Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

Diposting pada

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan Sosial adalah sebuah keadaan/ kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial masyarakat baik individu ataupun kelompok. Dimana terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap penting dalam sebuah masyarakat.

Kesenjangan Sosial

Ciri-ciri Kesenjangan Sosial

  • Kondisi dirasakan oleh banyak orang dalam suatunmasyarakat, tak hanya dirasakan oleh orang tertentu ataupun kelompok masyarakat tertentu saja.
  • Sebuah kondisi yang dirasakan oleh banyak orang dalam masyarakat tak menyenangkan dan menganggu norma di masyarakat.
  • Masyarakat menganggap kondisi atau masalah tertentu harus diperbaiki atau dipecahkan permasalahannya.
  • Masyarakat menganggap perlunya pemecahan masalah secara menyeluruh mulai dari pengendalian, pencegahan, dan penyelesaian serta dilakukan secara bersama oleh banyaknya kelompok masyarakat.

Faktor-faktor Kesenjangan Sosial


  1. Faktor Perbedaan Sumber Daya Alam

Tingkat perekonomian sebuah daerah dipengaruhi oleh sumber daya alam yang ada di daerah tersebut. Laju ekonomi bisa berjalan meningkat bila ada sumber daya alam yang dikelola dengan baik. Jika sebuah daerah kekurangan sumber daya alam, maka hal tersebut akan berpengaruh besar bagi perekonomian daerah tersebut.


  1. Faktor Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah bisa juga menjadi faktor timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat. Misalnya kebijakan program transmigrasi. Masyarakat pendatang umumnya lebih cepat maju daripada dengan warga asli. Kesempatan lebih besar yang diberikan pada warga pendatang membuat mereka berkembang lebih cepat. Hal tersebut kemudian menimbulkan kesenjangan sosial antara 2 kelompok masyarakat tersebut.


  1. Faktor Pengaruh Globalisasi

Globalisasi bisa dimanfaatkan untuk mencapai kemajuan. Tetapi di sisi lain, globalisasi juga menimbulkan adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat. Kesenjangan sosial ini terjadi ketika sebagian masyarakat tidak dapat beradaptasi serta tidak memanfaatkan globalisasi dengan baik.

Baca Juga :  Harga

  1. Faktor Demografis

Tingkat pertumbuhan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, serta struktur kependudukan menunjukkan kondisi demografis sebuah daerah. Kondisi demografis sebuah daerah dengan daerah lainnya yang berbeda bisa menyebangkan kesenjangan sosial. Hal tersebut dikarenakan produktivitas kerja masyarakat satu daerah dengan daerah lainnya tak sama.


  1. Faktor Letak dan Kondisi Geografis

Pada umumnya tingkat pembangunan sebuah daerah dipengaruhi oleh letak dan kondisi geografisnya. Masyarakat yang terletak di dataran tinggi cenderung lebih sulit butuh waktu untuk membangun infrastruktur dibanding masyarakat yang berada di dataran rendah. Hal tersebut menyebabkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah cenderung lebih cepat berkembang. Dan kemudian menimbulkan kesenjangan sosial diantara kedua masyarakat tersebut.


Penyebab Kesenjangan Sosial


  1. Kemiskinan dan Pengangguran

Kesenjangan sosial biasanya ditandai dengan angka kemiskinan dan pengangguran yang semakin naik dari tahun ke tahun. Bila masyarakat miskin dan menganggur mendominasi di sebuah negara, maka pendapatan mereka pun sangat rendah. Dengan pendapatan yang tidak pasti dan cenderung sangat rendah membuat daya beli masyarakat pada kebutuhan sekunder akan menurun. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan keuntungan perusahaan tidak optimal.


  1. Target Pasar yang Tidak Tepat

Sesuai dari pengertian kesenjangan sosial dimana terjadi ketimpangan yang signifikan di antara masyarakat maka akan membuat target pasar perusahaan tidak tepat arahnya. Jika perusahaan mempunyai target pasar untuk kalangan menengah kebawah, maka akan cenderung  merugikan perusahaan karena daya beli mereka cenderung tak stabil.

Akan tetapi meskipun perusahaan mempunyai target pasar untuk kalangan menegah keatas, tidak menjamin perusahaan akan mengalami keuntungan. Mengingat kalangan elit di negara Indonesia lebih menyukai belanja produk luar negeri daripada industri dalam negeri.


  1. Sulit Mencari Tenaga Kerja yang Kompeten

Kenyataannya meskipun banyak pengangguran di Indonesia, tetapi banyak perusahaan yang mengatakan kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten. Kesenjangan sosial menyebabkan tingkat dan kualitas pendidikan masyarakat banyak yang di bawah rata-rata.

Walaupun banyak yang bergelar sarjana, tetapi nyatanya keahlian mereka banyak yang belum dibutuhkan di negara ini apalagi yang masih fresh graduate.

Baca Juga :  Deret Aritmatika

  1. Maraknya Tindak Kejahatan

Kasus kejahatan di Indonesia dapat dibilang sangat tinggi. Bahkan baru-baru ini banyak kasus kejahatan dari hacker yang merugikan perusahaan besar karena meretas data-data penting di perusahaan.

Tingginya tidak kriminal di masyarakat bisa terjadi karena  permasalahan finansial akibat kesenjangan sosial. Sampai saat ini ekonomi  menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang berbuat Tindak kejahatan.


Dampak / Pengaruh Kesenjangan Sosial


  • Positif

Menyebabkan pembagian kerja lebih merata. Ada bidang – bidang pekerjaan yang hanya mau dilakukan oleh orang yang berpendapatan rendah, seperti pembantu rumah tangga, supir, pekerja konstruksi, tukang sampah. Di negara – negara kaya, sangat jarang orang yang mau mengerjakan hal – hal begini, maka mereka akan mengimpor tenaga kerja dari negara lain, seperti Indonesia.


  • Negatif

Saat orang yang berpendapatan rendah semakin banyak dan jaraknya dengan orang berpendapatan tinggi semakin jauh, maka akan terjadi kecemburuan sosial, yang kemudian dapat berdampak pada masalah keamanan, ekonomi dan politik.


Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial


  1. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah adalah upaya yang pertama untuk mencegah dan mengendalikan kesenjangan sosial.  Di antara kebijakan pemerintah yang diharapkan bisa mencegah kesenjangan sosial antara lain kebijakan tentang pemerataan pembangunan, kebijakan mengenai sistem pendidikan, penyedeiaan lapangan pekerjaan, perbaikan sistem perasilan,  upaya tindakan pada korban bencana alam, serta pemeliharaan lingkungan.


  1. Sosialisasi

Sosialisasi umumnya berhubungan dengan peran lembaga pengendalian sosial. Dengan sosialisai, diharapkan anggota masyarakat memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan untuk manusia. Hal ini selanjutnya secara tidak langsung akan mengendalikan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan kejahatan atau kriminal.


  1. Perbaikan Sistem Peradilan

Sistem peradilan yang diperbaiki meliputi mekanisme pelaksanaan sistem peradilan. Dengan sistem peradilan yang baik, akan menjamin persamaan hukum untuk seluruh anggota masyarakat. Hasilnya tidak ada lagi perbedaan hukum karena perbedaan status sosial dan ekonomi terhadap seseorang. Sistem peradilan yang baik pun meniadakan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang berujung kepada kesenjangan sosial.


  1. Optimalisasi Sumber Daya

Kesenjangan sosial bisa dicegah dengan mengoptimalisasi sumber daya manusia dan sumber daya alam dari sebuah daerah. Meskipun terjadi bencana alam atau daerah yang dikatakan miskin sumber daya, dengan optimasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu bentuk optimasi sumber daya manusia ialah meningkatkan kreativitas masyarakatnya serta meningkatkan kepercayaan diri.

Baca Juga :  Pengertian Pencemaran Air

  1. Pemerataan Fasilitas Publik

Fasilitas publik atau fasilitas umum,  contohnya sarana kesehatan dan sarana transportasi diperlukan untuk mencegah kesenjangan sosial, terutama kesenjangan dipemukiman daerah dan kota. Dengan fasilitas umum yang baik, daerah juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonominya, memperkecil perbedaan dengan kota.


Upaya Mengurangi Kesenjangan Sosial dan Ekonomi

  • Mengajarkan nilai-nilai pancasila
  • Menomorsatukan pendidikan
  • Menciptakan lapangan kerja dan meminimalis kemiskinan
  • Meminimalis KKN dan memberantas korupsi
  • Meningkatkan system keadilan di Indonesia serta melakukan pengawasan yang ketat terhadap mafia hukum
  • Membuat pertumbuhan ekonomi bermanfaat bagi rakyat miskin

Pemecahan Dan Solusi Kesenjangan Sosial Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang besar dan salah satu negara yang memiliki kepulauan yang banyak serta letaknya berjauhan. Kesenjangan sosial sangatlah mungkin terjadi di Indonesia karena banyak daerah-daerah terpencil yang terisolir dari keramaian. Dan Indonesia adalah suatu negara yang tingkat korupsinya sangat tinggi, di dunia Indonesia masuk dalam 5 besar negara terkorup.Sebenarnya Indonesia mampu menjadi negara yang maju dan menjadi negara yang mampu menyejahterakan masyarakatnya.

Kerana Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya dan melimpah tetapi kenapa masih terjadi kesenjangan sosial yang sangat mencolok. Ini menjadi pertanyakan besar yang perlu adanya jawaban dan titik terang. Dalam hal ini merupakan tugas bagi pemerintah sekarang,bagaimana lebih menyejahterakan masyarakat serta meminimalis kesenjangan sosisal. Banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemecahan kesenjangan sosial yang terjadidi masyarakat.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial : Pengertian, Ciri, Faktor, Penyebab, Dampak, Pengaruh, Upaya Mengurangi, Pemecahan dan Solusinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.