√Pengertian Kartu Kredit: Jenis, Ciri, Keuntungan, Kerugian

Diposting pada
√Pengertian Kartu Kredit: Jenis, Ciri, Keuntungan, Kerugian

Pengertian

1. Secara Umum

Kartu Kredit merupakan sebuah alat pembayaran pengganti uang cash yang dipakai untuk melakukan transaksi berupa barang ataupun jasa yang menerima pembayaran dengan memekai kartu kredit. Dengan kata lain dari kartu kredit ialah alat pembayaran dari perbankan untuk mempermudah transaksi nasabah.

2. Menurut Para Ahli

  • Muhammad Djumhana

Kartu Kredit merupakan sebuah alat pengganti uang tunai.

  • Emmy Pangaribuan Simanjutak

Kartu kredit merupakan kartu yang pemegangnya mempunyai hak sepenuhnya atas kartu tersebut dan sudah bersedia menandatangi formulir rekening pada perusahaan sehingga dapat memperoleh barang atau jasa tanpa harus membayar uang dengan tunai.

  • Munir Fuady

Kartu kredit merupakan kartu yang bahannya memakai plastik dengan adanya identitas dari pemegang dan penerbit kartu kredit serta sepenuhnya hak diberikan kepada pemegang kartu kredit yang telah bersedia menandatangani tanda pelunasan pembayaran yang dipakai untuk membayar jasa atau barang yang telah dibeli di tempat tempat tertentu.

Jenis-jenis Kartu Kredit

1. Credit Card

Credit Card adalah suatu sistem dimana pemegang kartu kredit ini melunasi tagihan yang terjadi atas dirinya secara angsuran saat jatuh tempo.

2. Change card

Change Card adalah Jenis kartu kredit dimana penggunanya atau pemegang kartu kredit tersebut mestj melunasi semua tagihan “hutang” yang terjadi atas semua transaksinya sekaligus ketika waktu jatuh tempo.

Read More  √ Ikatan Logam : Pengertian, Sifat, Contoh

3. Debit Card

Debit Card adalah jenis kartu kredit yang dimana pembayarannya tagihan nasabah melalui pendebitan atas rekening yang ada di bank dimana saat dia membuka kartu kredit. Sehingga dengan demikian secara otomatis uang yang ada di rekening nasabah akan berkurang sejumlah dengan transaksi yang dia dibuat dengan kartu kreditnya.

4. Cash Card

Cash Card alah jenis kartu yang memungkinkan pemilik atau pemegang kartu untuk menarik uang tunai baik langsung pada kasir bank ataupun lewat ATM bank tertentu yang bisa di sebar di tempat-tempat strategis. Pembayaran cash ini tidak dapat dilakukan diluar bank.

5. Check Guarante Card

Check Guarante Card alah kartu yang dipakai untuk jaminan dalam penarikan check serta kartu ini juga bisa dipakai untuk menarik uang tunai.

Ciri-ciri Kartu Kredit

1. Bagian Depan

  • Nomor kartu.
  • Masa berlaku.
  • Nama pemegang kartu.
  • Logo dan nama dari bank penerbit.
  • Nomor identifikasi dari bank penerbit.
  • Terdapat Hologram (gambar 3 dimensi) khusunya untuk: Visa, master card, BCA card, astar card.

2. Bagian Belakang

  • Magnetic stripe.
  • Signature panel (panel tanda tangan).
  • Debosing number (nomor yang dicetak tenggelam) yang sama dengan tercetak di bagian depan.

Keuntungan dan Kerugian Kartu Kredit

1. Keuntungan

Keuntungan penggunaan kartu kredit ialah ketika kita hendak membeli sesuatu dan kita tidak mempunyai uang tunai, kita bisa membayar memakai kartu kredit, kartu kredit juga bisa dipakai untuk berbelanja online, serta tidak perlu membawa uang banyak ketika belanja barang-barang yang mahal karena lebih aman.

2. Kerugian

Kerugian dari penggunaan kartu kredit ialah biasanya pemilik akan boros dalam berbelanja, karena nasabah merasa tak mengeluarkan uang dalam berbelanja keperluannya itu. Selain itu juga, kartu kredit ini pun terkadang membuat masalah ketika dipergunakan untuk berbelanja online sehingga pemilik kartu kredit atau nasabah mesti lebih berhati-hati untuk memakai data pada kartu kredit yang dimiliki.

Read More  √ Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial : Pengertian, kelebihan dan kekurangan

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Pengertian Kartu Kredit: Jenis, Ciri, Keuntungan, Kerugian semoga bermanfaat

baca juga :