Fungsi Xilem

Diposting pada

Pengertian Xylem

Ditinjau dari fungsinya, xylem merupakan pengangkut air dan garam-garam mineral yang terlarut di dalamnya pada tumbuhan berpembuluh. Biasanya xylem berasosiasi dengan floem, yaitu jaringan pengangkut makanan. Kedua jaringan tersebut bersama-sama membentuk sistem jaringan pembuluh yang berkesinambungan ke semua bagian tumbuhan, termasuk ke semua cabang-cabang batang ke akar.

Dalam perkembangannya biasanya dibedakan antara jaringan pembuluh primer dan jaringan pembuluh sekunder. Jaringan pembuluh primer berdiferensiasi selama pembentukan tubuh tumbuhan primer, dan meristem yang langsung berhubungan dengan pembentukan jaringan pembuluh primer. Unsur-unsur pada xylem primer yang telah selesai dibentuk terlebih dahulu disebut protoxylem, sedangkan unsur xylem primer yang terbentuk kemudian disebut dengan metaxilem.

Pada banyak tumbuhan, setelah selesai pembentukan tubuh primer, jaringan sekunder mulai berkembang. Jaringan pembuluh sekunder dihasilkan selama stadium kedua dari perkembangan tumbuhan, dimana pertumbuhan lateral dari jaringan-jaringan baru terhadap bagian-bagian aksial dari tumbuhan (yaitu batang dan akar) dan cabang-cabangnya yang lebih besar. Xylem dihasilkan oleh aktivitas kambium pembuluh disebut sebagai xylem sekunder. Pada tumbuhan dikotil kecil tahunan dan pada kebanyakan monokotil tidak terdapat pertumbuhan sekunder.


Ciri-ciri Jaringan Xilem

  • Ciri-ciri xilem adalah : tipe selnya trakeid, tersusun atas berbagai macam sel, sel-sel penyusun telah mati, dinding sel tebal, mengandung lignin, terdiri atas trakea, trakeid serabut xilem, parenkim kayu
  • Ciri – ciri floem adalah : terdiri dari sel-sel hidup, berdinding selulosa, berdinding melintang dan berpori, terdiri dari pembuluh tapis sel pengantar, sel albumen, parenkim floem dan serat floem
Baca Juga :  Fungsi Jaringan Gabus

Contoh dan Gambar Jaringan Xilem

gambar jaringan xilem gambar jaringan xilem

Perbedaan Jaringan Xilem dan Floem


  • Xilem

Umumnya sel-sel penyusun xylem telah mati, dinding sangat tebal tersusun dari zat lignin sehingga xylem berfungsi juga sebagai jaringan penguat. Xilem terdiri dari trakeid, yakni sekat-sekat antarselnya berpori, trakea, yakni sekat-sekat antarselnya berliang. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar menuju daun maka xilem terdapat pada akar, batang dan daun, baik pada tumbuhan dikotil maupun monokotil dan tumbuhan berpembuluh lainnya.


  • Floem

Jaringan floem terletak pada bagian kulit batang. Jaringan ini juga berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh jaringan ini tersusun dari sel-sel panjang yang ujung-ujungnya bergandengan membentuk suatu pembuluh. Jaringan floem diiringi oleh sel-sel pengiring. Jaringan tersebut di atas akan menyusun organ pada tumbuhan, baik pada akar, batang, daun bunga, buah dan biji.


Manfaat Jaringan Xilem

xilem berfungsi  meyalurkan air dan mineral dari akar ke daun. Jaringan utama penyusun xilem adalah trakea ( unsur pembuluh) dan trakeid. Kedua macam sel tersebut merupakan sel mati, tidak mengandung sitoplasma dan inti hanya tinggal dinding selnya. Ujung dinding sel antara sel-sel yang berdekatan menghilang sehingga membentuk tabung-tabung berlubang dari akar-batang-daun.

Trakea terdiri dari tabung-tabung berdinding tebal karena adanya lapisan selulosa dan lignin. trakea hanya terdapat pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) dan tidak terdapat pada tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae), kecuali pada anggota golongan melinjo. trakeid berupa sel runcing panjang dan ujung selnya berlubang seperti saringan.


Letak Jaringan Xilem

  1. Pada akar dikotil xilem terletak di bagian tengah akar dan floem terletak di antara jari-jari yang terbentuk oleh xilem
  2. Pada batang monokotil, xylem dan floem terletak pada meristem dasar dan tersebar tetapi berdekatan dalam suatu tempat, dengan perbandingan lebih besar ukuran xylem dan floem
  3. Pada batang dikotil letak xylem berada di bagian dalam kambium sedangkan floem terletak di bagian luar kambium
Baca Juga :  Jaringan Tumbuhan

Sifat Jaringan Xilem Pada Tumbuhan

  1. Tersusun atas jaringan mati dan hidup
  2. Memiliki unsur trakeid
  3. Vakuolanya besar
  4. Berfungsi mengangkut air dan unsur hara ke daun

Asal Usul Xylem

Sel-sel pertama yang menjadi dewasa, baik pada daun maupun sumbu, adalah sel-sel jaringan vaskular. Dalam promeristem pembelahan-pembelahan longitudional terus berlanjut merakit untaian (benang-benang) yang tersusun dari sel-sel ramping memanjang sitoplasma yang kental, di beberapa daerah. Jaringan meristematik ini membentuk xylem dan floem primer dan disebut prokambium. Prokambium adalah jaringan meristematik yang menghasilkan unit-unit vaskular.

Bentuk dan aturan untaian prokambium menggambarkan struktur rangka vaskular dan primer. Prokambium pertama muncul sebagai benang-benang terpisah sangat lekat dengan apeks di batang dan akar yang umumnya berjarak hanya beberapa mikron. Di tempat makin jauh dari apeks ditemukan untaian promeristem yang lebih tua dan jaringan vaskular yang dewasa, karena itu perkembangannya ialah akropetal.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai fungsi xilem : Pengertian, Ciri, Contoh, Gambar Jaringan, Perbedaan, Manfaat, Letak, Sifat, Asal Usul, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.