Pengertian Indikator

Diposting pada

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

apa itu indikator? Pasti diantara kalian sudah banyak yang mendengar istilah indikator. Siswa bisa juga dikatakan tuntas apabila materi sudah bisa mencapai indikator – indikator yang sudah tentukan. Dalam mengajarkan bab atau tema pelajara pengajar diharapkan bisa melakukan penilaian secara berkesinambungan agar bisa mengetahui peserta didik sudah mencapai indikator yang sudah ditetapkan. Dalam dunia pembelajaran indikator adalah akan ada yang selalu ditemukan saat akan memulai bab baru dalam materi tertentu. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian indikator secara umum.

Indikator  ialah ukuran dari suatu kondisi tidak langsung yang sudah atau telah terjadi. Pertimbangan dalam menentukan indikator ialah  karakteristik dari mata pelajaran tertentu, contohnya pelajaran bahasa yang pastinya memiliki karakteristik yang  berbeda – beda  dengan mata pelajaran eksak seperti pelajaran matematika, pelajaran fisika, pelajaran kimia dll.  Berikut  ini pengertian indikator menurut para pakar.

Pengertian Indikato


  • Menurut Darwin Syah


Indikator ialah ciri atau tanda yang menunjek bahwa peserta didik yang telah berhasil memenuhi standard kompetensi pendidikan yang berlaku dan telah ditetapkan.


  • Menurut Wilson dan Sapanuchari


Indikator ialah ukuran sebuah kondisi secara tidak langsung yang telah terjadi. Seperti kondisi massa atau bobot bayi telah disesuaikan dengan usianya.


  • Menurut Green


Indikaor ialah variable yang menunjukan kepada pengguna tentang kondisi tertentu maka dari itu bisa digunakan untuk meperkirakan  perubahan.


  • Menurut WHO


Indikator merupakan  variable yang membantu  dalam kegiatan perubahan yang terbentuk  secara langsung atau tidak langsung.

Baca Juga :  √ Pengertian Prestasi Diri Bagi Keunggulan Bangsa : Upaya Dan Sifatnya

  • Berdasarkan  Buku Petunjuk Teknis Standard Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan


Indikator ialah variable yang bisa digunakan untuk evaluasi keadaan atau status dan kemungkinan dilakukan pengukuran ke perubahan  yang telah terjadi dari waktu ke waktu


  • Berdasarkan  Departemen Kesehatan Amerika Serikat


Indikator merupakan  statistic dari hal normal menjadi perhatian yang bisa membantu dalam penilaian ringkas, komprehensif, dan berimbang untuk kondisi atau aspek penting dari bangsa  tertentu.

Setelah membahas pengertian indikator menurt beberapa ahli dapat disimpulkan pengertian indikator merupakan  ciri, ukuran, atau karakteristik yang menunjukan dan mengindikasi perubahan yang akan  terjadi pada suatu bidang tertentu. Selain itu indikator juga bermanfaat bagi manusia melakukan kegiatan sekaligus agar mengetahui sejauh mana kegiatan yang  sudah dilakukan berubah atau berkembang.

Di Indonesia indikator biasanya berkaitan tentang keberhasilan pemerintah untuk menjalankan pemerintahan bagi  kesejahteraan rakyat. Jadi indikator merupakan  kesejahteraan bangsa. Indikator emiliki beberapa jenis karena berbeda objek  yang diukur pasti berbeda pula  indikatorya. Berikut jenis indikator yang umum yaitu.


Jenis Jenis Indikator


  • Indikator kinerja karyawan


arti indikator kinerja karyawan adalah sebagai tolak ukur karyawan demi  menjaga kualitas pekerjaan sesuai standard kebutuhan perusahaan. Demi  mengukur kinerja karyawan ada beberpa indikator yang selalu digunakan yaitu ketepatan waktu, kualitas pekerjaan, kemandirian, efektivitas dan sebagainya. Di dunia kerja indikator dijadikan untuk pengukuran yang dilakukan oleh  perusahaan dalam pemberian apresiasi dan insentif untuk karyawan  yang memiliki kinerja baik.


  • Indikator pembelajar


Arti indikator  pembelajaran ialah penjelasan secara menyeluruhan dari kompetisi dasar. Penjabaran menunjuk respon yang diberikan peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang  telah  dilakukan oleh  pendidik.


  • Indikator penelitian


Indikaor dalam penelitian ini lebih sering dipakai untuk dunia sains. Indikator banyak diterapkan untuk penelitian ialah indikator asam basa. Seorang peneliti memperkirakan  tingkat keasaman atau basa sampel tertentu memakai indikator tersebut.

Baca Juga :  √ Gagasan Pokok Adalah : Pengertian, Ciri, Cara Menemukan dan Letaknya

Ciri Indikator / Karakteristik Peserta Didik Yang Kreatif

Anak atau peserta didik yang kreatif menjadi dambaan orang tua dan guru. Anak-anak yang kreatif pun biasanya cendrung sukse dalam menjalani hidup ketika sudah dewasa. Apa cirri-ciri peserta didik yang kreatif? Utami Mnandar (1992) mengemukakan Indikator kreativitas seperti berikut;

1. Senang mencari pengalaman baru
2. Memiliki kesyikan dalam mengerjakan tugas-tugas yang sulit
3. Memiliki inisiatif
4. Memiliki ketekunan yang tinggi
5. Cendrung kritis terhadap orang lain
6. Berani menyatakan pendapat dan keyakinannya
7. Selalu ingin tahu
8. Peka atau perasa
9. Enerjik dan ulet
10. Menyukai tugas-tugas tang majemuk
11. Percaya kepada diri sendiri
12. Mempunyai rasa humor
13. Memiliki rasa keindahan
14. Berwawasan masa depan dan penuh imajinasi


Banyak kesamaan dengan pendapat Utami Munandar, Clark (1988) mengemukakan karakteristik kreativitas seperti berikut;

1. Memiliki kedisiplinan diri yang tinggi
2. Memiliki kemandirian yang tinggi
3. Cendrung sering menentang otoritas
4. Memiliki rasa humor
5. Mampu menentang tekanan kelompok
6. Lebih mampu menyesuaikan diri
7. Senang berpetualangan
8. Toleran terhadap ambigiutas
9. Kurang toleran terhadap hal-hal yang membosankan
10. Menyukai hal-hal yang kompleks
11. Memiliki kemampuan berfikir divergen yang tinggi
12. Memiliki memori dan atensi yang baik
13. Memiliki wawasan yang luas
14. Mampu berfikir periodic
15. Memerlukan situasi yang mendukung
16. Sensitive terhadap lingkungan
17. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
18. Memiliki nilai estetik yang tinggi
19. Lebih bebas dalam mengembangkan integritas peran seks.


Piers (1976) dan Torrance (1981) berpendapat bahwa cirri-ciri krativitas seperti berikut;

1. Memiliki dorongan atau kemauan yang tinggi
2. Memiliki keterlibatan yang tinggi
3. Memiliki ketekunan yang tinggi
4. Cendrung tidak merasa puas terhadap kemapanan
5. Memiliki kemandirian yang tinggi
6. Bebas dalam mengambil keputusan
7. Menerima diri sendiri
8. Senang humor
9. Memiliki intuisi yang tinggi
10. Cendrung tertarik terhadap hal-hal yang kompleks
11. Toleran terhadap ambigiutas
12. Bersifat sensitive
13. Memiliki rasa ingin tahu yang besar
14. Tekun dan tidak mudah bosan
15. Percaya diri dan mandiri
16. Merasa tertantang oleh kemajuan atau kompleksitas
17. Berani mengambil resiko
18. Berpikir divergen.

Baca Juga :  √Arthropoda: Pengertian, Ciri, Jenis, Sistem, Struktur

Macam-Macam Indikator

Indikator asam basa adalah senyawa khusus yang ditambahkan pada larutan, dengan tujuan mengetahui kisaran pH dalam larutan tersebut. Indikator asam basa biasanya adalah asam atau basa organik lemah. Senyawa indikator yang tak terdisosiasi akan mempunyai warna berbeda dibanding dengan indikator yang terionisasi. Sebuah indikator asam basa tidak mengubah warna dari larutan murni asam ke murni basa pada konsentrasi ion hidrogen yang spesifik, melainkan hanya pada kisaran konsentrasi ion hidrogen. Kisaran ini merupakan suatu interval perubahan warna, yang menandakan kisaran pH.


  • Penggunaan Indikator Asam Basa

Larutan yang akan dicari tingkat keasamannya diberi suatu asam basa yang sesuai, kemudian dilakukan suatu titrasi. Perubahan pH dapat diketahui dari perubahan warna larutan yang berisi indikator. Perubahan warna ini sesuai dengan kisaran pH yang sesuai dengan jenis indikator.


  • Indikator yang Biasa Digunakan

Di bawah ini ada beberapa indikator asam basa yang sering digunakan. Indikator dapat bekerja pada larutan, maupun alkohol sesuai dengan sifatnya. Inilah contoh indikator yang digunakan untuk mengetahui pH

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Pengertian Indikator Menurut Para Ahli : Jenis, Ciri, Karakteristik, dan Macamnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.