√Media Pembelajaran Online : Pengertian, Jenis, Ciri, Keuntungan dan Kerugian

Diposting pada

Pengertian

Media Pembelajaran Online adalah sebuah pembelajaran yang menggunakan internet, intranet dan ekstranet, atau pembelajaran yang memakai jaringan komputer yang terhubung secara langsung dan luas cakupannya .

√Media Pembelajaran Online : Pengertian, Jenis, Ciri, Keuntungan dan Kerugian

Jenis-jenis

  1. Web Supported e-Learning

Pembelajaran dilakukan secara tatap muka dan didukung dengan penggunaan website yang berisi rangkuman, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, tugas, dan disertai tes singkat.

  1. Blended or mixed mode e-Learning,

Proses pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dan sebagian lagi dilaksanakan secara online .

  1. Fully online e-Learning format

Semua proses pembelajaran dilakukan secara online termasuk tatap muka antara pendidik dan peserta didik yang juga dilakukan secara online, teknologi teleconference biasanya dijadikan pilihan.

Ciri-ciri

  1. Kecepatan Informasi

Ini merupakan karakteristik media online yang paling mencolok dibandingkan dengan media konvensional. Peristiwa atau kejadian di lapangan bisa langsung diupload dalam hitungan detik atau menit. Tak seperti media cetak yang membutuhkan waktu lebih lama dalam hal publikasinya.

  1. Informasi Dapat Di-Update

Penyampaian informasi di media online bisa dilakukan secara realtime dan terus menerus. Ketika ada pembaruan/ update informasi mengenai informasi lama, maka bisa dilakukan perubahan. Proses pembaruan/ update ini bisa dilakukan secara realtime.

  1. Dapat Berinteraksi Dengan Audiens

Ini merupakan salah satu kelebihan dari media online, fungsi interaktif yang tak dimiliki media konvensional. Media online mempunyai fitur email, chat, survey, kolom komentar, dan lain-lain, yang berfungsi sebagai cara berinteraksi dengan audiens.

  1. Personalisasi

Pengguna sebuah media online bisa menentukan atau memilih informasi seperti apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, maka pengguna hanya membaca informasi yang relevan pada pilihannya.

  1. Kapasitas Muatan Bisa Ditambah

Setiap media online didukung oleh media penyimpanan data pada server komputer. Dengan menambah kapasitas media penyimpanan, maka tidak khawati informasi lama yang pernah dipublish hilang sementara informasi baru tetap bisa dipublish.

  1. Terhubung Dengan Sumber Lain

Pada media online semua informasi yang disajikan bisa dikaitkan dengan sumber lain yang relevan, baik dari sumber yang sama maupun dari sumber yang berbeda. Dengan penggunaan Hyperlink maka pengguna bisa membuka informasi lain dengan satu klik saja.

Fungsi

– Sebagai  Sarana Informasi.

– Sebagai Sarana Sosialisasi.

– Sebagai Sarana Diskusi dan Perdebatan.

– Sebagai Sarana Pendidikan.

– Sebagai Sarana Memajukan Kebudayaan.

– Sebagai Sarana Memajukan Hiburan.

–  Sebagai Sarana Integrasi.

Keuntungan dan Kekurangan

  1. Keuntungan Media Pembelajaran Online

-Media yang Bervariasi

Internet merupaan sarana serbaguna yang memberikan informasi kepada pelajar di seluruh dunia. Situs-situs internet berisi media yang bervariasi, contohnya teks, audio, grafik, animasi, video, dan software yang bisa didownload.

– Informasi yang up-to-date

Sampai saat ini, para pendidik terbatas pada sumber-sumber yang ada di kelas maupun fasilitas sekolahnya. Sekarang, dengan kemampuan untuk menghubungkan ke sumber-sumber di komunitas dan di seluruh dunia, membuka pandangan baru mengenai pengajaran dan pembelajaran. Siswa bisa mengakses perpustakaan dan database dengan baik di luar batasan local, ini memperluas cakrawala yang lebih kecil dan sekolah pedesaan dan partisipasi individu dalam home schooling.

– Navigasi

Keuntungan utama dari ini adalah Dapat untuk bergerak dengan mudah dalam dan antar dokumen. Dengan menekan tombol atau mengklik dari mouse, pengguna bisa mencari berbagai macam dokumen di berbagai lokasi tanpa bergerak dari komputernya.

– Bertukar ide

Siswa bisa terlibat dalam “percakapan” dengan para ahli di bidang studi tertentu. Kemudian, mereka dapat berpartisipasi dalam aktivitas yang memungkinkan untuk bertukar ide dengan siswa lain, bahkan mereka yang tinggal luar negeri.

– Komunikasi yang nyaman

E-mail memungkinkan orang-orang diberbagai lokasi untuk berbagi ide, sama halnya mereka lakukan di telepon sekarang, tanpa memainkan “tag telepon” begitu umumnya di kalangan orang sibuk. Pengguna bisa “bercakap” satu sama lain di waktu yang berbeda dan meresponnya sesuai kenyamanan mereka masing-masing. Rekaman yang ditukar bisa disimpan.

– Biaya murah

Biaya hardware, software, waktu telepon, dan servis telekomunikasi murah dan terjangkau.

  1. Kekurangan Online Learning

– Umur materi yang tidak pantas

Salah satu hal yang menjadi keprihatinan beberapa topik dalam jaringan komputer, Umumnya di internet, ialah tidak cocoknya materi tersebut untuk siswa sekolah dasar. Iklan tembakau dan alkohol di internet bisa ditampilkan bersama permainan dan musik yang bisa dinikmati anak-anak.

– Hak cipta

Karena informasi begitu mudah untuk diakses, hal itu juga sangat sederhana untuk seorang individu untuk secepatnya mendownload sebuah berkas dan dengan membuat beberapa perubahan, ia bisa mengerjakan tugasnya tanpa bersusah-susah payah lagi.

– Pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya

Diperkirakan setiap harinya ribuan situs baru diunggah ke internet. Pertumbuhan ini membuat penemuan informasi jadi sangat sulit. Untuk membantu dalam pencarian informasi, beberapa perusahaan komersial dan universitas menyediakan mesin pencari dengan mengikuti link Web dan menampilkan hasil yang sesuai pada pertanyaan Anda.

– Pendukung

Dukungan teknis yang baik mesti tersedia. Tanpa dukungan dan manajemen yang bijaksana tersebut, sebuah jaringan komputer akan cepat mati. Untuk itu Teknis supervisor diperlukan untuk mengatur dan menjaga jaringan.

– Akses

Baik dengan cara sistem tertanam atau nirkabel atau modem, semua pengguna harus mempunyai sebuah cara untuk menghubungkan ke jaringan.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Media Pembelajaran Online : Pengertian, Jenis, Ciri, Keuntungan dan Kerugian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Media Pembelajaran Matematika : Pengertian, Ciri, Fungsi, Manfaat, Contoh dan Jenisnya
Baca Juga :  √Lectora Adalah : Pengertian, Sejarah, Keunggulan dan Fiturnya
Baca Juga :  √Jenis Perangkat Pembelajaran dan Pengertiannya
Baca Juga :  √Contoh Teks Laporan Hasil Observasi(LHO) : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, Struktur, Kaidah dan Contohnya