√ Hambatan Dalam Penegakan Ham : Kondisi Geografis

Diposting pada

terwujudnya perlindungan HAM (hak asasi manusia) di suatu negara idak lepas dari kerja sama dari berbagai warga negara, aparat kepolisisan, maupunjuga pemerintahan negara tersebut. Selain itu juga, pemerintahan berserta negaranya juga harus turut andil dalam mengamati pelaksanaan penegakan HAM di negara lailn. Dalam penegakan HAM dinegara indonesia terdapat beberpa hambatan yang disebabkan oleh berbagai aspek, diantaranya ialah

√ Hambatan Dalam Penegakan Ham : Kondisi Geografis

  1. Kondisi sosial budaya

Salah satu faktor terhambatnya penegakan HAM di dindonesia ialah kondisi sosial budaya. Hal ini tidak terlepas dari kondisi indonesia yang berupa negar akepulaluan. Dengan banyaknya pulau di indonesia maka beraneka ragam pula adatt, ras, kebudayaan, maupun juga suku di indonesia.

  1. Komunikasi dan informasi

Komunikasi dan informasi menjadi salah satu penyebab terhambatnya penegakan HAM di indonesia sendiri. Hal ini dikarenakan beberapa hal:

Kondisi geografis

Kondisi geografis infoensia yang teridir dari gunung, rawa, lembah dan sebagainya serta bentuk negara nya yang berpa negara kepulauan menyebabkan sulitnya akses komunikasi dan informasi ke beberapa daerah.

Belum adanya sarana prasarana

Belum adanya sarana prasarana yang memadai yang mencakup seluruh wilayah indonesia untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi

Belum banyak suber daya manusia

Belum banyak sumber daya manusia yang berpendidikan dan terampil untuk memecahkan masalah komunikasi dan informasi di indonesia. Walaupun beberapa penelitian telah menghasilakan terobosan baru di bidang komunikasi dan informasi akan tetapi dukungan pemerintah dan pihak swasta di indonesia masih cukup rendah.

  1. Kebijakan pemerintah

Dalam membuat kebijakan, pemerintah harus berpedoman kepada kepentingan nasional. Kebiakan pemerintah sangat berpegnaruh terhadap penegakan HAM. Beberapa hambatan dalam penegakan HAM oleh pemerintah ialah sebagai berikut ini.

Kebijakan pemerintah

Beberapa kebijakan pemerintah menimbulkan pro dan kontra di dalam masyarakat karena dianggap tidak dapat melindungi hak seluruh warga negara nya.

Menjaga Stabilias nasional

Untuk menjaga stabilitas nasional terkadang pemerintah sendiri yang justru mengabaikan HAM warga negaranya

Belum adanya kesamaan prinsip

Belum adanya kesamaan prinsip atau pandangan tentang penttingnya jaminan HAM oleh para penguasa.

  1. Perangkat perundangan

Perangkat perundangan juga menjadi salah satu penyebab dari terhambatnya penegakan HAM. Undang-undang yang dimaksud  disini ialah ketentuan tertulis yang dibuat oleh pemerintah pusat maupun juga daerah yang sah. Peraturan perundang-undangan dibuat dengan tujuan mengatur tingkah laku seluruh warga negara tanpa kecuali termasuk pemerintah. Selain itu juga melindungi hak –hak manusia agar tidak berselisih dan bersinggungan. Hambatan-hambaan penegakan HAM oleh praturan perundangan ialah sebagai berikut:

Pengesahan dari ketentuan yang disahkan

Beberapa perundang-undangan adalah pengesahan dari keentuan yang ditetapkan dalam konvensi internasional. Tidak semua isi ketentuan dalam konvensi tersebut sesuai untuk diterapkan di indonesia karena berbedaya situasi dan kondisi negara tersebut.

Belum memiliki aturan pelaksana

Terdapat peraturan perundangan-undangan yang belum mempunyai pelaksanaannya sehingga menyulitkan aprata kepolisian untuk menegakkannya

  1. Aparat dan penindakannya

Aparat yang dimaksud disini ialah aparat kepolisian. Polri mempunyai tanggung jawab dalam penegakan HAM di indonesia. Hal ini karenakan polri mempunyai tugas dalam menjaga supremasi HAM sesuai ketentuan yang tertuang dalam UUD no. 2 tahun 2002

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Hambatan Dalam Penegakan Ham : Kondisi Geografis, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Hakikat PKN : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya
Read More  √ Pengertian Berdaulat : Sifat, Berdasarikan Keuar dan Dalam
Read More  √ Apa Yang Dimaksud Planning : Pengertian, Batasan, Unsur, Proses dan Bentuk Rencananya
Read More  √ Fungsi Dan Tujuan Negara : Pengertian, Sifat, Unsur, Bentuknya