Kenampakan Alam

Diposting pada

Pengertian Kenampakan Alam

Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan terbentuk oleh peristiwa alam. Kenampakan alam yang dapat kita lihat adalah yang ada di permukaan bumi. Permukaan bumi terdiri atas daratan dan perairan. Di bagian daratan terdapat berbagai macam bentangan alam, antara lain gunung, pegunungan, sungai, danau, dataran rendah, dataran tinggi dan pantai. Sedangkan bentangan alam di bagian perairan berupa selat, laut dan samudra.


Kenampakan Permukaan Bumi Di Daratan


  • Dataran Tinggi

Dataran tinggi merupakan dataran luas yang tingginya antara 200 sampai 1500 meter dari permukaan laut. Dataran tinggi terletak ditempat tinggi atau terletak disekitar pegunungan. Contohnya dataran tinggi dieng di jawa tengah.

daratan tinggi


  • Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan dataran luas yang tingginya antara 0 sampai 200 meter (kurang dari 200 meter) dari permukaan laut. Biasanya, diwilayah ini penduduk tinggal dan melakukan kegiatan.

dataran rendah


  • Gunung

Gunung merupakan daerah permukaan yang menjulang keatas dan memiliki ketinggian lebih dari 1.500 meter. Contoh gunung adalah gunung semeru dan gunung merapi.

gunung


  • Pegunungan

Pegunungan merupakan kelompok gunung yang saling berhubungan atau bersambungan. Ketinggiannya mencapai ribuan meter, contohnya pegunungan bukit barisan di Sumatra.

pegunungan


  • Bukit

Bukit merupakan daerah permukaan yang menjulang tinggi, tetapi ketinggiannya lebih rendah dari  pada gunung. Beberapa bukit yang berderet-deret disebut perbukitan.

bukit


  • Lembah

Tanah rendah yang terletak dikaki gunung atau sepanjang sungai disebut lembah. Lembah dibatasi oleh dinding lereng gunung. Lembah yang dalam, sempit, dan dindingnya curam disebut Jurang. Lembah yang dalam dan luas disebut Ngarai, contohnya ngarai sianok di Sumatra Barat.

Baca Juga :  Fungsi Rangka

lembah


  • Delta

Delta adalah daratan yang berada di tengah sungai. Biasanya di muara sungai. Contoh: Delta Sungai Bengawan Solo

delta


  • Tanjung

Tanjung merupakan daratan yang menjorok ke laut. Tanjung yang luas disebut semenanjung,. Tanjung banyak dimanfaatkan untuk membangun pelabuhan.

tanjunga


  • Pantai

Pantai Adalah wilayah perbatasan antara dataran dan laut. Pantai dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata. Contoh: Pantai Carita,Pantai Kasih, dll. Pantai juga dimanfaatkan untuk tempat pelelangan ikan dan pembuatan garam.

pantai


Jenis Kenampakan Permukaan Bumi Di Peraian


  • Sungai

Sungai member banyak manfaat bagi manusia dan mahluk hidup lainnya. Sungai digunakan sebagai jalur perhubungan, sumber air untuk rumah tangga, budi daya ikan, serta di bendung untuk pengairan. Di Indonesia terdapat banyak sungai besar, terutama di pulau Sumatra dan Kalimantan. Sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas dengan panjang 1.086 km yang terletak di provinsi Kalimantan.

sungai


  • Danau

Danau merupakan daerah perairan yang terbentuk karena terisinya daerah cekungan oleh air, danau dapat terbentuk baik secara alami  maupun buatan (biasanya disebut waduk). Di Indonesia danau dapat dijumpai di beberapa wilayah. Danau-danau tersebut antara lain danau toba dan singkarakdi Sumatra.danau poso dan tempe di sulewesi, danau bratan dan batur di bali, danau segara anak di Lombok, serta danau gunung lamiongan di jawa timur.

danau


  • Rawa

Rawa merupakan daerah yang digenangi air dengan tanah berlumpur, rawa biasanya terdapat di daerah pantai. Keberadaan rawa sangat penting untuk mencegah kerusakan atau pencemaran lingkungan. Rawa harus dijaga kelestariannya.

rawa


  • Teluk

Teluk merupakan laut yang menjorok ke daratan. Teluk di Indonesia sangat banyak, teluk dimanfaatkan untuk pelabuhan dan tempat wisata, contoh teluk di Indonesia adalah teluk penyu, semarang, cendrawasih, dan bone.

Baca Juga :  Karakteristik Samudra Pasifik

telur


  • Selat

Selat adalah perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau. Indonesia mempunyai banyak selat karena Indonesia adalah Negara kepulauan. Beberapa selat di Indonesia antara lain selat sunda, karimata, bali, makasar, bandung, berhala, dan rote.

selta


Ciri Kenampakan Alam

ciri kenampakan alam


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Kenampakan Alam : Ciri, Jenis, Gambar, Contoh, Materi, semoga artikel ini bermafaat bagi anda semuanya.