√ Geostrategi Indonesia : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Faktor, Perkembangan

Diposting pada
  1. Pengertian

Geostrategi adalah strategi bisnis dengan memakai semua keterampilan atau sumber daya sumber daya manusia dan alam untuk melakukan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan.

√ Geostrategi Indonesia : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Faktor, Perkembangan

Sehubungan dengan kehidupan sebuah negara, geostrategis didefinisikan sebagai metode atau aturan yang bertujuan dan sasaran mewujdkan lewat proses pembangunan yang memberikan arahan mengenai bagaimana membuat strategi dan keputusan yang terukur dan terimajinasi untuk masa depan yang lebih baik, lebih aman serta bermartabat pembangunan .

Untuk Indonesia geostrategi diartikan sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, lewat proses pembangunan nasional.

  • Sejarah Geostrategi Di Indonesia

Konsep geo-strategis Indonesia pertama kali dipakai oleh presiden soekarno pada tanggal 10 Juni 1948 di Kotaraja. Tetapi, ide ini kurang dikembangkan oleh pejabat bawahan, karena seperti yang kita tahu Indonesia kembali diduduki oleh Belanda pada akhir Desember 1948, sehingga kurang berpengaruh. Dan akhirnya, setelah pengakuan kemerdekaan dari 1950 ,baris perkembangan politik dalam bentuk “Bangsa dan karakter dan bangunan” yang merupakan bentuk tak langsung dari geostrategis Indonesia mirip seperti pengembangan jiwa nasional.

Tujuan

  1. Menyusun serta mengembangkan potensi kekuatan nasional berdasarkan aspek aspek ideologi, politik, sosial, budaya, dan juga alam.

Hal tersebut untuk keberadaan kehidupan dan upaya pelestarian Negara dan Bangsa dalam mewujudkan cita-cita proklamasi serta tujuan nasional.

  1. Menunjang tugas utama pemerintah Indonesia :

– Hukum dan juga Ketertiban (law and order).

– Peningkatan kesejahteraan dan juga kemakmuran (welfare and prosperity).

– Pelaksanaan pertahanan dan juga keamanan (defense and prosperity).

– Realisasi keadilan hukum dan juga keadilan sosial (yuridical justice & social justice).

– Ketersediaan dari masyarakat kesempatan untuk mengekspresikan diri (freedom of the people).

Faktor-faktor

  1. Pengalaman sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Pengalaman Negara Sedang Berkembang (NSB) dalam rangka pembangunan nasional, dengan hasil ketidak seimbangan pembangunan fisik serta nonfisik.
  3. Perang dingin (pasca PD II) antara Blok Timur (negara sosialis) melawan Blok Barat (negara liberal) dan berkembang Teori Domino yang menyatakan jika salah satu negara masuk atau dikuasai oleh blok Timur, maka tetangganya akan bergabung (cepat ataupun lambat).
  4. Tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan pada periode pembangunan lebih kompleks, penuh ketidak pastian daripada pada masa Perang Kemerdekaan.

 

Perkembangan Geostrategi Di Indonesia

  1. Pada awalnya, geostrategis Indonesia yang diprakarsai oleh Perguruan Tinggi Angkatan Darat Staf serta Komando (SESKOAD) Bandung, Indonesia pada tahun 1962.

Konsep geo-strategis pentingnya terumus adalah penilaian pada strategi pembangunan lingkungan di wilayah Indonesia ditandai dengan paham komunis berpengaruh luas di indonesia.

Geostrategi Indonesia pada saat ditafsirkan sebagai strategi untuk mengembangkan dan membangun kapasitas kemampuan teritorial serta untuk menghadapi ancaman paham komunis di Indonesia.

  1. Pada Tahum 1965 Badan Keamanan Nasional mengembangkan konsep geostrategis Indonesia maju ke rumus berikut :

Bahwa geostrategis Indonesia mesti menjadi strategi rancangan untuk mengembangkan stamina dan daya tahan tubuh, serta pengembangan kekuatan nasional untuk menghadapi dan menangkal ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik internal ataupun eksternal.

Gagasan ini lebih progresif tetapi masih terlihat sebagai konsep geo-strategis Indonesia di awal membangun kemampuan nasional sebagai faktor kekuatan pengangguh bahaya.

  1. Sejak tahun 1972, Badan Keamanan Nasional terus melakukan studi mengenai geostrategi Indonesia lebih sesuai dengan konstitusi Indonesia.

Dalam era konsepsi geo-strategis Indonesia dibatasi sebagai metode untuk mengembangkan potensi pertahanan nasional dalam menciptakan kesejahteraan menjaga Keutuhan dan integritas identitas nasional.

  1. Mulai dari tahun 1974 geostrategi Indonesia ditulis dalam formulasi bentuk pertahanan nasional sebagai kondisi metode serta doktrin dalam pembangunan nasional.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Geostrategi Indonesia : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Faktor, Perkembangan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √ Fungsi Mahasiswa Beserta Penjelasannya
Baca Juga :  √ Pengertian Prestasi Diri Bagi Keunggulan Bangsa : Upaya Dan Sifatnya
Baca Juga :  √ Pengertian Pancasila Sebagai Etika : Makna, Aktualisasi Dan Pengamalannya
Baca Juga :  √ Pengertian Nilai Karakter Beserta Tujuan