√ Fungsi Pers: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Jenis

Diposting pada

Pengertian

Pers adalah lembaga sosial atau media massa yang melaksanakan aktivitas jurnalistik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, grafik dengan memanfaatkan media cetak maupun media elektronik dalam penyebarannya.

√ Fungsi Pers: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Jenis

Pers ada di semua media dalam bentuk media cetak contohnya koran, majalah, tabloid, dan berbagai buletin kantor berita. Pers meliputi semua media massa yang ada contohnya, media online, radio, televisi, media cetak, dan radio.

Tujuan

  1. Sebagai Alat Pengamat Sosial (Social Surveillance)

Pers atau media massa adalah lembaga yang mengumpulkan dan menyebarkan berbagai informasi dan pemahaman yang objektif pada setiap peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

  1. Sebagai Alat Sosialisasi (Sosialization)

Pers atau media massa bisa berfungsi sebagai alat sosialisasi tentang nilai-nilai sosial dan mewariskannya dari satu generasi ke genarasi berikutnya.

  1. Sebagai Alat Korelasi Sosial (Social Correlation)

Pers juga bisa berfungsi sebagai alat pemersatu berbagai kelompok sosial yang ada di masyarakat. Hal tersebut dapat tercapai dengan cara menyebarkan berbagai pandangan yang ada sehingga tercapai sebuah konsensus.

Fungsi Persiiiio

  1. Sebagai Media informasi

Untuk memberikan dan menyebarluaskan hal-hal yang mesti kita ketahui yakni suatu informasi.

  1. Sebagai Media Pendidikan

Melakukan menyebarluaskan suatu informasi yang mendidik dengan sebuah tulisan-tulisan atau pemberitaan yang terkandung sebuah pengetahuan.

  1. Sebagai Media Intertaiment

Sebagai wahana hiburan dengan menampilkan berbagai macam seputar aktivitas dari artis, selebritis, dan dalam suatu tampilan-tampilan yang menarik.

  1. Sebagai Media kontrol sosial

Untuk memaparkan sebuah peristiwa yang buruk, keadaan-keadaan yang melanggar hukum, agar dalam peristiwa ini tidak terulang lagi dan membuat suatu kesadaran masyarakat.

  1. Sebagai Lembaga Ekonomi

Pers Sebagai suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan yang menyajikan suatu berita dengan bernilai jual tinggi serta melakukan sebuah periklanan yang menambah dalam keuntungan pers.

Ciri-ciri

  1. Periodisitas

Sebuah lembaga bisa disebut pers jika bisa menerbitkan informasi dan berita secara teratur dan periodik. Periodisitas mengedepankan jadwal terbit, irama terbit, serta konsistensi.

  1. Publisitas

Pers harus dapat menyebarkan berita atau informasi kepada khalayak dengan sasaran yang heterogen, baik dari sisi psikografis ataupun geografis.

  1. Aktualitas

Semua berita dan informasi yang dipublikasi oleh pers harus terkandung unsur kebaruan, menunjukkan peristiwa yang baru dan sedang hangat terjadi.

  1. Universalitas

Melihat pers dari sumber dan keanekaragaman materi yang terdaoat di dalamnyaBiasanya pers menyuguhkan banyak informasi, tetapi selalu ada topik yang menjadi tajuk utama.

  1. Objektivitas

Nilai moral dan etikan yang harus dijunjung tinggi oleh semua media massa dalam menjalankan profesinya, baik itu media cetak ataupun media online.

Jenis-jenis

  1. Media Massa Tradisional

Pers atau media massa tradisional adalah semua media massa dengan otoritas dan memiliki organisasi yang jelas sebagai media. Contoh media massa tradisional adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, film, atau layar lebar.

Berikut ciri media massa tradisional:

– Adanya proses seleksi informasi, diterjemahkan serta didistribusikan.

– Pers atau media massa hanya sebagai perantara dan mengirim informasi lewat saluran khusus.

– Penerima informasi adalah bagian dari masyarakat dan bisa menyeleksi informasi yang diterima.

– Interaksi antara sumber berita dan penerima dibilang cukup sedikit.

  1. Media Massa Modern

Media massa modern adalah semua media yang mempunyai otoritas dan merupakan organisasi media, dan juga media yang tidak punya otoritas. Sekarang ini ada banyak media massa modern, contohnya situs berita online, blog, media sosial, aplikasi chat, dan lain-lain.

Berikut ciri media massa modern:

– Sumber informasi bisa mentransmisikan pesannya kepada penerima, baik lewat internet ataupun pesan SMS.

– Isi informasi atau pesan disediakan oleh banyak pihak, baik individu atauppun organisasi.

– Penyebaran informasi tidak lewat perantara dan interaksi individu yang sering terjadi.

– Penerima informasi busa menentukan waktu interaksi.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Fungsi Pers: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Jenis, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √ Fungsi Mahkamah Agung: Pengertian, Fungsi, Wewenang, Struktur

Read More  √ Fungsi Komnas Ham: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tugas Utamanya
Read More  Fungsi Infrastruktur Politik: Pengertian, Fungsi, Peranannya
Read More  √ Akibat Bullying : Bagi Pelaku dan Korban