berikut ;

Baca Juga :  Pengertian Penelitian

  • Essay Ilmiah

Merupakan sebuah komposisi prosa singkat yang mengekspresikan opini penulis tentang subjek tertentu.

Sebuah essay ilmiah harus berisi argumen dan analisis yang jelas serta data-data yang akurat dan kredibel, tetapi dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Sehingga secara ilmiah dapat dipertanggungjawaban, sekaligus enak dibaca.

Tubuh essay ilmiah terdiri atas antara lain :

  • Pendahuluan

Berisi latar belakang informasi yang menjelaskan subjek bahasan dan pengantar tentang subjek.

  • Isi

Berisi seluruh informasi tentang subjek.

  • Konklusi

Berisi simpulan dengan menyebutkan jembali ide pokok, ringkasan dari tubuh essay atau menambahkan beberapa observasi tentang subjek.


  • Artikel Ilmiah

Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Komponen-komponen artikel ilmiah

  1. Judul artikel ilmiah
  2. Nama dan alamat penulis
  3. Abstrak dan kata kunci
  4. Pendahuluan
  5. Metode
  6. Hasil dan Pembahasan
  7. Simpulan dan saran
  8. Ucapan Terima Kasih
  9. Daftar Pustaka

  • Makalah

Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah disertai analisis logis dan objektif. Secara umum tujuan penulisan makalah adalah untuk kepentingan penyajian hasil penelitian atau gagasan pemikiran dalam suatu diskusi.


  • Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah rencana penelitian yang menggambarkan secara umum hal-hal yang akan diteliti dan cara penelitian itu dilaksanakan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang dikemukakan di dalam sebuah penelitian.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Metode Ilmiah : Pengertian, Ciri, Unsur, Syarat, Tujuan, Sikap, Langkah, Macamnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.