Apa Yang Dimaksud Dengan Edmodo

Diposting pada

Pengertian Edmodo

Edmodo merupakan platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, yaitu dengan mengutamakan privasi siswa guru dan juga siswa dapat berbagi catatan, tautan dan juga dokumen. Disini guru juga mempunyai kemampuan untuk emngirimkan susuatu dalam rangka waktu yang dapat di lihat publik.

Apa Yang Dimaksud Dengan Edmodo

Sejarah Edmodo

Edmodo didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff O’Hara. Edmodo adalah sebuah platform Microblogging yang secara khusus dikembangkan dan dirancang untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam suatu ruang kelas. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagi konten berupa teks, gambar, links, video, maupun audio. Edmodo bertujuan untuk membantu pendidik memanfaatkan fasilitas social networking sesuai dengan kondisi pembelajaran di dalam kelas.

Edmodo adalah layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara komunitas kelas mereka sendiri dengan aman. Edmodo digunakan untuk berbagi konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap aktifitas, melakukan kuis dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap keterlibatan pengalaman belajar antar siswa di kelas juga siswa lainnya dalam jaringan belajar professional.

Menurut Pitoy (2012), menyatakan bahwa Edmodo merupakan sebuah platform sosial network bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi. Sebagai pendidik, Edmodo memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas, nilai serta peringatan secara langsung kepada siswa. Sedangkan sebagai siswa, fitur yang diberikan adalah mereka dapat berkomunikasi dengan gurunya secara langsung, berdiskusi dengan siswa lain, mengirimkan tugas secara langsung dan banyak lagi.

Menurut Jenna Zwang (2010) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: A Free, Secure Social Networking Site For School, menyatakan bahwa Edmodoadalah sebuah situs pendidikan berbasis social networkingyang di dalamnyaterdapat berbagai konten untuk pendidikan. Guru dapat memposting bahan-bahan pembelajaran, berbagi link dan video, penugasan proyek, dan pemberitahuan nilai siswa secara langsung. Selain itu juga Edmodo dapat menyimpan dan berbagi semua konten digital termasuk blog, link, gambar, video, dokumen, dan presentasi.

Menurut Frank Gruber (2008) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: Microblogging for Education, Edmodo memberikan kemudahan bagi user untuk membuat grup dah berbagi file, links, video (embed video) dan gambar dilengkapidengan peringatan (alert), penugasan (assignment) dan agenda kegiatan (event).

Maka dapat disimpulkan bahwa Edmodo adalah sebuah platform web dengan menggunakan konsep social networking berbasis Microblogging yang dikhususkan untuk membangun lingkungan belajar online yang aman untuk berbagi data, informasi serta konten-konten pendidikan baik berupa tulisan,dokumen, video, audio, foto, kalender, link yang dapat dibagikan baik oleh guru maupun siswa danjuga konten khusus berupa nilai, kuis, acara kegiatan, penugasan dan poling yang hanya dapat dibagikan oleh guru.

Baca Juga :  Pengertian Basis Data

Fitur-Fitur Edmodo

Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah ini adalah fitur yang ada pada Edmodo.


  • Assignment

Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain itu, kiriman Assignment jugaterdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook.


  • File and Links

Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.


  • Quiz

Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiap butir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa oleh guru terlebih dahulu.


  • Polling

Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Berikut dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapan siswa terhadap materi fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan.


  • Gradebook

Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa dilakukanberdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz.Penilaian pada gradebookdapat di-export menjadi file.csv.

Dalam fitur ini, guru mengatur penilaian hasil belajar seluruh siswa.Guru dapat mengatur nilai maksimal pada masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem. Untuk penilaian Quiz diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa. Pada siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.


  • Library

Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya.Link dan File yang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur ini dapat digunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehingga siswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo.

Baca Juga :  Asal Usul Sungai Mahakam

  • Award Badges

Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepadasiswa maupun kelompok. Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreatifitas guru dalam memberikan penghargaan.


  • Parents Codes

Menurut Rismayanti (2012), Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing siswa dapat bergabung memantauaktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada masing-masing orangtua/wali. Akses kode untuk orang tua siswa dapat diperoleh dengan mengklik nama kelas.


Fungsi Edmodo

Fungsi dari edmodo ialah mempermudah komunikasi antara murid engan guru atau dosen. Sebagai sarana komunikasi belajar. Sebagai tempat untuk ujian dan yang lainya. Dengan semua fitur-fitur yang ada, di dunia maya harus menjadi emdia yang sempurna untukmeningkatkan kehidupan nyata pendidikan.


  • Dalam Sudut Pandang Guru

emdodo juga menggambarkan dirinya sebagai jaringan sosial pembelajaran yang aman bagi guru dan siswa nya. Merekan membuktirkannya dengan menyediakan dua jenis tombol yang  dapat anda pilih, yaitu “I’m a student dan I’m a teacher”.

Untuk tujuan percobaan, mali lihat layanan dari kedua perspektif. Fimulai dari sisi guru terlebih dalhulu ya. Window singn up terlihar dapat dengan semua field bisa untuk disiis. Apli kemudian anda akan emlihat bahwa bersi siswa mempunyai perbedaan khas.


  • Dalam Sudut Pandang Siswa

Apabila anda seorang siswa, proses pendaftaran sedikit berbeda. Selain informasi dasar pribadi anda. Ana juga akan memerlukan kode kelompok dari yang akan anda bergabung dengannya, ini ialah kode bahwa guru anda akan mendapatkan ketiaka merekan membuat kelompok. Setelah login, anda akan menemukan dagtar kelompok bahwa anda telah bergabung tepat di bawah avatar anda, apabila anda ingin bergabung dengan kelompok lainnya, mempunyai kode akses danklik tombol “join”.

  1. Guna mempermudah komunikasi antara murid dengan guru atau guru dengan guru atau pun dosen.
  2. Sebagai sarana komunikasi belajar bediskusi.
  3. Juga sebagai epat untuk ujian atau pun kuis dan sebagainya.

Keguanaan Edmodo

Edmodi ini dirancang untuk membuat siswa ataupun mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang elbih akrab. Didalam edmodo, guru atau dosen bisa melanjutkan diskusi kelas online, dengan memberikan polling kinerja atau prilaku. Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa. Semua nilai dan rencana belajar di tugaskan melalui edmodo dan di sipan dan juga mudah di akses. Guru atau pun dosen dapat mendapatkan masukan dari tuang kelas melalui reaksi siswa untuk kuis, tugas, dan postingan diskusi yang menagkap pemahaman, kebingunan ataupun pefrustasian siswa.


Kelebihan edmodo


  1. User interface

Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah idgunakan bahkan juga untuk peula sekalipun.


  1. Compatibility

Edmodo yaitu mendukung preview berbagai jenis format file seperti  : pdf, pptx, swh, html dan lain sebagainya.


  1. Aplikasi

Edmodo tidak hanya bisa diakses dengan menggunakan laptot atau dekstop saja, akan tetapi busa juga di akses degan menggunakan gadjed berbasis androis os.


Kekurangan Edmodo


  1. Sosial media

Edmodo ini tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun seperti facebook, twiter dan yang lainya. Padahal pada saat ini hampir setiap website terintegrasi dengan mediasosial supa penggunanya dapat berbagi.

Baca Juga :  √Teks negosiasi : Pengertian , Struktur , Kaedah dan Contohnya

  1. Language

Penggunaan bahasa program yang masih berbagasa inggris sehingga terkadang juga menyulitkan guru atau siswanya.


  1. Video conference

Video conference ini belum tersedia di edmodo. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa apabila guru tidak dapat hadir secara langsung di ruang kelas.


Implikasi Edmodo Untuk Pembelajaran Pada Pendidikan Jarak Jauh

Edmodo seperti alat bantu belajar lainnya, bisa menjadi hanya sebuah platform online untuk mendorong pembelajaran pendidik secara jarak jauh, atau dapat menjadi cara lebih kreatif untuk melibatkan para peserta didik dalam pembelajaran kolaboratif dan kognisi terdistribusi (Jenkins) jarak jauh. Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar yang positif pada pendidikan jarak jauh.

 Platform ini memberikan peserta didik jalur untuk berinteraksi dengan rekan-rekan mereka dan pendidik mereka dalam suasana akademis yang berjauhan. Lebih jauh lagi penggunaan platform ini dapat mengajarkan peserta didik untuk bagaimana berperilaku secara online dan bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar mereka dengan sistem yang keamanannya terjamin yang dapat melatih kemandirian peserta didik pada pembelajaran.

Pada hakikatnya platform ini adalah mudah dipelajari dan mudah digunakan terutama bagi para pendidik yang menganggap dirinya berada di luar basis pengetahuan teknologi yang berkembang saat ini. Edmodo menyediakan lingkungan dimana mengajar dan belajar dapat menghasilkan kegembiraan peserta didik, peserta didik menjadi lebih mandiri, tanpa melupakan standar pengukuran keberhasilan peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa peserta didik akan sangat tertarik bahkan menyukai pembelajaran lewat platform ini, dan ketika peserta didik merasa senang keinginan mereka untuk dapat mengatasi materi baru dan sulit akan meningkat.

Edmodo merupakan aplikasi yang menarik untuk membangun semangat peserta didik untuk belajar pada pendidikan jarak jauh. Ini dikarenakan edmodo memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan media sosial maupun LMS lainnya sebagai berikut :

  1. Mirip facebook, mudah digunakan.
  2. Closed group collaboration: hanya yang memiliki group code yang dapat mengikuti kelas.
  3. Free, diakses online, dan tersedia untuk perangkat smart phone (android dan Iphone).
  4. Tidak memerlukan server di sekolah.
  5. Dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
  6. Edmodo selalu diupdate oleh pengembang.
  7. Edmodo dapat diaplikasikan dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satu kota/kabupaten.
  8. Edmodo dapat digunakan bagi peserta didik, pendidik, dan orang tua.
  9. Edmodo digunakan berkomunikasi menggunakan model sosial media, learning material, dan evaluasi.
  10. Edmodo mendukung model team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration.
  11. Terdapat notifikasi
  12. Fitur Badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi peserta didik.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai  √Apa Yang Dimaksud Dengan Edmodo : Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya. semoga artikek ini bermanfaat bagi anda semua.