√ 9 Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Pasar merupkan tempat utama dalam perputaran roda perekonomian pada suatu bangsa, pasar menjadi tempat berjalannya kegiatan atau aktivitas perekonomian seperti produksi, konsumsi maupun distribusi. Selain itu pasar juga bisa menjadi tempat berkumpulnya semua  individu untuk mencari kebutuhannya masing  – masing, melaksanakan ego dan pengertian motif ekonomi yang mereka miliki. Dan yang paling penting dalam perekonmomian karena pasar menjadi pusat kegiatan ekonomi dalam suatu negara, tanpa adanya pasar maka perekonomian negara akan sangat  terganggu bahkan  bisa tidak  berkembang. Hal ini bisa terjadi karena pasar merupakan sebuah benda yang mati namun hidup, hidup dengan segala kegiatan dan aktivitas di dalamnya yang tentunya mampu mendatangkan dan menghadirkan sebuah kebaikan, kemudahan dan keuntungan bagi semua pihak.

9 Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat

Pada dasarnya pasar merupakan sebuah lokasi  dimana terdapat interaksi antar kedua pihak atau lebih yang sama –sama memiliki tujuan. Dengan begitu pasar tentu mempunyai  fungsi, sama halnya dengan tempat-tempat lain seperti taman rekreasi mempunyai  fungsi sebagai sarana hiburan, bandara memiliki fungsi melayani penerbangan masyarakat dan yang  lain sebagainya. Ada beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh pasar diantaranya :


Sarana distribusi


Fungsi utama dari pasar merupakan tempat dimana terjadinya proses distribusi baik, baik distribusi bagi produsen ataupun  konsumen. Dengan adanya pasar produsen bisa memasarkan dan menjual barang-barang hasil produksinya dan konsumen bisa mendapatkan kebutuhannya dengan menggunakan barang-barang yang tersedia  di pasar. Pada intinya pasar menjadi jembatan penghubung antara produsen dan konsumen, produsen yang telah memproduksi barang-barang bisa menjual dan menawarkan kepada konsumen dan konsumen yang mempunyai  kebutuhan  bisa terbantu dengan adanya barang-barang tersebut.

Selain itu dengan adanya pasar ini produsen dan konsumen akan sangat terbantu sekali  bagi produsen yang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan produknya tidak perlu mencari susah payah konsumen, namun cukup pergi ke pasar dan konsumen akan mendatanginya. Begitu juga dengan konsumen yang ingin mendapatkan kebutuhannya maka cukup pergi ke pasar lalu membelinya.


Pembentuk harga atau penentu nilai


Harga adalah salah satu aspek yang penting dalam kegiatan perekonomian, semua pihak yang berkecimpung di dalam kegiatan ekonomi harus mempunyai  harga yang telah disetujui dan disepakati bersama  dengan tujuan untuk kemaslahatan semua orang. Hal inilah yang mengharuskan suatu harga untuk setiap produk atau setiap orang  yang memiliki produk sama harus mempunyai  harga yang sama boleh berbeda namun hanya sedikit, biar terjadi sebuah penyelewengan atau melanggar peraturan maka akan menjadi sebuah kendala perkembangan ekonomi. Dari masalah ketidakpastian ini pasar hadir untuk memberikan suatu solusi.

Baca Juga :  √Apa itu Surat Edaran: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, Bagian

Pasar berfungsi untuk membentuk dan menetapkan harga dengan tujuan di semua tempat dan kalangan harga itu sama tentunya dengan syarat-syarat yang berlaku seperti harga telah disesuaikan dengan geografis, kondisi masyarakat, kondisi perekonomian yang berupa permintaan dan penawaran serta masih banyak lainnya. Itu semua dalam ruang lingkup besar, sedangkan dalam ruang lingkup kecil fungsi pasar yang menjadi pembentuk harga dilihat ketika ada proses negoisasi  antara pembeli dan penjual yang menghasilkan harga minimal namun tetap menguntungkan bagi produsen atau penjualnya.


Sarana untuk promosi


Pasar menjadi salah satu tempat paling cocok  untuk digunakan sebagai sarana promosi. Dikarenakan dalam pasar terdapat banyak sekali orang dan kerumunan yang sedang mencari kebutuhannya . Hal inilah yang dijadikan produsen sebagai ajanag guna pengenalan produk-produk yang dimilikinya dengan harapan banyak konsumen yang tertarik akan barang – barang  produksinya tersebut.  Dengan adanya pasar maka pihak produsen akan lebih mudah untuk  mendapatkan bantuan dan juga kemudahan dalam hal promosi, yang biasanya promosi memerlukan biaya banyak untuk memasukkannya dalam iklan media cetak maupun  media elektronik, namun apabila dalam pasar, para produesn tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak namun hanya pergi ke pasar dan mengenalkan lalu menjual produk yang mereka miliki. Inilah esensi dari fungsi pasar sebagai sarana promosi yang dapat dimanfaatkan oleh pihak produsen untuk mengenalkan produknya tanpa ada  kesullitan dan syarat yang rumit.


Tempat mencari keuntungan


Tidak bisa dihindari  bahwasannya kebanyakan orang melakukan kegiatan ekonomi dan berkecimpung di pasar untuk mencari sebuah keuntungan. Pasar bisa menjadi pilihan yang  tepat bagi para produsen untuk mencari sebuah keuntungan, tentu keuntungan yang diraih bukan hasil dari kecurangan karena dalam pasar selalu menjunjung kejujuran dan keadilan, jadi siapa yang bekerja keras maka dia lah yang akan mendapatkan keuntung lebih dibanding  dengan  pihak yang kurang aktif dalam promosi atau yang lainnya.

Dengan adanya pasar ini para produsen bisa menjual barang dagangannya yang bisa memberikan pemasukan bagi mereka para produsen. Pasar disini sangat menolong sekali  karena semua pihak tidak perlu membangun dari awal jaringan konsumsi atau sulit mencari konsumen, namun dalam pasar masalah tersebut akan hilang seketika  karena dalam pasar sudah terdapat satu kesatuan antara produsen dan konsumen dimana semua saling mencari keuntungan, baik dari segi moral maupun materil.

Baca Juga :  √ Cerita Daerah Papua : Legenda Asal Usul Burung Cendrawasih

Pembentukan kreatifitas


Hadirnya sebuah  pasar bisa membentuk kreatifitas tinggi bagi produsen maupun konsumen. Bagi produsen kratifitas dan inovasi wajib dilakukan untuk selalu menarik terus  konsumen untuk membeli hasil produksinya, selain itu kreatifitas harus tetap dilakukan karna  sesuatu yang baru harus diciptakan agar tetap bisa bersaing dan bertahan di pasar. Sedangkan untuk konsumen kreatifitas mereka akan terlatih untuk melatih kepekaannya dalam memilih dan memutuskan hasil produksi atau barang yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Selain itu konsumen juga lebih mudah dalam mengembangkan pemikirannya dalam selektif memilih suatu  barang. Tidak hanya itu permasalahan yang ada di pasar mampu membentuk kreatifitas produsen dan konsumen hal ini akan  terlihat ketika mereka menyikapi dan mengatasi permasalahan tersebut.


Mempererat tali silaturrahmi


Dalam sebuah pasar pasti akan terjadi sebuah komunikasi ataupun interaksi anatar pihak yang bersangkutan bisa antara produsen dengan produsen bisa juga antara produsen dengan konsumen saat transaksi sedang berjalan. Tanpa kitasadari  hal sederhana tersebut bisa berbuah hal yang manis yakni persaudaraan atau silaturrahmi antar individu jadi semakin erat.

Dengan demikian selain kegiatan dengan  kebutuhan ekonomi terpenuhi kebutuhan sosialpun akan terpenuhi pula, perlu kita ingat bahwasannya manusia diciptakan di dunia ini menjadi makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain agar  tetap hidup di dunia ini. Selain itu dengan adanya pasar bisa menjadi fasilitas dimana bertemunya dua pihak yang saling memiliki tujuan bertemu untuk membuat suatu kesepakatan bersama yang tedapat  dalam kegiatan jual beli dan tawar menawar.


Melatih daya juang dan saing


Mungkin diantara kita bertanya-tanya apa hubungannya daya juang serta saing dalam pasar, tentu ada kaitannya. Dengan terjunnya seseorang ke dalam pasar maka ia harus siap untuk berjuang dan bersaing dengan situasi dan kondisi yang terdapat  di sekitar mereka, tidak memandang status, golongan dan lainnya. Dalam pasar semua sama tergantung apa yang bisa dilakukan, bagi yang menginginkan untuk sukses maka mereka akan bekerja keras dan melakukan semua yang mereka bisa agar dapat  bisa  bersaing namun akan tetap dalam koridor yang benar. Dan bagi pihak yang malas atau tidak mau berusaha maka mereka juga tidak akan mendapatkan apa-apa. Jadi  bagi pihak yang sudah terlatih akan terbiasa untuk berjuang dan juga bersaing maka ketika mereka keluar dari pasar akan menjadi individu yang sangat kuat dan mampu memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupnya.

Baca Juga :  √ Prinsip Demokrasi : Pengertian ,Ciri ,Prinsip ,Macam ,dan Contohnya

Sarana pembangunan nasional


Dalam sebuah negara perlu adanya sebuah perubahan  berupa pembangunana, dengan adanya hal tersebut suatu negara tentu  bisa berkembang, selain itu juga bisa menciptakan kesejahteraan bagi semua  masyarakat yang ada di daerah tersebut. Tidak bisa dipungkuri bahwasannya memang pembangunan sangat diperlukan bagi semua negara, bisa dibayangkan ketika suatu bangsa  tidak pernah mengalami pembangunan, maka secara otomatis mereka akan tertinggal.

Pasar mempunyai keterkaitan erat dengan pembangunana nasional, karena dalam pasar tersedia bahan, alat atau sumber daya lain yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembangunan. Selain itu pasar juga menjadi salah satu pemasok dana bagi pembangunan yang ada yakni dari pajak yang selalu  mereka  bayarkan. Inilah yang mendasari  fungsi pada pasar sebagai sarana pembangunan nasional.


Meningkatkan pemasukan negara


Pemasuka negara atau sering disebut dengan devisi negara ialah salah satu asset yang sangat  penting bagi negara. Dana yang ada bisa digunakan untuk keperluan pembangunan, membayar hutang negara jika mereka memiliki, digunakan untuk kerjasama dengan antar  pihak lain, dan lain sebagainya. Ada beberapa pemasukan yang diterima oleh negara antara lain pajak, denda pajak, sanksi pelanggaran, omset dan lainnya. Pasar menjadi salah satu pihak penyumbang dana terbesar bagi negara, karena didalam pasar hampir semuanya berkaitan dengan yang namanya  uang dan keuntungan.

Kegiatan produksi menghasilkan uang yang harus dibayarkan setengahnya  untuk pajak, kegiatan konsumsi juga menghasilkan uang yang pada akhirnya harus disisihkan untuk membayar sewa lokasi atau sewa tempat dan masih banyak lagi. Bisa dibilang pemasukan negara akan membaik jika kondisi pasar negara tersebut juga ikut membaik. Jadi  pada dasarnya kehadiran pasar bisa membantu pemerintah dalam melaksanakan tugasnya guna untuk mencapi tujuan yakni kesejahteraan masyarakat. Dengan hal tersebut maka kondisi perekonomian dan kondisi negara tersebut akan ikut membaik  dan terkendali.