√ Nama Menteri Luar Negeri Yang sekarang: Profil dan Kinerjanya

Diposting pada

Profil Menteri Luar Negeri Indonesia

Retno LP Marsudi diangkat menjadi seorang Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada tanggal 27 Oktober 2014. Menlu Retno merupakan perempuan pertama yang menjadi Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. Retno Marsudi yang berkarier di departemen luar negeri ini dianggap bisa dalam memainkan peran Indonesia di pecaturan dunia. Ia merupakan salah satu menteri Kabinet Kerja Joko Widodo yang dipilih dari kalangan birokrat.

√ Nama Menteri Luar Negeri Yang sekarang: Profil dan Kinerjanya

Retno Lestari Priansari Marsudi yang sering panggilan Retno. beliau lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 27 November 1962. Retno menikah dengan seorang arsitek bernama Agus Marsudi, serta dikaruniai dua orang anak yaitu Dyota Marsudi dan juga Bagas Marsudi. Pendidikan dasar sampai menengah dijalani di kota Semarang. Sedangkan kuliahnya dia mengambil Hubungan Internasional di Fisip UGM, kota Yogyakarta. Setahun sebelum selesai kuliah, Retno lulus seleksi beasiswa dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Ia mendapatkan beasiswa setahun dan setelah lulus kuliah langsung direkrut oleh Kemenlu. Di usia yang ke-30 tahun, kariernya dimulai dengan menjadi seorang diplomat. Dia mendapat tugas  berat, berangkat ke Australia untuk tujuan membicarakan isu yang memojokkan Indonesia dalam pembantaian warga Timor Leste di Santa Cruz, Dili.

Di tahun 1997, kariernya terus meningkat ketika dikirim ke Belanda sebagai sekretaris bidang ekonomi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda. Dia menjadi direktur Eropa serta Amerika, dan di usia  43 tahun, dia menjadi dubes Indonesia untuk Norwegia dan juga Islandia.

Setelah kembali ke Indonesia serta bertugas di kementerian luar negeri, ia kembali dipercaya oleh pemerintah untuk menjadi duta besar Indonesia di Belanda pada tahun 2012. Bertugas selama dua tahun di Belanda, ia diminta kembali untuk ke Jakarta

Kepemimpinan Indonesia semakin diperkuat dengan menjabatnya retno sebagai Menlu, yang telah menjadikan Indonesia sebagai bagian solusi berbagai permasalahan yang terjadi di kawasan dunia. Kepemimpinan Menlu Retno muncul pada saat Indonesia menjadi tuan rumah, yaitu: Peringatan 60 Tahun Konf​erensi Asia-Afrika di bulan April 2015, dan dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengenai Palestina dan juga Al-Quds Al-Sharif di Jakarta pada tahun 2016, serta dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA) pertama di tahun 2017.

Selain itu dibawah kepemimpinan Menlu Retno, Indonesia menginisiasi Kerja Sama Trilateral (Indonesia – Malaysia – Filipina) dalam menjawab ancaman keamanan di Perairan Sulu dan juga sekitarnya. Kerja Sama Trilateral diinisiasi Indonesia dalam menangkal terorisme, terutama sesudah serangan teroris di Marawi.

Dari tahun 2008 sampai 2012, Menlu Retno menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika dan juga Eropa. Di masa jabatannya, Indonesia telah membangun kerja sama strategis atau komprehensif dengan negara-negara lain, diantaranya Amerika Serikat, Uni Eropa dan juga Brazil.

  • KELUARGA

Suami            : Agus Marsudi

Anak                        : Dyota Marsudi dan Bagas Marsudi

  • PENDIDIKAN
  • SD, di Kota Semarang, lulus
  • SMP, di Kota Semarang, lulus
  • SMA di Negeri 3 Semarang, lulus
  • S1, Universitas Gadjah Mada, di Yogyakarta,tahun
  • S2, Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool Belanda

  • KARIER
  • Third Secretary Penerangan di KBRI Canberra (1990 – 1994)
  • Counselor Ekonomi KBRI Den Haag (1997 – 2001)
  • Deputi Direktur Kerja Sama Ekonomi Multilateral (2001)
  • Direktur Kerja Sama Intra-Kawasan Amerika serta Eropa (2002 – 2003)
  • Direktur Eropa Barat ( 2003 – 2005)
  • Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia dan juga Republik Eslandia, 2005-2008
  • Direktur Jenderal Amerika dan juga Eropa pada Kementerian Luar Negeri RI, 2008 – 2012
  • Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan di Belanda 2012 – 2014
  • Menteri Luar Negeri Republik Indonesia 2014-2019

  • PENGHARGAAN
  • Order of Merit (Grand Officer), bintang jasa tertinggi kedua di Norwegia, diberikan oleh Raja Norwegia, pada Desember 2011. Retno orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan tinggi tersebut.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Nama Menteri Luar Negeri Yang sekarang: Profil dan Kinerjanya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √ 9 Negara Yang Pertama Kali Mengakui Kemerdekaan Indonesia
Baca Juga :  √ Bahaya Narkoba Bagi Remaja : Pengertian, Macam dan Bahayanya
Baca Juga :  √ Asas Perjanjian Internasional : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Macam, Tahap dan Asasnya
Baca Juga :  √ Konsep Pembagian Kekuasaan Di Indonesia: Secara Horisontal dan Vertikal