√ Pasar Persaingan Tidak Sempurna : Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Sebenarnya, apa itu pasar persaingan tidak sempurna? Pengertian pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisir dengan baik dimana tampak sedikit penjual tapi jumlah pembelinya sangat banyak.

Dalam pasar persaingan tidak sempurna (inperfect competition market) hanya ada beberapa penjual yang menguasai pasar sehingga penjual dapat menentukan harga dan mengambil keuntungan yang lebih besar.

Disebut pasar persaingan tidak sempurna ialah karena pasar tersebut telah dianggap ‘cacat’ sehingga timbul ketidakadilan dalam pasar. Di pasar ini umumnya terdapat beragam jenis barang atau jasa yang dijual (heterogen) namun jumlahnya terbatas.

Pasar-Persaingan-Tidak-Sempurna


Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna


  • Tidak terlalu sulit untuk mengetahui bahwa sebuah pasar termasuk di dalam pasar persaingan tidak sempurna, yakni dengan melihat karakteristiknya. Berikut ini ialah ciri-ciri pasar persaingan tak sempurna tersebut:
  • Di dalam pasar hanya ada beberapa penjual, akan tetapi  jumlah pembelinya sangat banyak.
  • Terdapat unsur monopoli karena penjual dapat menentukan sendiri harga produk yang dijual.
  • Interaksi ekonomi atau yang kita kenal dengan permintaan dan penawaran kurang memiliki fungsi dalam penentuan harga.
  • Produses atau penjual baru cenderung agak sulit masuk ke dalam pasar karena para pembeli biasanya lebih memilih belanja ke penjual lama.
  • Beberapa produsen lama cenderung bekerjasama untuk menjatuhkan produsen yang  baru dan menimbulkan ketidakadilan.
  • Terdapat banyak jenis barang atau jasa namun sulit untuk mendapatkan barang alternatif dengan peranan  yang sama.
Baca Juga :  √ 16 Contoh Kapitalisme Yang Melanda Dunia

Macam-Macam Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Bentuk pasar ini terdiri dari beberapa macam, yakni pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni. Berikut penjelasannya:


1. Pasar Monopoli


Pasar monopoli ialah suatu pasar yang dikuasai oleh satu produsen besar yang bisa melayani permintaan seluruh konsumen. Umumnya produsen besar ini tidak perlu lagi melakukan promosi karena sudah dikenal oleh masyarakat.

Produsen pada jenis pasar monopoli juga telah menetapkan hak cipta dan hak administrator terhadap produk mereka. Hal tersebut membuat perusahaan lain sulit tuk berkembang karena tidak dapat membuat produk sejenis.


Beberapa contoh perusahaan di pasar monopoli adalah:


  • Perusahaan Listrik Negara (PLN)
  • Telkom Indonesia
  • Perusahaan Minyak Bumi dan Gas

2. Pasar Monopolistik


Pasar monopolistik ialah suatu pasar yang di dalamnya terdapat banyak produsen dengan produk yang sama, namun semua produk tersebut masih mempunyai  kualitas tersendiri. Pada pasar ini, para produsen bisa masuk dan keluar dengan mudah sehingga jumlah penjualnya tidak terbatas. keberhasilan masing-masing produsen ditentukan oleh kemampuannya dalam berinovasi, kreativitas, dan promosi yang dilakukan.

Dalam penentuan harga produk didasari oleh segi keunggulan, fungsi, kemasan, dan lain-lain. Sehingga harga barang di yang ada dipasar monopolistik sangat lah beragam dan bukan penentu dalam peningkatan angka penjualan.


Beberapa contoh pasar monopolistik adalah:

  • Pasar perabotan rumah tangga
  • Pasar makanan kemasan
  • Pasar pakaian
  • Pasar aneka minuman rasa

3. Pasar Oligopoli


Pasar Oligopoli merupakan suatu pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen atau penjual dan jumlah pembelinya banyak. Produk yang dijual di pasar ini sifatnya sama walaupun penjualnya berbeda-beda.

Persaingan di pasar oligopoli agak ketat karena angka penjualan dipengaruhi oleh banyak faktor. Penjual baru di pasar ini biasanya cukup sulit untuk berkembang karena pembeli cenderung lebih memilih penjual lama.

Baca Juga :  √ Ciri Pithecanthropus Erectus : Nama Penemu, dan Tempat Penemuannya

Beberapa contoh pasar Oligopoli adalah:


  • Industri rokok
  • Industri baja
  • Industri sabun
  • Industri pasta gigi

4. Pasar Monopsoni


Pasar monopsoni merupakan suatu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual, namun jumlah pembelinya sangat lah sedikit atau tunggal. Produk yang dijual di pasar ini mempunyai kualitas bagus karena pedagang berlomba-lomba menjadi yang terbaik agar tidak kalah untuk bersaing.

Pada pasar monopsoni, pembeli sangat diuntungkan karena bisa menentukan harga barang. Akan tetapi, tentu saja penjual tetap berusaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.


5. Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni merupakan suatu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan beberapa pembeli. Produk yang dijual di pasar Oligopsoni biasanya ialah bahan mentah atau hasil alam. Dan konsumen biasanya ialah pedagan yang akan mengolah bahan mentah tersebut untuk dijual kembali.

Harga barang atau jasa di pasar ini cenderung stabil dan lebih ditentukan oleh konsumen. Akan tetapi, tentu saja para produsen berusaha untuk bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.