√ Fungsi LSM: Pengertian, Ciri, Macam, Fungsinya

Diposting pada

Pengertian LSM

LSM(Lembaga Swadaya Masyarakat) merupakan organisasi/lembaga /instansi yang beranggotakan warga masyarakat penduduk negara Republik Indonesia yang harus secara sukarela (atas kemauan sendiri) berniat dan bergerak di bidang kegiatan tertentu yang diatur oleh organisasi atau lembaga sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam rangkka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, yang berfokus terhadap pengabdian secara swadaya.

√ Fungsi LSM: Pengertian, Ciri, Macam, Fungsinya

Ciri-ciri LSM

– Organisasi Lsm bukan bagian dari pemerintah, birokrasi ataupun negara.

– Dalam melakukan kegiatan atau aktivitas tidak bertujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan.

– Kegiatan atau Pekerjaan yang ijalankan semata-mata untuk kepentingan masyarakat umum, atau tidak untuk kepentingan para anggota seperti yang dijalankan oleh  koperasi ataupun organisasi profesi.

– Berlandaskan kepada Undang-undang No.16 tahun 2001 mengenai Yayasan, Oleh karenanya secara umum organisasi non pemerintah di Indonesia yang berbentuk oleh suatu yayasan.

Macam-macam LSM

  1. Organisasi donor

Adalah organisasi non pemerintah yang memberikan dukungan biaya atau tarif untuk kegiatan donor pada orang lain.

  1. Organisasi mitra pemerintah

Adalah organisasi non pemerintah yang menjalankan kegiatan bekerja sama dengan pemerintah untuk melaksanakan kegiatan.

  1. Organisasi professional

Adalah organisasi non pemerintah yang menjalankan kegiatan atau aktivasnya menurut kemampuan atau kecakapan profesional tertentu contohnya ornop pendidikan, ornop bantuan hukum, ornop jurnalisme, ornop kesehatan, ornop pengembangan ekonomi, dan lain lain.

  1. Organisasi oposisi

Adalah organisasi non pemerintah yang menjalankan kegiatan atau aktivitasnya dengan memilih untuk menjadi penyeimbang dari kebijakan pemerintah. Ornop ini bertindak memberikan kritik, saran dan pengawasan untuk keberlangsungan kegiatan pemerintah dengan baik.

Fungsi LSM

– Sebagai wadah organisasi yang menampung, memproses, mengelola dan melakukan semua aspirasi masyarakat dalam bidang pembangunan terutama pada bagian yang kerap kali tak diperhatikan oleh pemerintah.

– Senantiasa ikut serta menumbuhkembangkan jiwa dan semangat dan memberdayakan masyarakat dalam bidang pembangunan, hal ini merupakan salah satu fungsi utama dari pembentukan lembaga swadaya masyarakat itu sendiri.

-Ikut serta melaksanakan, mengawasi, memotivasi dan merancang proses dan hasil pembangunan secara berkesinambungan tak hanya pada saat itu juga. Dalam hal ini LSM harus memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam pembangunan.

-LSM juga harus ikut serta dalam memelihara dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kehidupan masyarakat bukan sebaliknya justru membuat keadaan menjadi semakin kacau dengan adanya isu-isu palsu yang meresahkan di kalangan masyarakat.

-Lembaga swadaya masyarakat sebagai wadah penyalur aspirasi atas hak dan kewajiban warga negara dan kegiatan dari masyarakat sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan oleh masing-masing Lembaga swadaya masyarakat.

– Lembaga swadaya masyarakat juga harus ikut menggali dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh anggotanya sehingga busa mewujudkan tujuan yang sydag ditetapkan bersama. Dalam hal ini sangatlah penting karena bula anggota dalam lembaga swadaya masyarakat tidak mempunyai potensi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan akan menjadikan LSM seperti halnya mayat hidup, yang ada keberadaannya tetapi tidak memiliki nyawa di dalamnya.

– Lembaga swadaya masyarakat sebagai wadah yang ikut serta dalam perannya mensukseskan pembangunan bangsa dan negara. Serta dalam hal ini ikut menjaga kedaulatan negara dan menjaga ketertiban sosial.

– Sebagai salah satu cara bagi masyarakat untuk memberikan asiprasinya, kemudian aspirasi tersebut ditampung oleh lembaga swadaya masyarakat sesuai dengan tujuan LSM itu sendiri dan kemudian akan disalurkan kepada lembaga politik yang berkaitan guna mencapai keseimbangan komunikasi yang baik antara masyarakat serta pemerintahan seperti politik luar negeri Indonesia.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Fungsi LSM: Pengertian, Ciri, Macam, Fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Fungsi Dan Tujuan Negara : Pengertian, Sifat, Unsur, Bentuknya
Baca Juga :  √ Arti Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh dan Penjelasannya
Baca Juga :  √ Arti Kata Budidaya : Pengertian, Manfaat, Contoh Beserta Kesimpulanny
Baca Juga :  √ Fungsi Partai Politik: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Hak dan Kewajibannya