√ Pengertian Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian demokrasi langsung

Jenis demokrasi yang akan kita bahas adalah demokrasi langsung atau bisa juga kita sebut sebagai demokrasi bersih. Mengapa disebut begitu? Di dalam jenis demokrasi ini, takyat sebagai tokoh utama dari demokrasi memiliki kebebasan secara bsolut unuk meberikan pendapatnya dalam setiap hal. Secara lebih lanjut, semua pendapat atau aspirasi rakyat dimuat dengan cepat dalam suatu pertemauan tertentu. Pada umumnya demokrasi langsung bisa diterapkan anya di daerah degnan lingkup yang kecil, seperti kota kecil atau komunitas yang belum berkembang secara lebih jauh. Hal ini dikarenakan setiap rakyat yang ikut serta dalam musyawarah mempunyai kemungkinan yang elbih besar unuk bertemu di dalam satu tempat.

√ Pengertian Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya

Pengertian demokrasi tidak langsung

Mempunyai sifat yang berlebihan dengan dmokrasi langsung, contoh demokrasilangsung dan tidak langsung mempunyai sistem penyampaian pendapat rakyat yang berbeda. Untuk menyampaikan pendapatnya, rakyatt diharuskann menyampaikan pendapat tersebut kepada perwakilan rakyat. Lalu, perwakilan rakyat itulah yang meneruskan pendapat rakyat pada musyawarah pengambilan keputusan terkait suatu masalah tertentu. Jenis demokrasi satu ini cocok untuk di terapkan pada negara yang mempunyai tingkat permasalahan yang lebih kompleks dan juga jumlah rakyat yang besar.

Contoh demokrasi langsung

  1. Pemilihan umum

Pemilihan umum atau dapat kita singkat menjadi pemilu ialah salah satu pesta demokrasi terbesar bagai setiap negara yang ada di negara ini. Terdapat jenis-jenis pemilu yang berbeda, bergantung pada siapa yang dipilih di dalam pemilu tersebut. Entah presiden dan wakil nya atau angota legislatif. Pemilu ialah bentuk domokkrasi langsung karena semua rakyat mempunyai hak yang sama untuk memilih calon yang dikehendaki.

  1. Demonstasi atau unjuk rasa

Salah satu cara mengemukakan pendapat di muka umum ialah dengan melakukan demonstrasi atau unjuk rasa. Unjuk rasa sendiri merupakan pernyataan pendapat secara massal yang di lakukan oleh sekelompok orang dalam jumlah besar. Salah satu contoh demonstrasi yang paling besar pengaruhnya di indonesia ialah saat rakyat dan para mahasiswa menduduki gedung MPR dan DPR menuntut turunnya presiden soeharto pada tahun 1998.

  1. Pemilihan kepala desa

Seperti halnya pemiliha umum presiden dan anggota legislatif, pemilihan kepada desa juga adalah salah satu contoh pelaksanaan demokrasi langsung dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan pada tingkatan organisasi pemerintah yang kecil seperti desa pun rakyat bisa menyalurkan suara dalam pemilihan kepala desa untuk memilih calon yang dikehendakinya.

Contoh demokrasi tidak langsung

Didalam satu negara, contoh demokrasi langsug dan tidak langsung pasti di gunakan dalam kehdupan berpolitik negara tersebut, terlebih demokrasi tidak langsung, demokrasi ini paling banyak dipakai untuk menhsilakn berbagai keputusan penting suatu negara. Jadi, seperti apa tepatnya pelaksanaan demokrasi tidak langsung di dalam kehidupan suatu negara? Berikut ialah beberapa contoh pelaksanaan demokrasi tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pembuatan undang-undang

Di dalam suatu negara tentunya terdapat banyak rakyat yang tidak bisa disatukan di dalam satu ruang saja. Maka dari itu pembuatan undang-undang sendiri di gunakan prinsip perwakilan rakyat. Pembuatan undang-undang adalah salah satu tugas dan wewenang DPR. Pembuatan undang-undang sangatlah penting karena undang-undang ialah salah satu kebijakan publik yang berpengaruh besar tehadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

  1. Pemilihan ketua umum dewan perwakilan rakyat

Dewan perwakilan rakyat memang merpakan lembaga yang mewakili rakyat suatu negara. Di dalamnya terdapat ketua yang harus memimpin lembaga tersebut agar berjalan sebagai mestinya. Pemilihan ketua umum DPR ini melalui mekanisme musyawarah dari para perwakilan rakyat yang ada di DPR.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Pengertian Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Berdaulat Adalah : Arti, Sifat, Pemerintah Yang Berdasarkan Kedalam dan Keluar
Baca Juga :  √ Bentuk Kerjasama ASEAN Perserta Pengertian
Baca Juga :  √ Ancaman di Bidang Ekonomi Non Militer
Baca Juga :  √ Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial : Pengertian, Ciri, Faktor, Penyebabnya